Dekorasi

Dekorasi Interior agar Rumah Minimalis Terasa Lapang

Memiliki rumah sendiri memang merupakan impian banyak orang. Rasanya rumah adalah pencapaian yang besar karena ini tak sekadar memperlihatkan kemapanan tetapi bagi sebagian orang menjadi sebuah prestige. Memang maknanya menjadi bergeser ketika orang menganggap rumah adalah salah satu bentuk barang saingan, tetapi terlepas dari makna apapun rumah adalah tempat yang didambakan semua orang yang lelah dan butuh tempat beristirahat.

Mendesain rumah sesuai dengan anggaran terbatas menjadi persoalan yang gampang-gampang sulit. Dikarenakan faktor anggaran terbatas atau memang karena tidak terlalu suka dengan rumah besar yang akan repot dibersihkan, rumah minimalis adalah jawaban kebutuhan rumah saat ini karena juga tidak membutuhkan lahan yang terlalu besar. Meski begitu kelemahan dari rumah ini adalah Anda juga harus pintar-pintar dalam mendesainnya sehingga semua perabotan “wajib” di sebuah rumah bisa masuk dan tertata rapi. Nah, bagaimana mendesain interior rumah minimalis agar terasa lapang?

  1. Pemilihan warna rumah.

Warna cat menjadi salah satu hal yang sering dimodifikasi untuk menegaskan kesan sebuah rumah. Rumah yang minimalis biasanya identik dengan pemilihan warna monokrom. Selain putih, hitam, dan abu-abu, warna monokrom ini juga bisa dengan menggunakan dominasi warna krem atau beige dan perabotan kayu. Warna-warna ini cenderung memantulkan cahaya sehingga menonjolkan kesan luas pada rumah yang relatif kecil.

Selain cat tembok, boleh juga dimodifikasi dengan penggunaan keramik berwarna terang. Fungsinya sama untuk memantulkan cahaya sehingga ruangan sempit terasa luas.

  1. Penataan perabotan tidak menempel dinding.
Baca Juga  8 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Untuk Hunian

Kebiasaan orang adalah menata perabotan rumah hingga benar-benar menempel dinding. Untuk membuat kesan ruangan yang luas, tarik sedikit perabotan Anda beberapa centimeter dari dinding karena teknik ini akan membuat ruangan dengan perabotan akan terasa luas. Selain itu, boleh juga Anda menggunakan perabotan multifungsi yang kini mulai banyak dijual – seperti gabungan sofa dan kursi pendek.

Trik lain adalah memilih perabotan yang berkaki. Beberapa orang menyukai tipe sofa yang tidak terlihat kakinya sehingga terkesan empuk dan nyaman. Anda harus melupakan sejenak opsi ini guna menata rumah kecil agar tetap nyaman dan fungsional.

  1. Hindari aksesoris terlalu besar.

Perempuan menyukai rumah dengan hiasan tertentu. Hal ini tidak salah, tetapi penting untuk memilih hiasan yang tepat. Agar tidak menimbulkan kesan penuh dan sempit, lebih baik jika Anda memilih hiasan atau ornamen dengan ukuran yang sedang atau kecil sehingga. Ini menjadi trik untuk membuat ruangan yang sempit tidak terlihat padat.

  1. Gunakan model jendela tanpa teralis.

Dari segi kebutuhan cahaya dan pertukaran udara – serta kepentingan dekorasi, Anda bisa memilih model jendela terkini yang mulai meminimalisir atau bahkan tidak memanfaatkan teralis dan memaksimalkan ukuran kaca. Ini akan memberikan kesan luas karena pemandangan langsung ke luar ruangan yang tidak dibatasi banyak penghalang serta membuat cahaya lebih banyak masuk ke ruangan yang akan menimbulkan kesan luas.

  1. Menyesuaikan warna perabotan.
Baca Juga  Ide Dekorasi Ruang Makan yang Bikin Keluarga Betah Di Rumah!

Tidak sekadar warna cat rumah, Anda juga bisa mengakali kondisi rumah sempit dengan perabotan berwarna senada dengan warna tema rumah. Ini akan membuat rumah terasa hidup tanpa menimbulkan kesan terlalu ramai dan tidak nyaman. Sebagai tips, pilih warna-warna yang cerah dan segar seperti warna hijau lemon atau kuning terang.

  1. Pasang cermin besar di salah satu tembok.

Cermin adalah trik yang cukup lama dikenal untuk memberikan kesan luas suatu ruangan sempit. Anda bisa menggunakan trik ini untuk dipasang di area ruang keluarga atau ruangan yang menghadap ke area terbuka sehingga kesan luas lebih kuat didapatkan.

Sudah mengerti bukan beberapa trik untuk “memperluas” ruangan sempit? Harapannya trik ini bisa membantu Anda mendesain dan menata rumah minimalis agar tetap mampu menampung perabotan standar dan tidak menghilangkan fungsi utamanya sebagai tempat tinggal. Jangan ragu meminta bantuan desainer interior untuk berkonsultasi sehingga trik ini bisa digunakan optimal. Semoga berhasil dalam mengaplikasikannya.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini