Tips & Trick

Hal-hal Penting Seputar Exhaust Dapur yang Perlu Kamu Ketahui

Exhaust dapur menjadi hal yang penting sekali untuk diperhatikan ketika mendesain rumah maupun dapurmu supaya udara terasa lebih segar dan menyehatkan.

Area dapur menjadi hal yang seharusnya lebih diperhatikan dalam kelancaran sirkulasi udara karena dapur sering terdapat asap ketika memasak maupun aroma-aroma makanan yang kurang baik jika tidak bisa keluar dengan lancar.

Selain itu, udara yang terjebak dalam dapur tentu sangat menggangu aktivitas sehingga penting untuk mengeluarkannya agar udara di dapur jadi kembali segar.

Apa itu Exhaust Dapur?

exhaust dapur
exhaust dapur via hipwee

Exhaust dapur merupakan teknologi yang bisa kamu gunakan untuk menyerap udara-udara seperti asap ketika memasak dengan baik. Keberadaan exhaust untuk dapur di rumah biasanya digunakan pada orang-orang yang memang memiliki dapur yang ingin selalu bersih dan berudara segar tidak peduli ukuran dapurnya besar ataupun kecil.

Exhaust untuk dapur juga bukanlah barang yang sulit ditemukan sehingga sudah cukup marak rumah maupun apartment yang memasang exhaust untuk dapur pada dapur mereka.

Nah, buat kamu yang berencana menggunakan exhaust dapur pada ruang dapurmu, berikut ini adalah hal-hal penting seputar exhaust untuk dapur yang perlu kamu perhatikan dan ketahui. Yuk simak informasinya di bawah ini.

Baca Juga  5 Cara Membuat Peredam Suara Ruangan Simpel

Ukuran yang Ideal untuk Exhaust Dapur

Exhaust dapur memiliki ukuran yang beragam mengikuti kebutuhan pengguna. Kamu bisa memilih exhaust untuk dapur yang sekiranya pas dan cocok dengan dapurmu.

Ukuran diameter dari exhaust pada dapur pada umumnya beragam, mulai dari 8-12 inci, dan tentunya perlu disesuaikan dengan ukurang ruang dapur yang kamu miliki. Contohnya, dapur dengan ukuran 4 meter persegi bisa menggunakan exhaust fan yang berdiameter 8 inci.

Kemudian untuk dapur yang berukuran 8 meter persegi sangat cocok untuk menggunakan exhaust pada dapur yang berdiameter 10 inci, serta ada juga exhaust untuk dapur berdiameter 12 inci yang cocok untuk dapur besar dengan ukuran sekitar 12 meter persegi.

Tentu ukuran-ukuran ini bisa sangat relative dan menyesuaikan dengan kebutuhan, ya. Jadi, sebelum membeli exhaust pastikan dulu untuk tahu ukuran dapurmu dan berkonsultasi dengan pemilik atau pelayan toko yang memahami exhaust untuk dapur ya.

Varian Pemasangan Exhaust Dapur yang Sering Ditemui

Rupanya ada beberapa variasi pemasangan exhaust pada dapur yang sering digunakan di rumah-rumah maupun apartment. Berikut variasi pemasangan exhaust dapur:

Tipe Dipasang di Plafon

exhaust dapur plafon
via hipwee

Jika kamu pergi ke suatu tempat entah kantor, rumah makan, ataupun dapur seorang teman dan menemukan sebuah kotak putih berlubang vertical pada plafon, bisa dipastikan itu adalah exhaust dapur atau exhaust ruangan. Fungsinya seperti yang sudah disebutkan di atas yakni untuk sirkulasi dan menyaring udara di dalam ruangan.

Baca Juga  Cara Membuat Hiasan Dinding Simpel Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Exhaust untuk dapur dengan tipe pemasangan di plafon ini dianggap praktis dan tidak membutuhkan ruang atau space tertentu karena plafon sudah cukup luas. Jenis exhaust dapur yang satu ini dapat secara efektif mengeluarkan udara kotor ke bagian loteng rumah karena ada bantuan pipa bernama Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR).

Tipe Dipasang di Dinding

exhaust dapur dinding
via imgix.net

Pemasangan exhaust dapur dengan tipe ini juga cukup umum digunakan di Indonesia. Cara kerja dari exhaust ini juga sederhana karena tidak memerlukan pipa khusus sehingga cukup mudah bagi kamu untuk memasngnya sendiri tanpa harus mminta bantuan ahli atau tukang tertentu.

Nah, perlu diperhatikan jika kamu memasang exhaust dapur dengan tipe ini, pastikan untuk mengahdap langsung dengan area terbuka di luar ruangan supaya sirkulasi udara bisa berjalan dengan optimal.

Tipe Inline

exhaust dapur inline
via amazonaws.com

Kalau dapurmu tidak memiliki akses langsung ke ruangan terbuka, maka menggunakan exhaust dapur dengan tipe inline bisa kamu pertimbangkan. Pemasanganya memang diperlukan ahli atau tukang khusus karena cukup ribet.

Exhaust dapur dengan tipe ini  bisa bekerja secara optimal untuk menghisap udara kotor dari dalam dapur karena dilengkapi dengan sejumlah komponen penting seperti filter dalam, filter luar, pipa, dan kipas penyedot.

Cooker Hood

cooker hood
via hipwee

Nah, tipe yang satu ini yang sedang nge-trend pada dapur-dapur rumah modern. Cooker head ini bisa dipasangkan pada kitchen set atau bagian atas alat memasak seperti kompor sehingga jika ada asap dari aktivitas memasak bisa langsung diserap oleh exhaust dapur dengan model cooker head ini.

Baca Juga  Wow! Ini Rekomendasi Ukuran Kasur Queen Size Untuk Anda

Exhaust untuk dapur seperti ini memiliki daya hisap yang sangat baik dan cocok dipadukan dengan konsep dapur modern dan minimalis.

Nah, itulah beberapa hal penting seputar exhaust dapur yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu menggunakan exhaust untuk dapur dengan benar? cek juga cara pasang exhaust fan dapur sendiri untuk lebih lengkapnya.

cek harga harga exhaust fan dapur lainnya DISINI, konsultasi GRATIS dengan klik link tautan dibawah.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini