Intermezo

Sentuhan Desain Rumah Jepang, Bagaimana Jadinya?

Desain rumah jepang – negara jepang memiliki berbagai kebudayaan menarik untuk disimak, mulai dari budaya kerja yang tangguh, budaya santun dan tentu saja dari segi budaya tempat tinggal. desain rumah jepang ini dapat anda jadikan pilihan.

rumah jepang identik dengan kaca yang lebar serta dibagi dalam bentuk sekat persegi panjang. jadi ukuran jendela bukanlah satuan yang lebar, namun lebih ke beberapa jumlah sekat persegi panjang. ditambah lagi, pintu ala rumah jepang biasanya digeser ke samping. hal ini bisa menghemat ruang ketika pintu dibuka

Apakah cocok untuk diterapkan di Indonesia?

berbicara rumah apalagi di indonesia, masih banyak ditemui desain dengan membawa gaya adat istiadat pada daerahnya masing – masing. contohnya  di Yogyakarta, banyak ditemui rumah dengan desain joglo tentu dengan penambahan akses modern maupun mempertahankan gaya bangunan joglo kuno.

namun, bagi anda yang menyukai kebudayaan jepang, khususnya pada gaya arsitektur bangunan yang dimiliki, tentu dapat anda terapkan untuk di Indonesia, cuaca Indonesia dengan iklim yang sejuk dapat menyatu dengan suasana, hal ini bisa menghadirkan ‘japan vibes’ di indonesia

Baca Juga  11 Model Kursi Rotan Paling Favorit Dari Dulu Hingga Sekarang

desain rumah jepang adalah desain dengan menampilkan kesejukan alam dengan banyaknya pintu besar. hal ini membuat aksesbilitas jadi lebih mudah. ditambah lagi, desain interior pada ruangan haya jepang biasanya memiliki tampilan yang minimal dengan tempat duduk “lesehan”, membuat suasana ruangan menjadi lebih santai.

Cocok dengan rumah pada area hijau

desain rumah jepang area hijau
via pinterest

jika dilihat, rumah tradisional ala jepang memang sering menampilkan kesan alam yang kuat. area hijau sangat melekat dengan pada gaya ini, sehingga dapat membuat penghuni jadi lebih betah. hal ini didukung dengan budaya minum teh ala jepang, sehingga hal ini sangat cocok untuk menikmatik keindahan alam dari rumah.

Desain rumah modern ala jepang

desain rumah jepang modern
via pinterest

penggunaan rumah ala jepang tak melulu harus mengikuti gaya tradisional. dijaman modern ini, rumah tradisiaonal pun dapat dirubah menjadi lebih modern, dengan tanpa meninggalkan gaya tradisional yang dimiliki. beberapa bagian dapat anda poles untuk mendapatkan kesan modern

anda dapat menempatkan jendela ukuran besar dengan bagian sekat menjadi beberapa bagian berbentuk persegi. penggunaan warna hitam dapat diaplikasikan dengan beberapa bagian hitam seperti alas maupun pada bagian dinding atau area lain, jadi tidak hanya pada satu bagian area saja.

penambahan alas berbentuk kayu dapat menambah kesan modern namun tidak meninggalkan gaya tradisionalnya. anda dapat menambah bantalan tanpa penggunaan kursi untuk memperkuat gaya jepang yang akan anda gunakan.

Baca Juga  Jual Roman Keramik Jogja Terlengkap di Qhomemart

Identik dengan kursi lesehan bantal

desain rumah jepang meja lesehan
via pinterest

jenis rumah jepang memang jarang memakai penggunaan kursi, jika pun memakai kursi, mungkin hanya akan ditemui pada beberapa bagian area rumah saja. ini karena desain rumah jepang tradisional mengandalkan karpet serta bantal sebagai media untuk duduk maupun beristirahat.

hal ini biasanya juga berlaku untuk tempat tidur, biasanya tempat tidur yang dipakai bukan tipe tempat tidur yang permanen, melainkan yang dapat dipindah, bahkan hanya Kasur saja dengan dilapisi karpet

Kursi lesehan tentunya dengan meja lesehan pula

biasanya banyak ditemui meja dengan bentuk normal memiliki ketinggian tertentu dengan ukuran kaki yang sebanding. hal ini karena penggunaan kursi pada rumah biasa memiliki tinggi tertentu, hal yang berbeda yang dimiliki rumah jenis jepang. meja disesuaikan dengan ukuran kursi yang bersifat lesehan, bahkan bukan bentuk kursi melainkan hanya bantalan saja. meja yang dipakai tentu menggunakan ukuran kaki meja yang lebih pendek, jadi bentuk meja tidak telalu tinggi.

Lebih futuristik dengan taman pada bagian tengah

desain rumah jepang taman area tengah

hal menarik lain, kesan alam yang kental sering juga ditemui pengaplikasian taman pada bagian tengah desain rumah jepang. tambahan batu alam dengan masih menggunakan efek penghijauan dari tumbuhan, hal ini sangat cocok untuk digunakan untuk bersantai.

batu alam dapat menggunakan ukuran yang medium untuk menampilkan kesan yang alami. ditambah lagi, jika area rumah yang akan anda aplikasikan lembab, lumut yang tumbuh tentu dapat menambah keindahan dari taman rumah, atau bisa juga anda menggunakan rumput sebagai alternatifnya.

Baca Juga  Cat Anti Bocor Jogja yang Ampuh Cegah Rembesan Air

jenis desain rumah jepang tadi dapat anda aplikasikan pada rumah anda, baik bagi rumah yang sedang anda huni maupun dalam rencana pembangunan. semoga menginspirasi! cek juga bahan bangunan rumah disini

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini