Shop

Exhaust Fan: Pengertian, Fungsi, dan Biaya Pasang 2024

Pengertian exhaust fan ialah alat untuk melancarkan dan mengontrol sirkulasi udara ruangan dengan mengeluarkan bau tidak diinginkan, asap, kelembapan kontaminasi lainnya. Simak juga fungsi tambahan dan biaya pasangnya berikut ini

Salah satu kriteria rumah yang sehat adalah rumah yang terdapat udara yang bersih dan sirkulasi udara yang lancar. Dan begitu juga sebaliknya udara kotor yang terperangkap dirumah tentu saja dapat membawa berbagai masalah kesehatan untuk anda dan juga keluarga, antara lain flu, alergi dan lain sebagainya.

Selain masalah kesehatan, saluran udara yang tidak lancar juga dapat menyebabkan munculnya jamur dan juga rayap, dan bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada dinding dan furniture rumah. Untuk menghindari masalah seperti itu maka dibutuhkan sistem sirkulasi udara yang baik.

Sirkulasi udara yang baik dapat diciptakan dengan menempatkan banyak celah atau jendela pada rumah. Namun jika tidak memungkinkan untuk membuat banyak celah ataupun jendela maka exhaust fan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Alat yang satu ini dapat menyalurkan udara bersih sehingga penghuni dirumah dapat menghirup udara segar.

Fungsi Exhaust Fan

exhaust fan jogja
Foto: qhomemart tempat belanja exhaust fan terbesar di indonesia

Exhaust fan sendiri jenis kipas angin yang tidak hanya berfungsi untuk menciptakan udara namun juga memiliki fungsi untuk membantu sirkulasi udara didalam ruangan agar tetap bersih dan juga segar. Alat ini akan membantu untuk menyegarkan udara yang kotor didalam ruangan adan menggantikan dengan udara yang bersih.

Baca Juga  Jenis-jenis Ventilasi Rumah untuk Hunian Sehat

Selain membantu untuk menyegarkan udara alat ini juga bisa digunakan untuk menyedot udara yang mampu untuk mengusir udara pada ruangan yang langsung berhubungan dengan udara diluar ruangan. Karena memiliki fungsi untuk mengusir panas alat ini juga mampu menjaga kelembapan pada ruangan.

Diletakkan Dimana Saja?

exhaust fan
Foto: Ilustrasi exhaust pada dinding

Exhaust fan biasanya diletakkan pada ruangan-ruangan yang membutuhkan sirkulasi udara seperti di dapur, kamar mandi, plafon, kamar tidur , garasi atau dimana saja area dinding. Meletakkan exhaust fan di dapur dapat membantu menghilangkan bau masakan atau asap yang dihasilkan akibat memasak.

Dan alat ini juga bisa diletakan dikamar mandi, karena biasanya kamar mandi memiliki ukuran yang kecil. Alat ini berguna untuk mengeluarkan uap air dan bau yang tidak sedap dari kamar mandi. Dan jika diletakkan digarasi akan berguna untuk menyegarkan udara dari asap kimia yang dihasil dari knalpot kendaraan.

Cara Kerja

Dan berikut ini adalah cara kerja dari exhaust fan dan juga jenis apa yang cocok digunakan untuk dirumah anda.

  • Cara kerja dari exhaust fan adalah dengan cara menyedot atau menghisap udara. Berbeda dengan kipas angin biasa yang hanya menciptakan udara saja.
  • Setelah menyedot atau menghisap udara kotor dari dalam ruangan maka alat ini mengalirkan udara yang sudah dihisapnya tersebut dan dibuang keluar ruangan.
  • Dengan penyedotan dan pembuangan udara yang kotor akan membuat kualitas didalam ruanga akan menjadi lebih baik. Dikarenakan volume udara yang kotor pada ruangan menjadi berkurang.
  • Dan kemudian udara yang bersih dari luar ruangan akan masuk kedalam ruangan melalui ventilasi dan akan menggantikan udara kotor yang sudah terhisap. Proses ini akan terjadi berulang kali selama exhaust fan menyala.
Baca Juga  Cara Pasang Exhaust Fan Dapur Sendiri

Biaya Pasang

panasonic exhaust fan jogja
Foto: harga exhaust fan

Bicara biaya pasang, tentu anda perlu memiliki produknya terlebih dahulu. Jika di qhomemart, anda bisa mendapatkan exhaust fan di kisaran ratusan ribu, bahkan bisa dibawah itu dengan promo dan diskonnya.

Ditambah biaya pasang tukang, yang estimasinya 100 hingga 200 ribu.

Bisakah Berputar 24 Jam?

Jika muncul pertanyaan, bolehkah membiarkan exhaust fan terus menyala?

Dilansir dari taste of home, membiarkan exhaust terus bekerja dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan keausan yang signifikan pada motor penggeraaknya sehingga dapat menyebabkan kebakaran.

Hal ini amat berbahaya jika anda tidak berhati-hati, jadi matikan jika alat ini tidak dipakai, qhomelovers.

Nah, itu tadi semua hal yang perlu anda tahu tentang exhaust fan. Dapatkan produknya hanya di qhomemart.com, berkualitas dan melayani pengiriman ke seluruh indonesia!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini