Kenali Genteng Bitumen Dan 7 Kelebihannya Sebelum Membeli

Genteng bitumen? mungkin jenis genteng satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk diguanakan sebagai komponen yang melengkapi kebutuhan di atas rumah. seperti apa jenis dari genteng bitumen sendiri?

banyaknya jenis genteng saat ini dapat membingungkan ketika pertama kali membangun rumah ataupun sedang merenovasi atap dengan mengganti model dan jenis atap yang lebih baru.

dalam desain sebuah rumah, jenis genteng tentu tidak ketinggalan untuk dipikirkan, pasalnya pilihan untuk komponen paling atas rumah butuh perhatian besar. tentu kesulitan paling utama adalah menavigasi yang mana paling benar dari berbagai penawaran dari jenis genteng.

nah, mungkin anda perlu mempertimbangkan jenis genteng satu ini, yakni bitumen. banyak berbagai kelebihan yang dimiliki dari jenis genteng ini untuk diaplikasikan pada hunian.

Apa itu genteng bitumen?

genteng bitumen (atau yang sering disebut atap aspal) sendiri merupakan jenis genteng yang banyak digunakan terlebih untuk berbagai rumah modern. pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904, tepatnya di negara amerika, saat ini peminat dari genteng bitumen meningkat drastis sejak dekade lalu dirilis.

setelahnya, peminat dari jenis genteng ini meningkat hingga sekarang, tak terkecuali untuk pasar indonesia. jenis ini jadi jenis yang direkomendasikan, mengingat bentuk yang menarik untuk dipakai.

Baca Juga  4 Desain Ruangan Minimalis Simpel Yang Mengagumkan

Dilihat dari segi desain

genteng bitumen
besthqwallpapers.com

dilihat dari dekat, jenis genteng ini punya titik – titik kecil pada bagian permukaaannya. bukan tanpa sebab, karena jenis genteng ini terbuat dari campuran aspal, jika dilihat sekilas atupun dipandangan yang dekat, titik – titik kecil seperti aspal akan lebih jelas terlihat.

nah, karena campurannya dari aspal pula menyebabkan jenis ini punya tingkat kekokohan yang tinggi. dari sini juga terlhat bahwa bitumen sangat cocok untuk penggunaan jangka yang panjang.

Bagaimana tingkat Kenyamanan Bitumen?

tingkat kenyamanan bitumen
clipdealer.com

untuk tingkat kenyamanan, beberapa point bisa diambil, contoh jika anda tinggal dilingkungan yang bising, seperti pinggir jalan. bunyi kendaraan yang keras tentu tidak asing untuk keseharian anda.

jika hal tersebut terlalu mengganggu, mengganti dengan menggunakan jenis genteng bitumen bisa jadi pilihan yang tepat untuk hunian anda. lapisan dari jenis ini punya tingkat ketebalan yang baik (sekitar 15 – 20 cm) dengan isolasi termal dibawah lembaran bahan, dengan begini, area atap tentu punya kontribusi yang baik untuk menurunkan tingkat kebisingan dalam rumah (kedap udara).

Apakah cocok untuk jangka panjang?

genteng bitumen untuk jangka panjang
roofingsuperstore,co.uk

mungkin timbul sebuah pertanyaan, apakah jenis ini cocok untuk penggunaan jangka panjang? satu point ini bisa jadi point utama setelah harga yang dimiliki

jawabnanya, atap bitumen cocok untuk digunakan jangka panjang. hal ini mengingat materialnya yang kokoh (terbuat dari aspal) dan punya beban yang ringan. dari beban yang ringan, tentu beban dari atap rumah juga ikut turun. dalam hal ini, tentu kekuatan struktur bangunan dapat lebih optimal karean tidak punya beban yang tidak begitu besar.

Baca Juga  Desain Ruang Rumah Yang Simpel dan Nyaman

Jenis genteng bitumen

jenis atap bitumen (genteng) ini dibagi menjadi beberapa jenis lagi, jadi ketika anda ingin membeli bitumen, pastikan anda sudah mengetahui terlebih dahulu beberepa jenisnya :

– tipe bitumen onduline

– tipe bitumen ondura

– tipe bitumen onduvilla

– tipe bitumen shingles cana

– tipe bitumen shingles cti

– tipe bitumen gaf

– tipe bitumen selulosa

– tipe bitumen bergelombang

Kelebihan dan kekurangan genteng bitumen

Kelebihan dan kekurangan genteng bitumen
pickardroofing.com

dari tadi sudah dijelaskan tentang apa itu genteng bitumen maupun berbagai seluk beluknya untuk mempertimbangkan apakah anda jadi menggunakan jenis genteng ini atau tidak.

untuk lebih memahami genteng berjenis bitumen seperti ini, mungkin anda perlu mengetahui berbagai kelebihan maupun kekurangannya dengan melihat beberapa penjelasan dibawah ini.

Kelebihan genteng bitumen (genteng aspal)

– ringan namun tahan terhadap bantingan

– mampu meredam suara bising

– punya banyak variasi dari segi warna

– bentuk yang kokoh dan cocok untuk jangka panjang

– tahan jamur hingga panas api

– mampu melawan korosi (karat)

– instalasi yang lebih mudah

Kekurangan genteng bitumen

– punya harga sedikit mahal

– tidak semua toko menyediakan jenis genteng ini

Kesimpulan

bentuknya yang dapat mengikuti bangunan didukung dengan tampilan yang menawan, hal ini sangat cocok untuk anda mengaplikasikan tipe genteng ini terlebih untuk bangunan baru yang modern saat ini.

Baca Juga  Desain Kamar Mandi Mewah dengan Budget Murah

hal itu juga didukung dengan penggunanannya yang bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang, sehingga jenis ini jadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan.

itu tadi beberapa penjelasan tentang genteng berjenis bitumen hingga beberapa hal lainnya. semoga bermanfaat ya!

cek juga berbagai bahan bangunan lainnya disini.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini