Kenali 4 Jenis Baja Ringan Untuk Rumah

mengetahui jenis baja ringan sangat lah penting, terlebih bagi anda yang ingin memakai material satu ini. mulai dari apa itu baja ringan, tipe, karakteristik tentu penting supaya memilih baja ringan yang tepat untuk bangunan.

proses pembangunan tentu juga tidak luput dari desain yang menarik. jika jaman dahulu, pembangunan rumah maupun beberapa tipe bangunan lain sering kali menggunakan bahan kayu pada bagian atap, kini terdapat terobosan baru dari kemajuan teknik pembangunan. ya, itu adalah baja ringan. namun, apa itu baja ringan? ketahui lebih lanjut pada penjelasan dibawah ini

Mengenal baja ringan

seperti namanya, baja ringan merupakan jenis material bangunan yang kerap kali digunakan pembangunan tentu dengan bobot yang “lebih “ringan, penggunaannya sering kali digunakan untuk bagian atap. baja ringan sendiri dibuat dari campuran bahan alumunium serta seng, yang memang sudah banyak pula produsen yang memproduksi jenis material ini.

nah, sebelum mengetahui jenis – jenis baja ringan, anda perlu tahu bahwa baja ringan dapat pula digunakan untuk 2 bagian, yakni untuk bagian atap bangunan serta pada bagian konstruksi.

Bisakah baja ringan untuk konstruksi?

konstruksi baja ringan
via archdaily.com

sering kali, ketika mendengar baja ringan, penggunaannya lebih ditujuakan untuk atap. padahal, ngga cuma itu lho homeowners! selain atap, baja ringan dapat pula digunakan untuk penggunaan pada konstruksi rumah. adanya konstruksi baja ringan dapat digunakan sebagai alternatif pengganti konstruk kayu maupun beton cor seperti pada umumnya.

Baca Juga  Pusat Baja Ringan Jogja Terlengkap di QHomemart

kelebihan konstruksi memakai baja ringan

konstruksi ber jenis baja ringan tidak kalah dengan tipe konstruksi lain, beberapa kelebihannya yakni :

  • tipe konstruksi yang tahan gempa
  • lebih cepat dari segi pembangunan
  • tipe kosntruksi yang ramah lingkungan
  • waktu pemasangan yang lebih cepat dibanding jenis konstruksi lain

Atap baja ringan

pemilihan atap rumah harusnya diperhatikan dengan benar. banyak sekali jenis atap untuk rumah yang dapat diaplikasikan, seperti salah satunya atap baja ringan. bagaimana dengan karakteristik dari atap ini? layakkah dipakai untuk rumah? apakah awet? pertanyaan berikut akan dijawab pada penjelasan dibawah

jenis atap rumah sendiri sangatlah beragam, jika anda bisa memilih baja ringan salah satunya. ternyata, baja ringan bukan hanya satu saja lho, homeowners! terdapat beberapa jenis baja ringan yang perlu diketahui, tentu supaya memilih mana jenis paling tepat untuk kebutuhan rumah atau bangunan yang anda bangun. penjelasan berikut dapat anda ketahui dari jenis-jenis baja ringan.

Jenis-jenis baja ringan

nah, ternyata jenis baja ringan terdapat beberapa macam lho homeowners, jadi bukan hanya satu kesatuan baja ringan saja. adapun, berikut beberapa jenis yang wajib anda tahu :

jenis profil c

jenis baja ringan profile c
via alibaba.com

tipe ini sering kali anda temui di pasaran. hal ini karena, tipe baja ringan profil c merupakan tipe yang sering kali dipakai banyak orang. jika menilik dari segi ukuran, tipe profil c yagn dipergunakan pada rangka atap yakni ukuran 75 x 35 mm, 85 x 45 mm hingga 55 x 25 mm. perlu diingat bahwa, tiap produsen biasanya punya masing – masing ukurannya sendiri-sendiri, walaupun mungkin punya ukuran yang tidak terpaut jauh atau kelebihan yang besar.

Baca Juga  Memilih Bahan Pipa Paralon Yang Tepat Sesuai Pengaplikasian Anda

jenis taso

via harga.web.id

baja ringan taso adalah merek dari PT tatalogam lestari yang sudah ada dari tahun 1994. tipe ini adalah baja ringan dengan terknologi baru yang menereapkan konstruksi baja yang kuat namun dengan bobot ringan. jenis baja ringan ini terbuat dari galvalum, yang mana terdapat bahan karbon, alumunium serta tambahan zinc pada pengaplikasiannya.

jenis reng

via agentosocimanggis

sama seperti profil c, tipe baja ringan reng juga sering kali ditemukan ketika anda mencari baja ringan dipasaran maupun beberapa toko bangunan sekitar anda. jenis baja ringan reng memiliki ciri dilihat dari bentuk fisiknya, yakni punya bentuk yang mirip segitiga. dilihat dari ukuran, biasanya yang dipergunkan adalah ukuran 35×45 mm serta 45x55mm. untuk ketebalan sendiri terlalu terdapat beberapa ukuran seperti 0,6 mm, 0,7 mm hingga 1 mm.

jenis kaso

via shopee

baja ringan jenis taso merupakan tipe ke 4 yang kita bahas. jenis ini sering kali digunakan pada konstruksi bagian terutama pada tiang utamanya. tipe baja ringan ini memiliki daya tahan untuk penggunaan hingga beberapa puluh taun. ciri yang dimiliki dari tipe ini adalah memiliki dua jenis profil yakni profil W dan C, yang membedakan adalah dari ukuran, W cenderung lebih besar.

wah, menarik ya? semoga bermanfaat!

cek juga harga baja ringan lainnya DISINI , konsultasikan secara gratis dengan klik link tautan whatsapp dibawah.

Baca Juga  Wow! Inilah 6 Model Kanopi Baja Ringan Pilihan
Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini