Jangan Salah Pilih Genteng, Inilah Jenis dan Kelebihannya !

Mengenal Genteng Metal, Asbes Dan Genteng Bitumen

Atap merupakan bagian teratas dalam setiap bangunan rumah, oleh karena itu begitu pentingnya untuk memilih jenis bahan genteng seperti apa yang akan digunakan untuk dijadikan atap. Karena setiap bahan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Tentunya kita sebagai pemilik rumah, ingin mempunyai atap yang tahan lama dan memasang genteng terbaik untuk melindungi keluarga dari berbagai kondisi tidak menentu.
Genteng Metal

Pertama mari kita mengenal dulu dengan genteng Metal. Genteng yang terbuat dari bahan logam dengan bentuk lembaran seperti seng ini biasanya lebih ringan, jika dibandingkan dengan genteng beton. Untuk proses pemasangannya pun biasanya relatif cepat karena dimensinya yang lebar. Genteng dengan bahan logam ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi, anti jamur dan anti rayap.
Namun genteng metal ini juga memiliki kelemahan, karena bentuknya yang berupa lembaran seng, dalam proses pemasangan harus sangat rapi karena jika tidak dapat mengurangi keindahan hunian. Selain itu genteng metal juga memiliki sifat konduktor, yang dapat menghantarkan panas dari sinar matahari ke bagian bawah ruangan yang bersuhu rendah sehingga menyebabkan rumah terasa gerah, sumpek dan panas. Ini tentu dapat membuat keluarga menjadi kurang nyaman.

 

Genteng Asbes


Berikutnya kita beralih ke genteng Asbes yang sudah sering kita lihat dan cukup banyak digunakan. Genteng asbes ini terbuat dari enam gabungan mineral silikat alam, terkenal karena harganya yang murah dan cukup mudah dipasang. Serta bobotnya yang cukup ringan, sehingga tidak membutuhkan konstruksi penyangga khusus untuk pemasangannya.
Kelemahan dari genteng asabes ini yaitu, meskipun harganya murah namun genteng asbes ini kurang baik untuk kesehatan.Menurut para ahli kesehatan kini tidak begitu merekomendasikan genteng jenis ini, dikarenakan memiliki serat asbes dalam bentuk partikel mudah terkikis dan beterbangan. Dan jika partikel ini terhirup oleh anggota keluarga dirumah, dapat menyebabkan penyakit kanker. Disamping itu, asbes juga dapat menyerap panas sehingga membuat suasana rumah menjadi gerah. Struktur lembaran asbes yang tipis juga rapuh dan ringkih, rentan pecah atau retak.

Baca Juga  Kenali Genteng Bitumen Dan 7 Kelebihannya Sebelum Membeli

 

 

Genteng Bitumen


Dan yang kini menjadi alternatif dari kedua jenis genteng tersebut yaitu jenis genteng yang mulai dilirik saat ini, yaitu genteng bitumen atau aspal. Genteng jenis ini juga tidak kalah ringan dengan genteng metal atau genteng asbes. Genteng bitumen yang menjadi favorit saat ini adalah Onduvilla atau Onduline yang dapat diaplikasikan pada kemiringan atap 5 derajat. Salah satu keunggulan lainnya yaitu penampilannya yang lebih menarik karena memiliki berbagai pilihan warna sesuai tema rumah, serta tidak menyerap panas sehingga membuat rumah lebih adem.

Terbuat dari bahan material yang fleksibel sehingga dapat di aplikasikan untuk atap lengkung (dome) dan atap rumah gadang. Selain itu genteng Onduvilla tidak mengandung unsur logam oleh sebab itu direkomendasikan untuk kawasan pinggir pantai karena tidak berkarat dan korosi. Keunggulan lainnya yaitu tidak berisik saat hujan sehingga bisa memberikan kenyamanan lebih untuk penghuni rumah.
Nah dengan banyaknya keunggulan yang dimiliki genteng bitumen, tentu saja genteng ini memiliki harga yang relatif lebih mahal, tapi sepadan dengan manfaat yang didapatkan. Salah satu merk yang dapat anda coba adalah Onduvilla, buat kamu yang sedang mencari genteng bitumen merk Onduvilla atau Onduline murah di Jogja, bisa dengan mudah ditemukan di supermarket bahan bangunan BJ Home Jogja dengan harga yang terjangkau.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini