Jangan Khawatir Perabot Berantakan! Ini Trik Menata Dapur yang Sempit

Semakin banyak perabot memasak yang dimiliki, maka akan memakan ruang yang lebih banyak pula. Hal ini seringkali memberikan kesan berantakan pada dapur, terutama untuk dapur dengan ruangan yang terbatas. Oleh sebab itu, diperlukan beberapa trik dan tips khusus agar dapur yang sempit tetap terlihat rapi meskipun memiliki banyak peralatan memasak. Nah, buat Anda yang memiliki banyak perabot, bisa coba trik menata dapur sempit agar bisa memasak dengan nyaman berikut ini:

4 Trik Menata Perabotan Memasak di Dapur Yang Sempit

  1. Jangan Menyia-nyiakan Dinding Dapur

Dinding dapur merupakan salah satu ruang yang memiliki banyak manfaat sehingga jangan pernah dibiarkan kosong. Anda bisa menggunakan dinding dapur yang tidak terpakai sebagai rak untuk menata peralatan makan seperti gelas maupun piring. Selain itu, dinding juga bisa digunakan untuk meletakkan peralatan masak yang dapat digantung agar terlihat lebih rapi dan tidak menguras tempat. Rak piring sebaiknya diletakkan di atas wastafel agar lebih mudah dijangkau saat mencuci dan aliran air cuciannya pun tida bercecer.

  1. Gunakan Lemari Dapur Bersusun

Untuk menyimpan makanan maupun bahan-bahan dapur sebaiknya menggunakan lemari yang bersusun yang menyerupai rak. Lemari bersusun akan memuat lebih banyak barang serta tidak memakan tempat yang luas. Jika masih ada ruangan di dalam lemari, manfaatkan pintunya sebagai tempat menyimpan minuman maupun bumbu dapur dengan menempelkan rak kecil.

  1. Gunakan Rak Susun Vertikal
Baca Juga  Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Maksimal

Selain lemari yang berbentuk susun, memasang rak susun vertikal pada dinding dapur juga akan menghemat penggunaan ruangan dapur. Rak vertikal ini sebaiknya dibuat dalam keadaan terbuka atau ditutup dengan menggunakan material kaca agar memberikan kesan yang luas pada dapur sempit Anda.

  1. Manfaatkan Ruang Kosong di Bawah Wastafel

Seperti yang kita tahu, wastafel hanya memakan tempat pada bagian atas untuk memcuci piring. Sedangkan bagian bawahnya merupakan ruangan kosong yang hanya ditempati paralon kecil untuk mengalirkan airnya. Nah, ruang kososng di bawah wastafel ini juga bisa dijadikan tempat penyimpanan peralatan untuk membersihkan dapur maupun untuk meletakkan bak sampah.

Selain 4 tips di atas, penyusunan barang yang rapi juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk membuat dapur sempit Anda tetap nyaman. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam memanfaatkan ruang yang sempit agar terasa lebih lega.


Comments

comments

One thought on “Jangan Khawatir Perabot Berantakan! Ini Trik Menata Dapur yang Sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini