Jenis-jenis Oven untuk Dapur Anda

Oven adalah alat masak yang penting terutama bagi Anda yang suka membuat kue, bolu, maupun memanggang aneka makanan di rumah.

Oven Konvensional

Oven ini didesain menyatu dengan satu set kompor yang memiliki tungku di atasnya. Oven ini lebih umum ditemui di rumah tangga kelas menengah ke atas. Jenis ini biasanya menggunakan tenaga listrik dan juga tenaga gas. Tenaga listrik biasanya dipakai untuk pekerjaan oven yang lebih bersifat otomatis, misalnya untuk pengaturan suhu yang ingin dipakai dan juga untuk pemantik api di bagian atas dan bawah oven.

jenis oven
source: shutterstock

Oven Gas

Oven gas adalah oven yang banyak sekali digunakan. Sumber energi utama pada oven ini adalah energi gas yang dapat menghasilkan api. Umumnya ukuran oven gas lebih besar jika dibandingkan dengan oven biasa. Ada oven gas yang menyatu dengan kompor, ada pula oven gas yang terpisah dari kompor.

Oven gas yang terpisah dari kompor memiliki berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil untuk digunakan keluarga maupun oven gas berukuran besar yang cocok untuk digunakan dalam skala industri makanan.

Oven Tangkring

Oven tangkring adalah jenis oven yang terpisah dari kompor namun digunakannya dengan cara ditaruh di atas kompor, atau bisa disebut ‘nangkring’ di atas kompor. Oven tangkring adalah jenis oven dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga  Nampak Klasik Namun Elegan, 7 Kitchen Set Kayu Untuk Gaya Modern Pada Dapurmu

Oven ini mudah untuk dipindahkan dan disimpan di tempat yang tersedia. Oven ini memiliki kelebihan yaitu cepat panas, apalagi dibandingkan dengan oven listrik. Oven ini cocok untuk pemula karena terjangkau dan juga praktis. Akan tetapi, kelemahan dari oven ini adalah oven ini tidak memiliki penunjuk suhu di dalam oven. Anda perlu mengira-ngira sendiri suhu oven atau menggunakan termometer khusus untuk mengukur suhu oven.

Oven Listrik

Oven listrik adalah oven yang menggunakan energi listrik sebagai sumber panasnya. Oven listrik adalah oven yang praktis dan serbaguna. Anda tinggal menyambungkan oven ke sumber listrik untuk mendapatkan energi panas untuk memanggang. Setelah itu Anda bisa memasukkan apa yang ingin Anda panggang. Saat ini dari jenis oven listrik sendiri sudah banyak variasinya. Mulai dari ukuran hingga oven listrik yang merangkap microwave.

Saat membeli oven listrik, pastikan pula berapa watt yang dibutuhkan oven ini untuk bekerja. Jika Anda menggunakan oven listrik dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu memperhatikan penggunaan listrik karena bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak.

Oven Toaster

Oven toaster memiliki bentuk yang mirip dengan oven biasa. Akan tetapi, oven toaster memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan oven biasa. Penggunaan oven toaster biasanya untuk memanggang roti, muffin, waffle, kue, dan juga memanggang makanan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Baca Juga  10 Desain Meja Rapat Untuk Kantor/Startup Modern

Oven toaster dapat digunakan dengan menggunakan energi listrik. Toaster biasanya dilengkapi dengan tombol pengatur suhu dan waktu yang dapat memudahkan Anda untuk menyalakan timer saat memasak. Cara penggunaan oven toaster cukup mudah. Anda cukup memasukkan makanan yang ingin Anda masak atau panggang ke dalam oven toaster tersebut.

Bagaimana, sudahkah Anda memilih jenis oven yang tepat untuk dapur di rumah Anda?

Yuk belanja kebutuhan oven Anda hanya di Qhomemart. Tersedia pula berbagai kebutuhan rumah mulai dari lantai, atap, bahan bangunan, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini