Jenis-jenis Talenan dan Tips Merawatnya

Talenan adalah salah satu alat masak yang sangat penting, terutama jika Anda suka memasak. Talenan adalah alas untuk memotong bahan makanan mulai dari sayuran, buah, daging, hingga mengiris bumbu-bumbu.

Jenis-jenis Talenan

Material talenan yang cocok untuk digunakan sebaiknya memiliki tekstur yang lembut, tidak kasar, mudah dibersihkan, namun tidak rapuh pada saat digunakan untuk memotong, mencincang, dan memilah bahan makanan Anda. Setiap material talenan yang tersedia di pasaran memiliki keunggulannya masing-masing. Yuk lihat beberapa jenis talenan sesuai dengan bahan materialnya.

Talenan Bambu

talenan bambu

Untuk Anda yang suka akan segala sesuatu yang ramah lingkungan, Anda dapat memilih talenan dari bambu. Material bambu memiliki banyak kelebihan yang dapat Anda andalkan, seperti dilengkapi dengan anti bakteri alami dan anti retak, sehingga dapat digunakan untuk penggunaan di dapur dan meja makan.

Talenan Plastik

talenan plastik

Talenan plastik juga banyak diminati oleh masyarakat. Bobotnya yang ringan dan harganya terjangkau membuat jenis talenan ini cukup banyak peminatnya. Talenan plastik juga memiliki pilihan warna yang beragam yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera warna Anda. Jika Anda ingin, Anda juga bisa memiliki beberapa warna talenan dan menggunakan talenan tersebut sesuai dengan warna. Sebagai contoh, warna putih untuk buah, merah untuk daging, hijau untuk sayuran, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Desain Rumah Minimalis Modern Terbaru

Namun dalam memilih talenan plastik, Anda pun perlu memilih dengan teliti. Gunakan talenan yang bebas bahan BPA sehingga tidak beracun saat Anda akan menggunakan talenan tersebut untuk memotong bahan makanan.

Talenan Kayu

talenan kayu

Talenan dengan bahan kayu cukup banyak diminati. Talenan berbahan kayu memiliki bobot yang cukup berat sehingga terkesan kokoh dan kuat. Selain itu talenan kayu memiliki keunggulan yaitu tidak mudah membuat pisau tumpul. Talenan kayu meskipun tergores dapat bisa menutup dengan sendirinya. Hal ini menjadi salah satu yang membuat pencinta masak suka dengan talenan berbahan kayu.

Namun tidak semua kayu cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuat talenan. Jenis kayu yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan pembuat talenan kayu adalah kayu jati. Kayu jati memiliki karakteristik kayu yang keras dan memiliki pori-pori yang kecil sehingga cocok untuk dijadikan sebagai talenan.

Talenan Silikon

talenan silikon

Talenan silikon adalah talenan modern yang mirip dengan talenan rubber atau karet. Talenan ini anti slip dan dapat melindungi mata pisau dengan baik sehingga pisau tidak mudah tumpul. Talenan ini pun mudah dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring biasa. Berbeda dengan talenan berbahan rubber, talenan dengan bahan silikon tidak berbau karet dan tahan terhadap panas. Hal ini membuat talenan ini lebih disukai daripada berbahan rubber.

Tips Merawat Talenan

Untuk merawat talenan terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Agar buah dan sayur tidak terkontaminasi oleh bakteri dari daging mentah baik itu daging ayam, ikan, maupun sapi, sebaiknya Anda memiliki beberapa talenan yang berbeda. Anda bisa menandai talenan sesuai dengan warna maupun diberi label atau menggunakan jenis talenan yang berbeda untuk memotong sayur dan memotong daging-dagingan.

Baca Juga  4 Tips Penting Untuk Memilih Cat Yang Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim

Khusus untuk talenan kayu, sebaiknya tidak dicuci dengan mesin pencuci piring. Setelah mencuci talenan, pastikan Anda menaruh talenan dalam keadaan berdiri sehingga air tidak menggenang di talenan dan membuat talenan dapat lebih mudah kering.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini