7 Jenis Engsel Pintu Yang Bagus dan Kuat

banyak orang mungkin terkejut ketika mengetahui bahwa ada banyak jenis engsel pintu (hinge) tersedia dipasaran. mungkin anda hanya mengetahui bahwa engsel dimana – mana sama saja (hanya satu jenis, tidak ada yang lain), tetapi sebenarnya ada banyak jenis yang tersedia, dan penting untuk anda mengetahui masing – masing supaya memilih jenis yang tepat. artikel ini akan membantu anda lewat penjelasan – penjelasan dari berbagai jenis engsel, simak sampai habis ya!

sebuah rumah tentu saja memiliki pintu. selain segi desain pintu itu sendiri, yang perlu diperhatikan dan tidak boleh luput tentu saja dari sisi pemakaian jenis engsel. anda perlu merencanakan ini sebaik mungkin, supaya tidak salah pilih.

beda jenis maka beda juga bagaimana sistem kerja, artinya hal expericence yang ditawarkan, tingkat keawetan, hingga kecocokan untuk ruangan anda mungkin saja saling berkaitan.

Engsel Gudang

jenis engsel pintu
via: heavy-duty.org

yang pertama ialah model gudang, karakteristik utamanya ialah bentuk segitiga dengan beberapa jumlah lubang. model ini dapat memudahkan pengguna karena mekansime yang dibuka dengan model pintu lipat.

seperti namanya, pemakaian engsel memang dikhususkan untuk gudang ataupun garasi.

untuk area garasi ataupun gudang, tentu ini memudahkan pemilik bangunan mengingat area ini akan sangat banyak barang – barang maupun menaruh kendaraan berukuran besar seperti mobil.

Baca Juga  Langkah Mudah Cara Memperbaiki Kipas Angin

Engsel Kupu – Kupu

pemakaian model engsel kupu diperuntukkan untuk pintu – pintu yang beratnya masih tergolong ringan. ini mungkin tidak begitu cocok untuk jenis pintu kayu jati, mengingat berat daripada pintu lain,

jenis engsel pintu kupu menyerupai bentuk layaknya sayap kupu – kupu. adanya tabung silinder serta besi pipih pada kedua sisinya. kemudian pada bagian samping, terdapat lubang – lubang kecil untuk mengencangkan pada pintu itu sendiri.

Engsel Sendok

engsel sendok
via: pinterest

jenis engsel pintu ini merujuk pada bentuk salah satu ujung yang mirip dengan penampung yang ada pada sendok.

ada dua jenis dari engsel ini, yakni model lurus dan model engsel bengkok. dua jenis ini memang diperuntukkan untuk kebutuhan yang berbeda. untuk model engsel lurus, dipakai untuk pintu bagian luar. sedangkan engsel bengkok lebih dipakai untuk pintu bagian dalam.

Engsel Panel

jika dilihat sekilas, jenis engsel pintu memang mirip dengan model kupu – kupu. yang membedakan itu dari segi beratnya, hal ini juga sekaligus membuat ketahanan engsel yang lebih kokoh dan dan kuat dibanding dari engsel kupu – kupu itu sendiri.

karena lebih kokoh, tentu akan sangat baik bukan untuk pemakaian jangka panjang? setidaknya untuk 5 tahun kedepan tentu anda tidak perlu khawatir.

selain untuk pintu kayu, engsel panel banyak pula dipakai untuk penopang jendela.

Baca Juga  7 Trik Menata Dapur Cantik Sederhana di Kampung

Engsel Piano

engsel piano
via: indiamart.com

jenis engsel pintu piano memiliki bentuk yang panjang daripada engsel lain. juga, sisi lebarnya dapat memungkinkan untuk mengeratkan banyak pintu sekaligus, tentu saja hal ini dapat memberikan pengematan yang lumayan ketika anda merencanakan renovasi rumah.

bahkan kabarnya juga engsel ini memang dahulu dipakai pada piano, namun seiring perkembangannya kemudian dipakai juga pada jendela ataupun lemari.

Engsel Patrom

engsel patrom, atau sering juga disebut dengan engsel cabut memiliki bobot yang cenderung lebih ringan. juga dari sisi elemen pintu satu ini berbentuk seperti huruf H.

pemakaian patrom banyak diaplikasikan pada banyak jenis pintu ataupun jendela. juga, dibekali debgab banyak ukuran engsel yang bervariasi, membuatnya lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan

untuk ukurannya sendiri mulai dari 80 x 50 mm.

Engsel Bubut

pemakaian jenis engsel pintu bubut banyak dipakai pada pintu pintu jaman dulu. bentuknya berupa tabung dengan bagian ujung yang mengecil. adanya lubang ditengah, dibuat sebagai dudukan antara pintu dengan kusen.

rancangan ini dipakai supaya besi engsel dapat memutar, sehingga pintu dapat lebih lancar ketika dibuka maupun ditutup. pemakaian model engsel bubut kerap kali dipakai untuk jenis – jenis pintu berukuran berat, seperti kayu yang dibuat dari jati.

cek juga harga engsel pintu lainnya DISINI


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini