Cara Membuat Dapur Rumah Minimalis dengan Konsep Green Kitchen

Dapur rumah minimalis identik dengan warna putih nan bersih dengan perabotan yang tidak terlalu banyak. Namun rupanya kini definisi dapur rumah minimalis sudah bergeser ke arah yang lebih bervariatif, tidak lagi hanya terpatok pada konsep warna saja.

Beragam inspirasi dan referensi mengenai dapur minimalis dan sederhana sudah bisa kamu temukan banyak sekali di internet. Dan kini tinggal menyesuaikan saja dengan situasi dapurmu dan konsep seperti apa yang ingin kamu wujudkan pada dapurmu agar terlihat minimalis dan sederhana.

Selagi pandemic seperti ini, menanam tanaman di rumah menjadi tren baru. Ya, meskipun menanam tanaman sudah ada sejak dulu, tapi kini makin banyak alternative menanam di lahan sempit seperti di dalam rumah contohnya.

Dapur juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk meletakkan tanaman hias sekaligus untuk menghias dapur rumah minimalis sederhana tetap terlihat segar. Karena itu, coba saja wujudkan dapur minimalis sederhanamu dengan konsep green kitchen.

Untuk kamu yang ingin merombak dapur agar terlihat lebih baik dan menarik dari sebelumnya, yuk simak cara membuat dapur minimalis sederhana dengan konsep green kitchen ini.

Lokasikan Dapur Pada Tempat yang Terkena Sinar Matahari

dapur rumah minimalis
dapur rumah minimalis via kompas.com

Terkadang dapur letaknya di bagian belakang dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal tersebut tentu berpengaruh pada penampilan dapurmu.

Baca Juga  Ingin Pasang Talang Air? Baca Ini Terlebih Dahulu

Untuk membuat dapur rumah minimalis sederhana dengan konsep green kitchen, gunakan sinar alami dari matahi untuk menyinari dapurmu daripada menggunakan lampu ketika siang hari.

Selain hemat energy, sinar matahri langsung yang masuk ke dapur juga bermanfaat untuk sirkulasi dan mengurangi kuman penyakit tertentu.

Tapi masalahnya tidak semua dapur dapat dipindah. Nah, salah satu hack yang bisa kamu lakukan adalah membuat ventilasi kaca pada bagian atas dapurmu atau pada bagian tembok.

Meskipun kecil, paling tidak sinar bisa masuk ke dapur. Dengan begitu, green kitchen bisa kamu wujudkan meski hanya menggantungkan sinar matahari.

Letakkan Tanaman Hijau di Kawasan Dapur

dapur rumah minimalis tanaman hijau
via diadona.id

Salah satu hal yang mendukung konsep green kitchen adalah tanaman hijau. Jika kamu merasa dapurmu terlalu membosankan, polos, dan kurang hijau, coba deh beli tanaman hijau pada pot-pot kecil dan letakkan di beberapa spot pada dapur.

Kamu bisa meletakkan di dekat kompor, di gantung pada dinding dekat kulkas, atau di tengah meja makan.

Sebar saja tanaman hijau di berbagai sudut pada dapur rumah minimalis milikmu agar terlihat lebih fresh dan menarik tentunya.

Tanaman yang bisa kamu letakkan di dalam rumah terutama di dapur adalah tanaman sayur-sayuran yang berdaun dan akarnya kecil.

Bisa saja meletakkan bunga pada dapurmu, namun pastikan tidak mengotori dapurmu karena batang dan akarnya yang membutuhkan tanah dan pot yang besar.

Baca Juga  6 Jenis Meja Kerja Minimalis Populer Untuk Rumah Anda

Kamu juga bisa memilih tanaman sayur-sayuran yang daunnya berwarna merah atau kecoklatan agar dapurmu juga nampak lebih berwarna.

Berikan Sentuhan Warna Hijau Pada Dapur

via grid.id

Meski tidak harus begini, namun memberikan sedikit sentuhan warna yang mendukung merupakan ide yang bagus, lho. Kalau kamu bosan dengan warna kitchen kabinetmu yang usang, coba cat dengan warna hijau agar lebih segar dan berwarna.

Kalau kamu belum punya perabotan dapur tapi berminat untuk mendekorasinya dengan dengan konsep dapur rumah minimalis sederhana green kitchen, coba pilih perabotan dapur yang berwarna hijau untuk mendukung konsep ini.

Tapi ada alternative jika kamu merasa membeli perabotan terlalu mahal namun ingin mendekor dapur dengan sentuhan warna hijau. Gunakan wallpaper pada dinding dapur dengan warna-warna seperti pastel atau hijau daun yang segar.

Selain lebih bervariasi, wallpaper juga tidak semahal perabotan dapur yang lain.

Minimalkan Penggunaan Plastik Sekali Pakai

minimalisir penggunaan plastik di dapur
via homedepot-static.com

Dapur tidak bisa lepas dari sampah terutama sampah plastic. Meski dapur sudah punya konsep green kitchen dengan segala dekorasinya yang mendukung namun belum tentu dapat menerapkan zero waste sampah plastic.

Mungkin ini menjadi tantang bagi kamu yang sudah ketergantungan untuk menggunakan plastic dalam aktivitas sehari-hari di dapur rumah minimalis sederhanamu. Tapi bukan berarti hal tersebut jadi alasan untuk tetap menggunakan plastic, ya.

Daripada menggunakan kantong plastic untuk membungkus makanan tertentu, coba gunakan daun seperti daun pisang yang lebih aman dan baik bagi lingkungan.

Baca Juga  Dekorasi Dapur Minimalis Untuk Rumah Tidak Terlalu Besar

Atau kamu yang masih sering menggunakan kantong plastic bisa menguranginya dengan memilih paper bag atau tas kain yang bisa dipakai berulang kali.

Dengan begitu konsep dapur rumah minimalis serta sederhana green kitchen tidak hanya sekedar penampilan, namun juga kepedulian dengan lingkungan sekitar.

Itulah beberapa cara untuk mewujudkan dapur rumah minimalis dan juga sederhana dengan konsep green kitchen. Apa kamu tertarik untuk mengadaptasi ide ini bagi dapurmu?

cek juga harga kompor dapur lainnya DISINI , jangan ragu – ragu untuk konsultasi secara GRATIS dengan kami mengenai dapur dengan klik tautan whatsapp dibawah.

5/5 - (13 votes)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini