Tips & Trick

Cara Mengatasi Masalah Klasik Pada Material Kayu

Material kayu adalah salah satu jenis material favorit yang seringkali digunakan sebagai pelapis dinding, penutup lantai , serta struktur atap dan furniture . Seni keindahan serat pada permukaan kayu bahkan membuat material ini juga digunakan sebagai elemen dekoratif seperti pot bunga , jam dinding , atau hiasan dinding lainnya .

Tapi, dibalik berbagai kelebihan dan keindahan yang dimunculkan dari material kayu, kayu memiliki kelemahan seperti mudah tergores atau mudah lapuk akibat digerogoti rayap. Oleh karena itu, kayu membutuhkan perawatan ekstra agar kualitas dan penampilannya selalu terjaga.

Beberapa masalah yang sering ditimbulkan pada material kayu dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Mengatasi Jamur Pada Kayu

Mengatasi Jamur Pada Kayu
Foto: pengawetkayu.com

Material kayu rawan lembab jika ditempatkan pada area terbuka seperti teras atau gazebo apalagi saat musim hujan, lambat laun akan timbul jamur yang merusak kayu dan pastinya mengganggu keindahannya. Untuk mengantisipasinya, jemur furniture kayu dibawah sinar matahari secara berkala untuk menjaganya tetap kering.

Jika sudah terlanjur terkena jamur, bersihkan jamur dengan menyapukan lap basah. Kemudian gosok permukaan yang berjamur dengan menggunakan minyak kayu putih atau alkohol. Jika Anda ingin menghilangkan jamur secara permanen, Anda bisa memberikan lapisan coating (cairan pelapis) berupa cat kayu bening dari bahan melamin.

Baca Juga  Ukuran Talang Air PVC Untuk Hunian Anda

Mengatasi Goresan Pada Material Kayu

cara mengatasi masalah klasik pada material kayu
Foto: architectsjournal.co.uk

Memang material kayu adalah material yang keras namun tidak menuntut kemungkinan kayu pada furniture kita tergores tanpa sengaja. Seperti saat memindakan atau menggeser furniture untuk sekedar menatanya. Jika goresan tidak terlihat tidak akan menimbulkan masalah yang besar namun saat goresan itu terlihat jelas pasti bikin keindahannya berkurang.

Jika sudah terjadi hal tersebut maka siapkan kain microfiber, minyak zaitan dan cuka. Campurkan minyak zaitun dan cuka dalam mangkuk kecil lalu aduk rata. Tuangkan beberapa tetes cairan ke permukaan kayu yang tergores setelahnya gosok menggunakan kain microfiber. Gosok hingga luka goresan tersebut hilang. Ulangi hal tersebut pada bagian kayu yang lain.

Mengatasi Rayap

mengatasi rayap pada kayu
Rayap menyebabkan kayu keropos. Foto: diyprojects.com

Rayap adalah musuh terbesar kayu yang mampu merusak seluruh bagiannya. Cara terampuh yang bisa digunakan adalah melapisi kayu dengan cairan kimia pembersih rayap. Namun, ada pula cara alami yang dapat Anda lakukan, seperti menyiram sarang rayap dengan air cucian beras pertama atau menyemprotkan larutan dua gelas air yang dicampur dengan 10 batang rokok dan ½ sendok makan garam. Diamkan larutan tersebut semalaman dan semprotkan pada kayu yang terserang rayap.

Walaupun masalah material kayu dapat diatasi namun dengan mudah namun saat pembelian perabot bermaterial kayu juga harus selektif dalam memilihnya. Jika perabot awet maka akan menghemat biaya dalam perawatan. Disini qhomemart.com hadir untuk menjawab keraguan anda dalam membeli perlengkapan rumah dan aksesorisnya. Kami menghadirkan berbagai macam kebutuhan rumah anda mulai dari atap hingga lantai, dari dalam sampai luar.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini