Tips & Trick

Jenis-jenis Freezer Jogja untuk Digunakan di Rumah

Freezer jogja adalah alat yang dapat membekukan makanan. Freezer dapat membuat makanan menjadi lebih awet dan tahan lama. Dalam pemilihan sebuah alat pembeku ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Laju hal perlu diperhatikan adalah laju pembekuan sesuai yang diinginkan, ukuran dan bentuk dari bahan yang akan dibekukan atau kemasan makanan yang ingin dimasukkan kedalam alat pembeku.

Jenis pengoperasian batch partaian atau kontinu. Modal dan biaya operasi juga harus diperhatikan. Secara umum biasanya freezer dibedakan menjadi dua jenis, yang pertama ada freezer refrigerasi mekanik yang mengevaporasi dan mengkompresi refrigerant dalam siklus yang bisa berkelanjutan.

Dan yang kedua adalah freezer kriogenik yang menggunakan karbondioksida cair atau padat. Dam meggunakan nitrogen cair yang dikontakan langsung pada bahan makanan yang ingin dibekukan. Dan juga pembagian lain dari freezer juga didasarkan pada laju pergerakan dari freezer.

Jenis-Jenis Freezer Jogja

Berikut ini adalah beberapa jenis freezer yang sedang beredar dipasaran.

 Chest Freezer

freezer jogja
freezer jogja
source: qhomemart

Chest freezer merupakan freezer yang membekukan makanan dengan menggunakan sirkulasi alami dari udara. sirkulasi yang digunakan antara 200c sampai dengan 300c. namun freezer ini tidak dapat digunakan secara luas karena memanng laju pembekuan nya yang lambat sehingga tidak efektif secara ekonommi dan bisa merusak kualitas dari makanan.

Baca Juga  Keramik VS Granit , Mana Yang Lebih Baik?

Cold Stores

Freezer yang satu ini biasa digunakan untuk membekukan daging, menyimpan makan yang sebelum nya telah dibekukan dengan metode lainnya.  Dan cold stores bisa juga digunakan untuk memperkeas es krim. Refrigeran yang digunakan untuk freezer inni adalah udara.

Namun freezer ini memiliki kekurangan yaitu adalah seringnya terbentuk timbunan es pada dinding. Hal tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya efisiensi dari freezer. Energy yang harusnya digunakan untuk dapat membekukan makan malah terpakai untuk membentuk timbunan es.

Tapi masalah tersebut bisa diatasi dengan mengurangi kelembaban dari freezer. Sehingga es yang terbentuknya menjadi berkurang. Efisiensi dapat bertambah dan ukuran cold stores akan berkurang.

Blast Freezer

blast freezer jogja
freezer jogja
source: indiamart

Refrigerant yang digunakan pada blast freezer adalah udara. Dan biasanya udara yang digunakan untuk freezer ini disirkulasikan pada bahan makanan pada temperature -300c sampai dengan 400c. Kecepatan yang digunakan 1,5 sampai 6 m/s. Dan udara yang mengalir dengan cepat ini dapat menipiskan lapisan film dan meningkatkan koefiesien perpindahan panas pada permukaan.

Dan pengoperasian pembekuan pada freezer ini dibedakan menjadi 2, yaitu metode partaian dan metode kontinu. Pada metode partaian sendiri makanan yang dimasukan disimpan pada rak yang berada didalam mesin pendingin, sedangkan pada metode kontinu makanan yang disimpan bergerak pada conveyor belt melalui ruang yang di insulasi.

Belt Freezer (spiral freezer)

Belt freezer memiliki bentuk yang fleksibel dan saling bertautan satu sama lain. Dan freezer ini membentuk  deretan bertingkat dengan bentuk spiral dan bisa membawa makanan melewati ruangan pendinging. Udara dingin atau semprotan dari nitrogen cair diarahkan langsung ke arah belt secara cou ntercurrent (berlawanan arah) yang mengurangi kehilangan panas selama evaporasi.

Baca Juga  Berapa Harga Rumah Kontainer di Indonesia?

Spiral freezer memerlukan ruang yang relative kecil dan memiliki kapasitas yang besar. Keuntungan lain adalah pemuatan dan bongkar muat secara otomatis, biaya perawatan yang murah, dan mampu membekukan berbagai jenis bahan makanan.

Tunnel Freezer

tunnel freezer jogja
source: freezer jogja
source: rmfworks.com

Fluidized bed freezer adalah belt freezer yang dimodifikasi. Dan udara yang dihasil memiliki temperature dari 250c sampai 350cd dengan kecepatan 2-6 m/s. bahan makanan yang dibekukan pun dapat disusun sehingga memiliki ketebalan 2-13cm pada baki atau conveyor belt pada freezer.

Pada beberapa desain tahap pembekuan dibedakan menjadi dua. Tahap pembekuan pertama adalah pembekuan yang cepat untuk menghasilkan lapisan es yang bagus pada permukaan bahan. Pada tahap kedua bahan makanan dapat disusun membentuk lapisan dengan tebal 10-15cm.

Plate Freezing

Plate freezing adalah freezer yang terdiri dari beberapa plat yang berlubang dengan beberapa orientasi vertical dan horizontal. Melalui lubang-lubang tersebut refrigerant dengan temperature kurang dari 400c dipompakan. Penoperasiannya bisa secara partaian, semi kontinu atau kontinu.

Scraped surface Freezer

scraped surface freezer jogja
source: surplusrecord.com

Metode ini digunakan untuk makanan yang berbentuk cairan atau semi cair. Dan juga alat yang memiliki desain yang mirip dengan alat evaporasi dan juga sterilisasi panas. Dalam industry es krim, rotor menggores makanan beku dari dinding dan secara simultan mengalirkan udara kedalam freezer.

Itulah jenis-jenis freezer jogja yang bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan dirumah. Pastikan memilih freezer jogja yang sesuai dengan kapasitas isi yang anda butuhkan. Berbagai pilihan jenis freezer jogja dapat anda temui dan Anda beli dengan mudah jika anda berkunjung ke QHOMEMART.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini