Dekorasi

5 Desain Lisplang Yang Simpel Namun Elegan

lisplang jadi salah satu bagian rumah yang tidak boleh luput dari perhatian. penggunaan yang tepat tentu membuat rumah jadi lebih indah. seperti apa desain yang tepat untuk hunian anda?

siapa tidak ingin punya hunian yang indah? terlebih untuk mayoritas orang yang sudah memiliki rumah sendiri, tentunya jadi salah satu wishlist untuk mempercantik rumah, terlebih untuk area luar.

salah satu cara simpel namun memberikan tampilan rumah yang rapi, salah satunya adalah dengan menggunakan usnur lisplang. namun, apa kah sebenarnya lisplang itu? dan digunakan dibagian mana? ayo simak penjelasan lebih lengkap dibawah

Apa itu lisplang?

lisplang sendiri merupakan bagian atap rumah yang berada pada area pinggir atau ujung, digunakan supaya atap menjadi lebih tertata dan juga sebagai salah satu bagian sebagai pelindung atap.

penggunaan salah satu bagian rumah ini tentu perlu anda pertimbangkan, mengingat sisi atap rumah bagian luar adalah sisi yang mudah terlihat. dekorasi yang tepat pada bagian rumah ini tentu juga memperlihatkan keindahan rumah yang cantik dan elegan.

corak

di indonesia sendiri, pengunaan lisplang banyak mengikuti bentuk budaya dan adat dari rumah – rumah tradisional. ini sebabnya, bagian rumah satu ini juga menjadi salah satu yang menandakan karakteristik rumah daerah tersebut berasal.

Baca Juga  8 Inspirasi Mini Bar Minimalis Untuk Mempercantik Dapur

seperti beberapa ditemui pada rumah joglo yang menggunakan corak – corak tertentu, bahkan hingga menggunakan tulisan aksara jawa dengan tingkat kerumitan yang tinggi.

manfaat

penggunaan salah satu bagian rumah ini tentu memiliki sejumlah manfaat ketika diaplikasikan. nah, berikut beberapa manfaat yang didapat :

  • membuat rumah jadi lebih rapi, terlebih untuk area atap
  • kesan yang lebih elegan pada rumah
  • sebagai pelindung tambahan ketika air hujan hingga terik matahari

Desain lisplang yang menarik

nah, setelah tahu apa itu lisplang. saatnya anda mulai memikirkan bagaimana pengaplikasiannya.

pertanyaan yang sering membuat penghuni rumah bingung ialah bagaiamana memilih desain yang tepat? tenang saja beberapa desain yang tepat dibawah ini layak untuk jadi pertimbangan hunian anda. apa saja?

lisplang berwarna monokrom

lisplang 1
via freepik

tipe lisplang monokrom amat menunjang untuk menciptakan tampilan hunian yang berkelas. terlebih jika rumah anda berkonsep rumah industrial, ini merupakan warna yang sejalan dengan DNA dari tipe industrial.

tidak terlalu mengedepankan warna – warna cerah, hal yang pas untuk anda gunakan tipe warna seperti ini. tampila warna monokrom dapat berupa warna grey hingga hitam.

tipe lisplang metal

lisplang 6
via healthy home wellness

pilihan lain, penggunaan tipe lisplang metal bisa jadi pilihan. anda bisa menggunakan tipe metal seperti ini sebagai alternatif dari kayu, yang mana memang sudah banyak digunakan dan penggunaan yang berlebih tentu memicu terjadinya kelangkaan.

Baca Juga  8 Model Keramik Garasi Mobil Minimalis Beserta Harganya

kelebihan tipe metal

kelebihan dari penggunaan tipe metal antara lain :

  • tahan terhadap retakan hingga pengikisan
  • cocok digunakan untuk jangka waktu lama
  • dapat bertahan ketika cuaca ekstrim
  • tetap terjaga dari sisi keindahan serta stabil
  • mudah dipasang hingga segi perawatan

anda dapat menggunakan tipe matal seperti galvanise, alumezine hingga alumunium dengan harga yang dapat ditekan namun masih memiliki kualitas yang baik.

lisplang grc

lisplang 7
via roofing superstore

grc (glass reinforced concrete) dibuat dari material beton dengan campuran serat kaca. tidak hanya ditemui dalam bentuk dinding grc, bagian rumah satu ini juga terdapat pada tipe grc, yang juga jadi pilihan yang tepat untuk diaplikasikan.

desain yang simpel dan modern tentu amat cocok untuk berbagai tipe rumah rumah, terlebih untuk tipe rumah minimalis.

tertarik menggunakan tipe grc?

lisplang kayu polosan

lisplang 3
via archat

lisplang kayu sudah banyak digunakan terlebih untuk rumah – rumah di indonesia. kelebihan dari kayu lisplang adalah bobotnya yang sedikit ringan, sehingga tidak terlalu membebani struktur atap rumah pada pengaplikasiannya.

walau begitu, material kayu bisa jadi dapat celah untuk terkena serangan rayap maupun rentan dengan pelapukan.

untuk tipe kayu sendiri, tentu lebih mudah ketika ingin dipoles membentuk pola tertentu.

tipe warna putih

lisplang 4
via semper solaris

mencari warna yang aman? mungkin anda perlu menggunakan tipe warna putih. pasalnnya tipe warna ini mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai warna apapun.

Baca Juga  Perhatikan Ini Saat Memilih Mesin Cuci yang Sesuai dengan Kebutuhan

jika genteng atap berwarna merah, hal ini masih amat relevan untuk digunakan serta beberapa warna lain. bandingkan jika anda menggunakan tipe warna bukan putih?

seperti merah, biru ataupun hijau yang tentu terdapat beberapa warna yang pengaplikasiannya terkesan menabrak.

wah, menarik ya? sudah tahu ingin pilih yang mana?

semoga bermanfaat!

cek juga harga kebutuhan rumah lainnya  DISINI, konsultasikan secara gratis dengan klik tautan dibawah

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini