8 Jenis AC Untuk Rumahmu, Pilih Yang Terbaik!

Ketika membeli, sangat jarang customer tahu bagaimana jenis ac yang ada dipasaran, bahkan pelanggan hanya menginginkan alat yang dapat mendinginkan ruangan dan kasus sampai disitu. padahal, tiap ac dibedakan menjadi beberapa jenis yang mana bertujuan untuk penggunaan yang bisa disesuaikan dengan keadaan ruangan. jadi, penting untuk anda tahu itu, simak penjelasannya dibawah ini.

Split Wall

jenis ac
via: frebie photo

yang pertama ada split wall, sebenarnya ini jenis ac yang paling umum digunakan. jenis split wall merujuk pada jenis ac yang yang terdapat dua bagian, satu bagian yakni untuk mengeluarkan hawa dingin “khusus” penggunaan di dalam ruangan.

sementara itu, ada bagian diletakkan di luar ruangan, bagian ini berfungsi untuk menyalurkan hawa panas dari bagian dalam tadi ke luar ruangan. biasanya, yang bagian ini akan mengeluarkan suara sedikit bising.

untuk sebab itu, sebisa mungkin letakkan di area luar yang sedikit menjauh dari tempat yang biasa dilalui. split wall memiliki daya listrik kurang lebih sebesar 800 watt.

Standing Floor

standing floor ac
via: made in china

sesuai namanya, jenis ac ini memiliki bentuk secara vertikal (berdiri) yang dapat dipindahkan kemana sesuai kemauan anda, yang penting terdapat akses stop kontak.

pada bagian paling bawah ditempati sistem pendingin serta cara mengeluarkan panas yakni melewati ventilasi pada area dinding terluar.

Baca Juga  Macam Macam Kulkas Terbaik Tipe 1 Pintu dan 2 Pintu

standing floor sangat cocok untuk anda yang memerlukan sistem ac sementara atau pemakaiannya dapat fleksibel untuk berbagai tempat, seperti pada pesta indoor, acara maupun lain lain.

Casette

casette ac
via: sensible air solutions

kalau anda pernah melihat jenis ac yang menempel pada langit langit rumah, itu yang dinamakan ac berjenis casette.

kalau dinding rumah sudah banyak barang barang seperti lukisan maupun lemari, memakai tipe casette tentu saja bisa jadi solusi supaya tidak memakan space.

karena ada diatas, pemasangannya memerlukan ketelitian untuk memastikan itu terpasang dan berfungsi dengan baik, selain itu ketelitian diperlukan supaya ac tidak jatuh kebawah.

Central

central ac
via: the green guide

jenis ac ini merujuk pada jenis pengoperasian ac yang mendinginkan lewat pemakaian bagian cooling plant yang alatnya ada diluar ruangan. udara dari luar didinginkan disini, baru setelah udara dingin tercapai, kemudian di transfer lah menuju ke bagian dalam ruangan (indoor).

hal ini dapat menciptakan ruangan lebih sejuk dan teratur dalam waktu singkat.

biasanya, penggunaan ac tipe central dipakai pada rumah dengan banyak ruangan sekaligus ataupun bangunan – bangunan dengan area indoor yang luas. macam hall center, gedung pertemuan, hotel hingga mall – mall sejenisnya.

Inverter

AC inverter

Ac inverter merujuk jenis ac yang dapat menyesuaikan suhu didalam ruangan, teknologi yang dipakai dapat membuat suhu yang naik kembali stabil secara otomatis. proses ini akan berulang selama ac sedang dioperasikan, jadi anda tidak perlu mengatur secara manual.

Baca Juga  4 Dekorasi Ruang Terbaik Untuk Hunian Anda Beserta Tipsnya

teknologi ini juga dapat menghemat konsumsi listrik, karena beban kerja kompresor yang lebih ringan dan tentunya tidak melalui proses on-off.

nah, berminat dengan ac inverter? untuk tahu lebih banyak jenis ac ini, kami telah membahasnya secara lengkap pada artikel “Perbedaan AC Inverter dan Rekomendasi Merk AC Inverter”

Smart AC

smart ac
via: pocket lint

jenis ac ini merujuk sistem pendinginan ac sudah memakai teknologi IoT (internet of things), dengan terhubung ke jaringan Wi-fi serta memakai aplikasi smartphone untuk mengkontrolnya.

ada banyak sekali fitur didalamnya, seperti geofencing, mode nyaman khusus (diatur terlebih dahulu), kontrol suhu dan masih banyak lagi, beberapa produsen memiliki fitur yang sedikit berbeda.

bisa dibilang, jenis ac ini bekerja layaknya termostat yang bisa diprogram, memanfaatkan teknologi ini dapat membantu anda mencapai kenyaman suhu ruangan serta dari sisi penghematan energi.

Window AC

window ac
via: dreamtree.us

sedikit berbeda dengan jenis ac lain, window ac hanya memiliki satu unit utama untuk pengoperasian. seperti namanya, window ac digunakan dan dipasang pada jendela ataupun dengan membuat lubang pada area dinding.

pendingin semacam ini memiliki filter yang bisa digeser, sehingga dapat dibersihkan secara teratur untuk dapat mengefisiensi secara penuh. juga, proses pemasangan yang lebih simpel daripada yang jenis lain membuatnya pernah jaya pada masanya.

window ac memiliki kontrol pada unitnya dan tidak menggunakan remote, namun produksinya telah dihentikan karena dianggap tidak praktis serta sudah ketinggalan jaman.

Baca Juga  Cara Membuat Terrarium dengan Mudah

VRV

VRV kepanjangan dari variable refrigerant volume , merujuk pada jenis ac dengan sistem kerja mengatur jumlah refrigerant dalam suatu jalur pipa itu sendiri, dari sini efisiensi serta sisi fleksibilitasnya bisa didapatkan.

jenis ac ini sendiri bisa dibilang kombinasi dari sistem kombinasi outdoor yang mana sudah mencangkup beberapa indoor (multi indoor), sesuai dengan kebutuhan maupun desain sistem pada macam macam kasus.

dari segi perawatan, jenis ini terbilang lebih mudah karena pemakaian teknologi teknologi yang mutakhir dan fitur fitur otomatis, hal ini nantinya dapat membantu teknisi untuk membaca error code yang diberikan alat. VRV sendiri sudah banyak diaplikasikan pada banyak ragam mesin ac di indonesia.

belanja berbagai jenis ac hanya di qhomemart, kami memiliki garansi dan jaminan barang original. segera transaksi atau tanya dahulu GRATIS dengan klik link whatsapp dibawah.


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini