Kenali Fungsi Cat Interior Jogja Yuk!

cat interior jogja — Mewarnai dengan cat dapat membuat tembok nampak lebih hidup. Pilihan warna cat yang tepat dapat sangat mempengaruhi keindahan suatu ruangan. Ketelitian yang tepat dalam memilih warna cat sangat berpengaruh bagi kenyamanan dalam sebuah ruangan baik itu dalam rumah (indoor) maupun di luar rumah (outdoor).

Namun tahukah anda bahwa cat yang beredar di pasaran cukup beragam dan memiliki fungsi yang cukup berbeda-beda dalam penggunaannya. Maka dari itu jangan sampai salah dalam memilih cat interior untuk rumah anda.

cat interior jogja
source: kingfisher.com

Simak terlebih dahulu berbagai macam cat berikut ini beserta dengan fungsinya masing-masing saat digunakan pada berbagai macam bahan yang berbeda.

Cat Eksterior Jogja

Cat jenis ini merupakan cat yang dikhususkan pada bagian luar dari rumah. Biasanya terbuat dari bahan yang dapat melindungi tembok dari air hujan serta sinar matahari. Selain melindungi tembok dari pergantian cuaca yang tidak menentu, cat eksterior juga dapat memberi kesan estetik pada tembok.

Cat Interior Jogja

Selain cat eksterior, adapun jenis cat yang dikhususkan untuk bagian dalam rumah atau lebih dikenal dengan cat interior. Cat interior memiliki sedikit perbedaan dengan cat eksterior yaitu dari tingkat kehalusan penampilan yang diberikan ketika diaplikasikan ke tembok.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Bread Maker

Cat interior juga lebih mudah dibersihkan ketika ada noda atau kotoran yang menempal pada tembok yang sudah dilapisi oleh jenis cat interior.

Untuk karakteristik dari cat tembok sendiri, terdapat beberapa jenis karakteristik yang perlu anda ketahui, yaitu:

Glossy

cat interior jogja
source: mbjessee.com

Karakteristik cat yang pertama yaitu glossy. Jenis cat yang memiliki karakteristik glossy memiliki dua tipe yaitu semi glossy dan high glossy. Perbedaan keduanya yaitu untuk high glossy nampak cenderung terlihat memantulkan cahaya sehingga tampak berkilau.

Jenis cat yang memiliki karakteristik high glossy sangat cocok untuk diaplikasikan pada pilar rumah atau bangunan lainnya. Karena dapat memantulkan cahaya dari sinar matahari. Karakteristik cat ini lebih memudahkan anda untuk membersihkannya.

Selain karakteristik high glossy, adapun karakteristik semi glossy yaitu cat yang memiliki tingkat mengkilap yang lebih rendah. Namun tentunya tidak mudah untuk terkelupas. Cat dengan karakteristik semi glossy sangat cocok diaplikasikan untuk dapur atau juga kamar mandi.

Doff / matte

Karakteristik cat ini adalah memberi efek mengkilap namun kilapnya tidak seperti jenis cat glossy. Jenis cat yang memiliki karakteristik doff / matte lebih terlihat smooth atau lembut.

Untuk jenis cat ini sangat cocok jika diaplikasikan pada dinding di luar rumah. Alasannya karena jenis cat yang memiliki karakteristik seperti ini dapat tahan terhadap cuaca yang ekstrem. Namun bisa juga diaplikasikan pada kamar tidur yang ingin memiliki kesan yang smoothy.

Satin

Karakteristik dari jenis cat ini yaitu memiliki tampilan yang cukup mewah dan cukup berbeda dengan cat berkarakteristik glossy dan doff / matte. Jenis cat dengan karakteristik satin cukup lembut ketika disentuh dengan tangan.

Baca Juga  Jenis Bahan Lemari Baju dan Rekomendasinya

Karena efeknya yang tidak memantulkan cahaya dan nampak teduh sangat cocok jika diaplikasikan sebagai cat interior dari ruang galeri atau juga pada restoran. Bisa juga diaplikasikan pada kamar tidur dan ruang tamu. Untuk jenis cat ini cukup mudah untuk dibersihkan.

Jenis Cat Berdasarkan Fungsi

cat interior jogja

Berikut ini merupakan jenis cat berdasarkan fungsinya yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli cat interior jogja maupun cat eksterior.

Cat Alkyd Syntetic

Jenis cat Alkyd Syntetic adalah cat dengan tekstur yang memiliki tingkap kilap yang tinggi dan biasanya digunakan untuk cat finishing pada bagian interior ataupun eksterior. Keunggulan dari cat ini yaitu kuat serta tahan terhadap ragam cuaca. Biasanya juga digunakan untuk melapisi permukaan yang berbahan besi atau kayu.

Zinc Chromate Primer

Jenis cat Zinc Chromate Primer biasanya digunakan untuk melapisi permukaan berbahan logam. Penggunaan cat ini biasanya untuk melindungi logam dari karat. Sangat cocok untuk melapisi seng, besi, logam.

Cat Styrene Acrylic

Cat ini memiliki tingkat glossy yang cukup tinggi. Dalam cat ini terdapat campuran yang mengandung akrilik. Keunggulan dari cat ini yaitu tahan terhadap beragam cuaca serta jamur. Umumnya cat jenis ini digunakan untuk melapisi permukaan yang berbahan beton, batako, plesteran, tripleks serta asbes.

Cat duco

Sebutan lain dari cat duco adalah cat dempul. Jenis cat ini biasanya digunakan sebagai dasar untuk menutupi permukaan yang berbahan kayu atau juga logam sehingga terlihat nampak rapat.

Baca Juga  4 Tips Cara Merawat Kitchen Set Dapur

Cat Remover

Untuk jenis cat ini tentu cukup berbeda dengan jenis-jenis cat sebelumnya. Karena jenis cat ini digunakan untuk mengelupas cat lama pada dinding yang hendak dilakukan pengecatan kembali.

Nah, itulah beragam macam jenis cat eksterior dan cat interior jogja mulai dari karakteristiknya sampai dengan fungsinya. Jika anda hendak mencari cat interior jogja untuk mengecat, anda bisa mengunjungi QHOMEMART.

Di QHOMEMART terdapat berbagai macam cat interior jogja yang bisa anda gunakan untuk mengecat. Yuk belanja cat interior jogja hanya di Qhomemart. Tersedia beragam cat interior jogja di Qhomemart. Anda juga bisa mencoba mencampur cat interior jogja dengan mesin tinting di Qhomemart untuk mendapatkan warna yang Anda inginkan. Berbelanja lebih mudah melalui whatsapp kami. Semoga artikel ini dapat membantu anda.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini