Cara Pasang Bathtub untuk Kamar Mandi Minimalis

Bathtub umumnya digunakan pada kamar mandi luas. Akan tetapi, banyak pula bathtub yang dapat dipasang pada kamar mandi minimalis. Mandi dengan bathtub dapat meningkatkan kenyamanan dan dapat menjadi salah satu sarana relaksasi. Banyak sekali inspirasi bathtub minimalis untuk kamar mandi sempit yang dapat Anda tiru di rumah. Sebelum memasang bathtub, Anda perlu tau cara pasang bathtub agar dapat terpasang dengan baik dan benar. Yuk lihat caranya di bawah ini!

cara pasang bathtub

Sebelum memasang bathtub di rumah Anda, perhatikan tips-tips berikut ini

– Sebaiknya shower dan bathtub tidak disatukan untuk menghindari risiko terpeleset dan jatuh pada saat bathtub karena pijakannya yang licin.

– Kenali warna bathtub dan pengaruhnya terhadap kamar mandi Anda. Warna bathtub yang lebih cerah dapat mengekspos kotoran dan noda sehingga menjadi lebih terlihat. Untuk warna bathtub yang lebih gelap dapat menyamarkan warna kotoran dan noda dari sisa sabun.

– Untuk memberikan suasana yang lebih rileks dan hangat, Anda dapat memasang lampu tambahan yang lembut pada area bathtub

– Perhatikan pula sambungan pinggir bathtub dengan alas dudukannya. Bagian pinggir bathtub harus lebih tinggi dan alas dudukannya juga harus memiliki kemiringan yang cukup agar air tak menggenangi sela bathtub.

cara pasang bathtub
whirlpool bathtub
source: dokumentasi Qhome Service Center

Table of Contents

Cara pasang bathtub pada kamar mandi Anda

cara pasang bathtub

Memilih bathtub dengan ukuran yang tepat

Sebelum memasangnya, pastikan Anda telah mengukur area kamar mandi yang akan dipasang bathtub. Pastikan bathtub yang Anda beli sesuai dengan ukuran kamar mandi Anda. Jika Anda ingin mengganti bathtub lama Anda, Anda dapat memilih bathtub baru yang mirip dengan bathtub lama Anda agar instalasi bathtub lebih mudah.

Buatlah saluran pembuangan air bathtub

Sebelum memasang bathtub Anda, siapkan lubang pembuangan bathtub yang mengarah ke saluran pembuangan air pada kamar mandi Anda. Perhatikan ukuran bathtub dan posisi lubang avur pada bathtub Anda. Penggunaan pipa untuk saluran pembuangan air dapat menggunakan pipa berukuran 2-4 inch.

Pasang landasan bathtub

Buat sisi dan landasan bathtub untuk menaruh bathtub Anda pada kamar mandi. Landasan bathtub dapat dibuat dengan menggunakan semen, pasir, batu bata, maupun bata hebel. Tinggi landasan pada bathtub umumnya minimal 15 cm.

Pasang instalasi kran air pada bathtub Anda

source: dokumentasi Qhome Service Center

Buat saluran untuk kran air pada dinding kamar mandi Anda. Buatlah posisi saluran dan kran air dengan jarak yang ideal untuk bathtub Anda. Tinggi kran yang ideal untuk bathtub mengikuti model bathtub seperti apa. Umumnya tinggi kran air pada bathtub sekitar 10-20 cm.

Buat pintu instalasi untuk bathtub Anda

Pintu instalasi di sini berfungsi sebagai pintu untuk perbaikan dan pemeliharaan. Melalui pintu instalasi ini, Anda dapat memperbaiki saluran avur bathtub bila terjadi kerusakan atau ingin menggantinya tanpa perlu repot-repot mengangkat bathtub. Pintu instalasi ini sebaiknya dibuat di tempat avur berada. Pintu instalasi ini umumnya dibuat dengan menggunakan ukuran standar yaitu 40 x 40 cm.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat untuk Atap Rumah

Cara Pasang Bathtub Whirlpool

Cara pasang bathtub whirlpool memiliki perbedaan dengan bathtub biasa karena bathtub whirlpool menggunakan listrik untuk menyalakan alat whirpoolnya.

Instalasi listrik untuk bathtub whirlpool

source: dokumentasi Qhome Service Center

Sebelum keramik terpasang, siapkan stop kontak listrik untuk sumber listrik mesin whirlpool. Taruh stop kontak minimal 15cm di atas lantai. Jangan terlalu rendah karena tentu saja kamar mandi adalah tempat yang basah sehingga dikhawatirkan akan terjadi korslet.

Pintu instalasi untuk whirlpool

Anda dapat membuat pintu instalasi pula untuk whirlpool yang berfungsi untuk mengeluarkan mesin whirlpool bila terjadi gangguan. Dengan pintu instalasi ini, Anda tidak perlu repot mengangkat bathtub saat ingin memperbaiki maupun mengganti alat whirlpool.

Cara memasang whirlpool pada bathtub

source: dokumentasi Qhome Service Center

Pemasangan whirlpool pada bathtub cukup mudah. Berikut langkah-langkah pemasangan whirlpool pada bathtub Anda;

  • Masukkan selang bening ke tombol ON/OFF dan ujung satunya masuk ke mesin bagian belakang. Putar bagian putih, lalu kencangkan kembali setelah selang bening masuk.
  • Connector A: Selang putih besar ukuran 3/4 inch dimasukkan ke mesin whirlpool bagian atas dan kencangkan.
  • Connector B: selang putih besar (1,5 inch) dimasukkan ke mesin whirlpool bagian bawah (suction) dan kencangkan
  • Hubungkan sambungan listrik dari mesin ke stop kontak listrik. Untuk menyalakan dan mematikan mesin whirlpool cukup menekan tombol on/off pada bagian atas bathtub.

Sebelum membeli bathtub yang dilengkapi dengan mesin whirlpool, pastikan Anda telah menguji coba mesin tersebut di tempat Anda beli. Hal ini untuk memastikan mesin dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga  Inspirasi Interior Dapur dengan Berbagai Tema

Jika Anda kurang yakin untuk memasang bathtub sendiri setelah membaca cara pasang bathtub di atas, Anda dapat menggunakan jasa pasang bathtub Jogja yang disediakan oleh Qhome Service Center. Qhome Service Center dapat membantu Anda memasang bathtub dengan baik dan mempermudah impian Anda untuk memiliki bathtub di kamar mandi rumah Anda.

Harga jasa pasang bathtub Jogja

Untuk harga jasa pasang bathtub jogja sangat beragam. Namun harga jasa pasang bathtub Jogja sangat wajar dengan kemudahan yang ditawarkan untuk memiliki bathtub di rumah. Qhome Service Center memiliki pelayanan terbaik dalam jasa service maupun jasa pasang bathtub di rumah Anda.

Dapatkan berbagai produk bathtub dan perlengkapan kamar mandi hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah Anda. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini