Ide Kreatif Mengatur Pencahayaan yang Keren untuk Rumah Minimalis

Faktor pencahayaan seringkali diabaikan dalam sebuah desain arsitektur rumah bergaya minimalis. Padahal jika pencahayaan diatur dan dipertimbangkan secara kreatif, justru bisa memberikan kesan yang lebih lega dan hangat untuk rumah minimalis. Pencahayaan yang kreatif tidak hanya memandang sebuah bohlam lampu sebagai sumber penerangan saja. Lebih dari itu, pencahayaan bisa mejadi salah satu desain arsitektur yang membuat interior rumah Anda tampak mewah dan keren, meskipun memiliki gaya yang minimalis.

4 Trik Keren Mengatur Pencahayaan Pada Rumah Minimalis

Sejatinya pencahayaan interior rumah harus memenuhi 3 kriteria utama yakni aksen, ambient dan fungsi. Berikut 4 trik keren yang bisa Anda coba untuk mengatur pencahayaan pada rumah minimalis:

  1. Membuat Sumber Cahaya yang Tersembunyi

Ide ini sebenarnya sudah banyak diterapkan. Namun jika peletakan sumber cahaya tersembunyi tidak tepat, justru akan membuat faktor fungsi dari pencahayaan tersebut dilupakan. Anda bisa manfaatkan cahaya matahari langsung untuk sumber cahaya melalui sebuah tabung surya. Gunakan pipa cahaya yang terhubung ke atas sebagai jalan cahaya matahari masuk ke rumah. Cara ini juga cukup jitu untuk menghemat penggunaan listrik.

  1. Sumber Cahaya Berpola Tak Beraturan

Tak banyak yang bisa mendesain sumber cahaya berpola tak beraturan yang apik. Trik ini bisa Anda buat dengan mengatur pola grid pada beberapa sumber lampu sekaligus. Gunakan pendekatan secara hierarki untuk membentuk efek dramatis pada sebuah ruangan. Pekerjaan ini sangat cocok diterapkan untuk sumber pencahaayaan di ruang tamu yang akan menampilkan kesan mewah.

  1. Membuat Kontras yang Dramatis
Baca Juga  Begini Cara Memilih Model Jendela Sesuai dengan Desain Rumah Anda

Anda juga bisa lebih berani dengan desain pencahayaan yang memiliki kontras. Sebuah teatrikal cahaya redup dan terang berpadu menjadi satu dalam suatu ruangan bisa menciptakan perpaduan emosi yang pas untuk rumah minimalis. Sangat cocok diterapkan pada ruangan di dalam rumah yang memiliki lorong.

  1. Desain Custom yang Romantis

Membuat pencahayaan ala-ala hotel berbintang juga bisa Anda terapkan untuk sebuah rumah minimalis. Perpaduan antara bahan yang tembus cahaya dengan sumber cahaya bisa dapat menciptakan penampilan yang unik dan romantis. Anda juga bisa memanfaatkan panel resin tembus cahaya serta backlighting untuk menghasilkan pencahayaan yang keren. Teknik ini seperti memunculkan cahaya pinggir yang sangat mempesona.

Dari keempat trik pencahayaan keren untuk rumah minimalis di atas, mana yang menurut Anda paling menarik dan cocok untuk rumah Anda? Selamat berkreativitas, semoga bermanfaat.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini