Tips & Trick

6 Langkah Mudah Cara Pasang Pintu Kamar Mandi

sedang memikirkan cara pasang pintu kamar mandi sendiri? anda perlu tahu langkah langkah yang benar supaya tidak kebingungan ditengah jalan. apakah anda bisa melakukan sendiri tanpa bantuan tukang? bisa banget! kami sudah rangkum langkah langkah paling mudah untuk anda, simak sampai habis ya!

Pasang kusen

harga kusen pintu upvc
via: pinterest

cara pasang pintu kamar mandi yang pertama, anda perlu menyiapkan kusen pintu terlebih dahulu. pastikan sebelum anda mulai proses pemasangan, ukuran kusen telah diukur dengan tepat.

buat lubang untuk baut kusen

lubang kusen nantinya dipasang dudukan baut. anda dapat membuat lubang menggunakan bor yang diarahkan ke permukaaan dinding pada kusen.

pasang dudukan baut

setelah lubang dibuat, pasang dudukan baut. nantinya, ini digunakan untuk pasangan dari baut pengencang. karena, jika menggunakan baut pengencang lansung ke tembok, itu mungkin saja beresiko tidak terlalu kencang ataupun mulai kendor ketika memasuki waktu tertentu.

ini juga membuat proses cara pasang pintu kamar mandi dengan baut jadi lebih mudah.

kencangkan dengan baut

pastikan itu kencang dan kuat terpasang dengan benar, hal ini untuk menghindari agar pintu tidak terlepas dari kusen. anda dapat menggunakan bantuan dari mesin pemasang baut otomatis.

Baca Juga  11 Macam Macam Obeng Beserta Gambar dan Fungsi

hal itu bukan hanya untuk baut dapat dipasang lebih erat, namun juga proses pengerjaan yang lebih cepat dan efektif. barang kali anda seorang pekerja dibidang ini, memiliki alat tersebut tentu mendongkrak performa lebih baik.

setelah terpasang, coba goyangkan kusen, apakah itu masih goyang atau tidak? jika tidak goyang , maka cara pasang pintu kamar mandi untuk bagian ini selesai, anda dapat beralih ke proses selanjutnya.

Siapkan pintu

cara pasang pintu kamar mandi
ilustrasi pasang pintu kamar mandi
via: unpslash / Chastity Cortijo

Pintu pada kamar mandi sedikit berbeda dengan area ruangan lain, area ini sangat perlu untuk anda perhatikan lagi ketika memilih pintu

pemilihan tidak bisa dilakukan secara asal, karena area ini lebih rentan.

area kamar mandi tentu beda dengan area lain, karena akan banyak air disini. maka dari itu, pemilihan bahan perlu dipertimbangkan. kami memiliki ulasan mendalam tentang bahan pintu paling bagus dalam artikel “Bahan Pintu Kamar Mandi Terbaik”.

Pasang engsel

cara memasang engsel pintu kamar mandi kami bagi dalam 2 langkah, yakni:

pilih engsel paling bagus

bukan tanpa sebab, salah satu masalah utama pintu rusak atau macem ialah dari engselnya. cara pasang pintu kamar mandi pada langkah ini sangat perlu anda perhatikan. karena berbagai faktor, engsel sering macet dan akhirnya yang paling parah tidak bisa dipakai.

pertimbangkan merk beberapa faktor seperti dari bahan, merk maupun jenis engsel itu sendiri. semua faktor ini tentu saja sangatlah berkaitan.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Dak Lantai 2 dari Kayu

pasang semua baut engsel

pastikan semua baut telah terpasang dengan benar dan lengkap. atur juga letak engsel pada pintu, engsel biasanya dipasang 2 keping, posisinya atas dan ke bawah dengan sedikit menengah,

Sambungkan engsel ke kusen

cara pasang pintu kamar mandi selanjutnya, anda perlu menyambungkan bagian engsel tadi ke kusen. pada langkah ini, pastikan semua baut telah terpasang dan tidak ada yang kosong di bagian penanda baut baik pada kusen maupun pintu kamar mandi itu sendiri

tempatkan sesuai dengan letak pintu kamar mandi anda.

Pasang handle pintu

handle pintu 3
via: pinterest

sebagai tuas pembuka, memilih handle pintu jangan sembarangan. jika macet, anda tentu akan kesusahan tersendiri, yang paling parah ialah terkunci di kamar mandi. tentu situasi yang tidak mau anda alami bukan?

pada kamar mandi, jangan sembarang memilih handle pintu. gunakan handle pintu sesuai dengan kebutuhan, pertimbangkan jenis jenisnya namun tetap sesuai kebutuhan.

untuk kamar mandi, gunakan handle standar dirasa sudah cukup. namun anda juga dapat berkreasi dengan memakai yang lain.

nah, kalau anda masih bingung pertimbangannya, simak perbedaan kelebihan dan kekurangan masing masing jenis handle dalam artikel “7 Jenis Handle Pintu Untuk Keamanan Rumah”.

Pasang pengunci pintu

yang terakhir, pasang pengancing atau pengunci pintu. sebenarnya, bagian ini bukan termasuk cara pasang pintu kamar mandi. namun, pengancing wajib anda aplikasikan untuk faktor keamanan.

Baca Juga  Harga 1 Set Shower Kamar Mandi - Update April 2024

ada berbagai jenis pengunci pintu yang dapat dipakai, itu juga bergantung pada jenis mekanisme pembuka pintu.

kalau untuk kamar mandi, anda dapat menggunakan tipe pengunci konvensional yang untuk kemudahan pemakaian.

itu tadi 6 langkah mudah cara pasang pintu kamar mandi. jadi, siap pasang sendiri? upgrade pintu kamar mandi anda di qhomemart.com beli secara online lebih mudah melalui whatsapp kami di 08112863773 (chat only)

5/5 - (23 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini