4 Inspirasi Desain Aquascape Sederhana

desain aquascape sederhana– Dewasa ini kegiatan membuat aquascape di rumah sedang diminati. Aquascape adalah hobi yang populer yang menarik banyak orang untuk mencobanya. Namun, apa sih aquascape itu? Bagaimana ya desain aquascape agar tetap cantik namun terlihat sederhana dan tidak terlalu rumit dalam proses pembuatannya? Yuk simak pengertian aquascape dan juga inspirasi desain aquascape yang sederhana di bawah ini!

Pengertian Aquascape

Aquascape adalah seni untuk menempatkan tanaman sebagai dekorasi aquarium yang bertujuan untuk menciptakan tampilan aquarium menyerupai pemandangan di bawah laut. Tentunya aquascape juga dapat menjadi sebagai elemen dekorasi di rumah Anda. Anda bisa mendekor aquascape dengan detail maupun sederhana untuk menciptakan penataan aquascape yang cantik.

Apakah Anda tertarik untuk membuat aquascape sendiri? Atau ingin melihat inspirasi desain Aquascape yang sederhana dan menarik untuk Anda coba? Sebelum Anda melihat inspirasi desain aquascape sederhana, Anda perlu tahu kalau dalam membuat aquascape ternyata tidak membutuhkan terlalu banyak biaya, lho. Jangan lupa untuk melihat tips dan trik cara membuat Aquascape dengan budget minim alias cara membuat aquascape hemat biaya ya.

Inspirasi Desain Aquascape Sederhana

Membuat aquascape tidak harus memiliki penataan yang rumit. Anda bisa mendapatkan tampilan aquascape yang cantik namun sederhana.

Baca Juga  4 Cara Terbaik Memilih Granit untuk Lantai Rumah

Sebenarnya dalam menata aquascape yang cantik tidak membutuhkan terlalu banyak elemen-elemen baik itu tanaman, jenis batuan, kayu, ataupun rumput rumput. Membuat aquascape pun tidak melulu harus menggunakan aquarium ukuran besar lho. Anda juga bisa menggunakan aquarium kecil untuk membuat aquascape mini.

Aquascape Mini

Ukuran aquascape yang mini juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk desain aquascape yang sederhana. Tentunya aquascape dengan aquarium berukuran kecil tidak dapat menaruh banyak elemen dekorasi di dalamnya. Aquarium yang mini dapat Anda tata sedemikian rupa untuk menjadi aquascape sederhana yang cantik untuk dekorasi rumah Anda.

Di dalam aquascape mini dapat Anda maksimalkan penampilan dan penataannya dengan menaruh batuan yang cantik. Anda bisa membuat aquascape mini dengan mendominasi bebatuan di dalamnya. Padukan pula dengan elemen pasir dan rerumputan di dalamnya. Jangan lupa untuk beri pupuk ya agar tanaman di aquascape Anda bisa tumbuh dengan subur.

Desain Aquascape Sederhana Gaya Iwagumi

source: theaquariumguide.com

Desain aquascape yang populer dan terlihat sederhana adalah aliran aquascape gaya iwagumi. Aliran aquascape gaya iwagumi terbilang aliran yang sangat populer di kalangan para penggiat aquascape. Aliran ini dikembangkan oleh maestro aquascape yang bernama Takashi Amano.

Iwagumi dalam bahasa Jepang berarti ‘formasi batu’. Iwagumi sering dikenal sebagai seni menata batu pada halaman rumah, khususnya di halaman rumah para bangsawan. Akan tetapi, seni iwagumi pun diadaptasi dan digunakan pada penataan aquascape.

Baca Juga  Cara Membuat Aquascape dengan Budget Minim

Ciri-ciri aquascape gaya iwagumi adalah penempatan hardscape di dalam tank aquascape. Hardscape yang digunakan untuk aquascape tersebut adalah batu. Selain itu Anda dapat menanam rumput-rumputan untuk menambah suasana hijau dalam aquascape.

Desain Aquascape Sederhana Minim Rumput

source: aquascapepapuludarium

Jika Anda ingin memiliki aquascape dengan desain yang tidak terlalu hijau namun tetap terlihat estetik, Anda bisa menggunakan desain aquascape sederhana yang minim rumput. Anda bisa hanya menggunakan perpaduan elemen pasir, kayu-kayu, dan sedikit tanaman air. Anda bisa melihat seperti contoh pada gambar aquascape di atas.

Penataan yang estetis membuat tampilan aquascape sederhana tersebut tetap terlihat cantik. Berilah pencahayaan yang cukup pada aquascape Anda untuk membantu memenuhi kebutuhan cahaya para ikan dan juga tanaman yang Anda tanam di aquascape tersebut.

Desain Aquascape Sederhana dengan Tiruan Pohon

desain aquascape sederhana
source: sg.carousell.com

Mendesain aquascape mungkin bagi beberapa orang terlihat memusingkan. Begitu banyak inspirasi desain aquascape yang rumit dan sulit untuk ditiru. Untuk itu sebaiknya Anda melihat-lihat inspirasi desain aquascape yang tidak terlalu rumit dan mudah dibuat, salah satunya adalah desain aquascape yang sederhana seperti gambar di atas.

Desain aquascape di atas membuat tampilan seperti tiruan lembah bebatuan dan juga pepohonan. Meskipun didominasi oleh bebatuan, akan tetapi aquascape ini juga menempatkan beberapa rumput di sudut-sudutnya untuk membuat tampilan aquascape terlihat hidup. Selain itu, pada aquascape di atas terdapat beberapa batang kayu yang ditata sedemikian rupa untuk menyerupai pohon agar terlihat indah.

Baca Juga  10 Desain Meja Rapat Untuk Kantor/Startup Modern

Tentunya penataan tersebut tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan terlalu banyak batuan ataupun berbagai jenis rumput. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mulai membuat aquascape sendiri di rumah? Yuk buat aquascape yang sederhana namun indah untuk dekorasi di rumah Anda.

Jangan lupa untuk membersihkan aquascape secara rutin yaa…


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini