Contoh Jenis Jenis Tata Ruang Kantor Ideal dan Terbaik

Jenis jenis tata ruang kantor berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Berikut 4 jenis yang dapat anda pilih untuk ruang anda.

Menentukan jenis tata ruang kantor sangat berpengaruh terhadap performa produktivitas atau kinerja antar karyawan dan divisi.

Misalnya tata ruang didesain sedemikian rupa agar koordinasi lebih mudah atau desain tertentu yang bertujuan untuk peningkatan kinerja seluruh karyawan.

Untuk itu, artikel ini memberikan 4 jenis jenis tata ruang kantor yang dapat diaplikasikan untuk ruangan anda.

Landscape Office

model landscape office
Foto: Pinterest

Jenis jenis tata ruang yang pertama kita bahas ialah landscape office. Penggunaan layout ini berfokus pada desain interior yang unik. Tata ruang akan dibalut dengan penempatan tanaman, karya seni serta permainan cahaya alami.

Dengan model lanscape, ruangan kerja akan lebih menarik dan tidak membosankan. Tampilan seperti ini dapat menciptakan suasana kondusif, menciptakan komunikasi, kolaborasi yang baik antar karyawan.

Hybrid Office (Gabungan)

desain hybrid office
Foto: gbdmagazine.com

Hybrid office memiliki ciri dengan layout kantor semi terbuka. Bisa dibilang, ini adalah konsep dengan gabungan beberapa jenis tata ruang dalam satu tempat.

Misalnya, hybrid office dapat memiliki ruangan dengan ruang kerja model bilik hingga ruang berkonsep open office dalam satu tempat.

Model ini memberikan tampilan menarik pada interior. Selain itu, penggunaanya lebih fleksibel dan tidak membutuhkan banyak ruangan yang bisa diatur mana yang membutuhkan ketenangan dan mana yang membutuhkan kolaborasi lebih.

Baca Juga  Promo Kulkas Jogja 2023 Hanya di QHomeMart, Beli Sekarang!

Cubicle Office (Bilik)

model cublicle office atau bilik
Foto: officefurnitureez.com

Cubicle office jenis jenis tata ruang kantor dibuat dan dipisah memakai bilik-bilik disepanjang ruangan. Umumnya model cubicle ada pada kantor formal. Tipe ini membutuhkan ruangan yang luas karena bilik bilik yang ada tadi.

Keuntungan dari model ini ialah sisi privasi karyawan lebih terjaga. Terlebih untuk pekerja yang membutuhkan konsentrasi, model ini tentu menunjang kinerja karyawan.

CoWorking Space

contoh model coworking space
Foto: Pinterest

Jenis jenis tata ruang kantor selanjutnya ialah model coworking space. Coworking space lebih banyak disediakan pihak ketiga dimana perusahaan menyewa tempat pada coworking space tersebut.

Dengan begitu, Kantor atau perusahaan tidak perlu pusing memikirkan tempat. Coworking space memiliki fasilitas seperti meeting room, printer, mesin kopi yang menunjang kinerja.

Kini model ini sudah banyak menjamur di banyak kota di indonesia. Penerapannya kini banyak dijadikan sebagai model bisnis baru yang mirip dengan cafe namun menawarkan sesuati yang lebih produktif.

Open Office

Jenis jenis tata ruang kantor
Foto: loftwall.com

Open office seperti namanya, merupakan model tata ruang yang terbuka dan terhubung satu sama lain antar divisi. Sudah banyak agency, kantor hingga perusahaan skala besar yang menerapkan model satu ini.

Dalam open office, tidak ada dinding pemisah yang menghalangi. Meja memanjang lebih mendominasi dibanding model yang dijejer satu-persatu.

Jenis jenis tata ruang kantor open office memungkinkan komunikasi yang intens terlebih untuk antar divisi. Dengan konsep terbuka tanpa dinding penghalang, komunikasi terjalin lebih lancar. Open office juga meningkatkan kerjasama dan koordinasi sehingga keputusan yang melibatkan banyak orang dapat tercipta lebih cepat dan terukur.

Baca Juga  Pusat Toko Aksesoris Rumah di Jogja "QHOMEMART"

Membutuhkan furniture dan perkakas kantor? Supermarket bangunan qhomemart menghadirkan produk-produknya untuk anda.

5/5 - (12 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Konsultasi Gratis Disini