Dekorasi

5 Inspirasi Model Pagar Tangga Minimalis

Pagar tangga atau railing tangga sangatlah penting bagi Anda yang tinggal di rumah bertingkat. Model pagar tangga di rumah bermacam-macam. Selain fungsinya sebagai pembatas tangga agar aman, pagar tangga juga dapat menjadi salah satu aksen dekorasi bagi rumah minimalis Anda. berikut beberapa inspirasinya supaya hunian lebih nyaman.

Fungsi Pagar Tangga

model pagar tangga
source: redflagdeals.com

Railing adalah konstruksi besi yang dipadukan menjadi suatu pegangan sekaligus pagar lantai. Pagar tangga juga sering kita dengar dan kita sebut sebagai railing tangga. Fungsi dari railing tangga adalah untuk alat pengaman dan sebagai pegangan dan penyangga saat seseorang sedang naik dan turun tangga.

Ada pula railing balkon yang digunakan untuk alat pengaman agar seseorang tidak terjatuh dari balkon. Keberadaan railing tangga atau pagar tangga sangatlah penting. Bagi Anda yang tinggal di rumah bertingkat, pagar tangga dapat sangat membantu Anda dan keluarga untuk naik dan turun tangga dengan aman. Apalagi jika Anda tinggal bersama anak-anak atau orang lansia.

Standar dari tinggi pagar tangga adalah sekitar 90cm. Pagar tangga dan pegangan tangga yang baik memiliki sudut yang tumpul agar nyaman untuk digenggam dan digunakan.

Baca Juga  Perbedaan Mesin Bor 10mm dan 13mm Yang Wajib Anda Tahu!

Tips Memilih Model Pagar Tangga

model pagar tangga
source: ironwoodusa.com

Setelah mengetahui fungsinya, tentu Anda perlu mengetahui tips bagaimana memilih model pagar tangga yang ideal, aman, dan juga cocok untuk kebutuhan rumah Anda.

Anda perlu memilih bahan material yang relatif kuat dan tahan lama. Anda bisa menggunakan bahan material besi yang kuat dan awet. Selain itu, Anda juga perlu memilih bahan material yang relatif tebal agar pagar tangga untuk pembatas tersebut lebih kokoh dan aman.

Jika Anda memilih untuk menggunakan pagar tangga berbahan kayu, sebaiknya Anda memilih bahan kayu yang relatif kuat seperti kayu jati agar awet, kuat, dan tahan lama. Pastikan Anda menggunakan teknik pemasangan yang benar agar pagar tangga Anda terpasang dengan baik dan kuat.

Inspirasi Model Pagar Tangga Minimalis

Dalam memilih model pagar tangga tentu Anda ingin menggunakan pagar tangga yang memiliki desain cantik dan sesuai dengan tema rumah minimalis yang Anda angkat. Yuk lihat bagaimana aja sih keunikan model pagar tangga minimalis yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk hunian Anda.

Pagar Tangga Kayu

model pagar tangga
source: artisticstairs-us.com

Pagar tangga kayu adalah salah satu model railing tangga yang cukup diminati oleh banyak orang. Penggunaan pagar tangga dengan bahan kayu juga dapat menjadikan tampilan rumah Anda cantik dan cocok untuk digunakan pada rumah minimalis Anda.

Anda bisa memadukannya dengan karpet tangga untuk memberikan kesan hangat pada tangga di rumah Anda.

Baca Juga  Tips Dekorasi Ruang Dengan Warna Pastel

Anda bisa memilih model railing tangga kayu dengan bentuk blok kayu atau persegi, dapat pula memilih model railing tangga kayu yang membulat. Tampilan pagar tangga kayu juga dapat terlihat cantik, bukan?

Perpaduan Pagar Tangga Kayu dengan Kaca

model pagar tangga
source: decoholic

Bagi Anda yang suka dengan desain modern, Anda dapat memilih untuk memadukan kayu pada pagar tangga Anda dengan kaca. Kaca dapat digunakan sebagai pembatas dan pengisi antara pegangan tangga dan batas bawah pagar tangga.

Akan tetapi Anda harus berhati-hati jika Anda ingin menggunakan kaca sebagai pagar tangga karena kaca cukup rentan pecah. Anda perlu memilih bahan kaca yang tebal dan kuat untuk dijadikan sebagai pagar tangga.

Pagar Tangga Besi Minimalis

model pagar tangga
source: dalydigs.com

Salah satu bahan material favorit untuk dijadikan sebagai pagar tangga adalah besi. Selain itu, Anda juga bisa membuat rumah Anda terkesan lebih minimalis dan modern dengan pagar tangga besi.

Anda bisa memilih untuk menggunakan pagar besi. Pagar tangga besi dapat Anda atur pembatasnya dengan susunan besi vertikal maupun horizontal, tergantung dengan selera dan kebutuhan Anda.

Pagar Tangga Kayu dengan Besi Motif Cantik

model pagar tangga
source: houspect.com.au

Perpaduan antara bahan kayu dengan besi adalah salah satu perpaduan yang paling umum dapat ditemukan di pagar minimalis Anda. Anda bisa menggunakan besi yang telah dibentuk sedemikian rupa agar menjadi motif yang cantik untuk dijadikan motif pagar tangga Anda.

Baca Juga  Ciri Pintu Kayu Jati yang Berkualitas Baik

Perpaduan tampilan tersebut dapat menjadi perpaduan yang ciamik untuk tampilan tangga di rumah minimalis Anda.

Pagar Tangga Besi Motif Unik

model pagar tangga
source: decoholic

Tidak hanya menyusun pagar besi dengan motif mendatar atau memanjang, Anda juga bisa menggunakan motif yang unik untuk model pagar tangga minimalis Anda.

Seperti pada gambar di atas, model pagar tangga besi dengan motif menyilang atau memadukan tiang besi untuk menjadi suatu motif juga dapat menjadi pilihan yang cantik lho.

yuk lengkapi kebutuhan rumah Anda dengan berbelanja di Qhomemart, pusat belanja terlengkap. Tersedia berbagai kebutuhan rumah mulai dari lantai, atap, bahan bangunan, furniture, perlengkapan kamar mandi, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini