Dekorasi

Ide Pembatas Ruang Tamu Kreatif

Memiliki rumah minimalis tentunya membutuhkan kreativitas untuk memanfaatkan ruangan. Pembatas ruang tamu dapat menjadi salah satu trik untuk membuat area rumah minimalis Anda terkesan luas. Dibandingkan memberi pembatas ruangan dengan menggunakan tembok permanen, Anda bisa menggunakan pembatas ruang tamu yang dapat memberikan kesan luas pada rumah Anda. Yuk lihat berbagai ide pembatas ruang tamu yang kreatif berikut ini!

Pembatas Ruang Tamu dengan Rak

Tentunya rak adalah salah satu benda yang wajib dimiliki untuk menaruh barang-barang milik Anda. Selain fungsinya untuk menaruh benda-benda, Anda juga dapat menggunakannya sebagai pembatas ruang tamu. Pilihlah model rak yang cantik dan bisa digunakan dari depan maupun belakang. Pilih pula desain rak yang cantik dan sesuai dengan konsep yang Anda angkat di rumah minimalis Anda.

Anda bisa menaruh barang-barang seperti buku, pajangan, majalah, atau hiasan lainnya pada rak tersebut. Model rak yang cantik dapat menjadi salah satu elemen dekorasi untuk rumah minimalis Anda. Bagaimana, sudah tahu ingin menggunakan rak seperti apa sebagai pembatas ruangan?

Pembatas dengan Gantungan Vinyl atau Piringan Hitam

pembatas ruang tamu vinyl
source: terracycle

Bagi Anda pecinta seni, Anda bisa memanfaatkan vinyl atau piringan hitam yang tidak terpakai. Jika Anda merasa sayang untuk menggunakannya, Anda juga bisa mencetak gambar seperti piringan hitam di karton dan merangkainya menjadi tirai untuk dijadikan sebagai pembatas ruang tamu. Tampilan rumah Anda jadi terlihat unik dan juga memiliki nilai seni yang tinggi.

Baca Juga  4 Penyekat Ruangan Minimalis Membuat Ilusi Ruang yang Luas

Anda bisa menggabungkannya dengan warna cat dinding yang agak terang agar rumah Anda tidak terlalu terlihat gelap. Pastikan pula pencahayaan dan sinar matahari dengan mudah masuk di ruang tamu Anda agar terlihat terang. Untuk memberikan kesan hangat, pasanglah karpet dengan motif yang cantik atau polos. Tentunya ruang tamu Anda juga dapat menjadi lebih nyaman untuk digunakan.

Pembatas dengan Dekorasi Gantungan Mandala

pembatas ruang tamu
source: livingimpressive.com

Selain menggunakan pembatas ruangan yang terbuat dari vinyl, Anda juga bisa berkreasi untuk membuat pembatas ruang dengan model mandala. Mandala berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya lingkaran. Mandala adalah bentuk pola desain atau simbol yang dibuat untuk merepresentasikan keutuhan secara personal maupun secara kosmologis.

Motif mandala sebenarnya memiliki arti spiritual. Biasanya, desain mandala sangat digemari oleh para penyuka alam semesta. Mandala, khususnya pada bagian pusatnya, dapat dipakai sebagai alat meditasi untuk memusatkan perhatian Anda.

Menggunakan pembatas ruang dengan bentuk mandala juga dapat menambah nilai seni tersendiri bagi rumah minimalis Anda.

Pembatas Ruang Tamu Menggantung

pembatas ruang tamu 4
source: bloomming.com

Jika Anda menyukai pola-pola yang beraturan, Anda bisa menggunakan pembatas ruang tamu dengan pola menggantung seperti ini. Agar ruangan Anda terkesan lebih luas, Anda juga bisa memilih warna putih untuk pembatas ruang Anda. Gunakan pula lantai dengan bahan kayu atau vinyl atau parket untuk memberikan kesan minimalis pada rumah Anda. Selain itu lantai kayu juga dapat memberikan kesan hangat pada ruang tamu Anda.

Baca Juga  6 Design Interior Rumah Minimalis Simpel Yang Aesthetic

Pembatas Ruang dengan Tanaman

pembatas ruang tamu 5
source: Home FabriQ

Memiliki rumah yang asri tentunya sangat menyenangkan. Rumah Anda akan terlihat segar dengan dedaunan dan tumbuhan yang ada di rumah Anda. Tidak hanya dapat Anda letakkan di area sudut ruang, tanaman indoor di rumah Anda juga dapat digunakan sebagai pembatas ruangan.

Anda bisa menggantungkan beberapa papan dengan bolongan berdiameter sesuai dengan pot Anda untuk meletakkan pot-pot tanaman Anda. Susunlah tanaman Anda dengan ketinggian yang berbeda untuk menciptakan pembatas ruang yang unik dan monotone. Anda bisa menggantungkan tanaman secara bertingkat agar lebih terlihat sebagai pembatas ruang tamu di rumah Anda.

Untuk menanam tanaman indoor, jangan lupa kenali jenis dan manfaat tanaman indoor sebelum memilih dan membeli yang cocok dengan kesukaan Anda. Pastikan sirkulasi udara pada ruangan di rumah Anda baik agar rumah Anda tidak terlalu terasa lembab. Selain itu pastikan pula tanaman Anda bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup dengan membuat jendela yang cukup besar agar tanaman Anda tumbuh dengan lebih subur.

Bagaimana, sudahkah Anda memilih tipe seperti apa yang ingin Anda jadikan sebagai pembatas ruangan?

Yuk lengkapi kebutuhan rumahmu dengan berbelanja di Qhomemart. Tersedia berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, furniture, dan lain sebagainya. Dapatkan pula berbagai inspirasi dan tips & trick hanya di blog Qhomemart.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini