Jenis Kain Sofa yang Nyaman, Kelebihan dan Kekurangan Kain Sofa

Ruang tamu yang ideal dan nyaman tentunya memerlukan keberadaan sofa. Bahan kain sofa yang tepat pun dapat berpengaruh terhadap kenyamanan sofa. Tentunya setiap orang memiliki selera dalam menentukan kain sofa apa yang cocok untuk digunakan.

Mengenal Karakteristik Jenis Kain Sofa

Sebelum memilih kain sofa yang cocok, yuk kenali karakteristik tiap jenis kain yang biasa digunakan untuk sofa.

Kain Katun

kain sofa
source: theslipcovercompany.com

Kain katun adalah jenis kain yang cukup populer untuk dijadikan sebagai bahan pelapis atau cover sofa. Bahan kain tekstil ini memiliki karakteristik bahan lembut dan tidak panas. Harga kain katun cukup terjangkau. Oleh karena itu kain katun banyak digunakan untuk bahan pelapis sofa. Akan tetapi kain katun memiliki kekurangan yaitu bahannya mudah sobek, mudah menyerap air, dan warna pada kain pun relatif cepat pudar.

Kain Polyester

Kain polyester pun salah satu kain yang digunakan sebagai pelapis sofa. Kain ini banyak digunakan karena awet, tidak mudah kusut, dan tidak mudah sobek. Bahan kain polyester memiliki banyak pilihan warna dan juga motif. Umumnya polyester yang sering digunakan adalah polyester yang dicampur dengan bahan rayon ataupun wool.

Baca Juga  Menilik kelebihan Kursi Kasur Serta Harga Terbarunya [Update 2021]

Kain Rayon (Viscose)

Kain rayon adalah kain yang dibuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Bahan rayon memiliki permukaan halus, lembut, dan kuat. Terkadang kain rayon dijadikan sebagai pengganti kain sutra karena harganya yang relatif lebih murah. Akan tetapi kelemahan kain rayon adalah bahannya mudah terbakar dan rentan terhadap air.

Kain Nilon

Kain nilon adalah jenis kain yang memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Kain nilon dianggap cocok sebagai bahan pelapis sofa karena tidak mudah mengelupas dan warna pada kain pun tidak mudah pudar. Kain nilon pun memiliki karakteristik elastis, tidak mudah sobek, tahan terhadap air, tahan terhadap jamur, ringan, dan mudah untuk dicuci. Akan tetapi, kelemahan kain nilon adalah bahan ini mudah mengerut jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

Kain Linen

kain sofa
source: cloudfront.net

Kain linen adalah kain yang dibuat dari serat alami tumbuhan rami yang memiliki tekstur yang halus dan terlihat agak berkilau. Kain linen memiliki karakteristik yang kuat, tidak mudah sobek, tidak mudah pudar, dan juga lembut. Kain linen yang terbuat dari serat alami ini dikenal sulit menyerap tinta sehingga umumnya kain tersebut tidak memiliki motif. Akan tetapi, bahan linen relatif mudah kotor dan dapat mengerut.

Kain Oscar

Kain Oscar adalah jenis bahan sintetis yang memiliki tampilan menyerupai bahan kulit. Bahan oscar relatif lebih mudah untuk dibersihkan jika terkena noda dari tumpahan kotoran. Anda dapat mengelap kain tersebut dengan lap basah untuk menghilangkan kotorannya.

Baca Juga  4 Tips Penting Untuk Memilih Cat Yang Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim

Akan tetapi, kain Oscar terbilang tidak terlalu nyaman untuk digunakan. Kain ini tidak memiliki pori-pori sehingga dapat membuat Anda merasa panas jika duduk lama di atas sofa berbahan Oscar.

Kain Chenille

Kain Chenille adalah kain sofa yang memiliki tampilan seperti bahan rajutan. Kain ini umumnya dapat Anda temukan pada sofa yang memiliki gaya klasik maupun sofa vintage. Kain chenille dikenal memiliki karakteristik bahan yang sangat kuat dan tidak mudah sobek. Akan tetapi, jenis kain ini cukup sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati jangan sampai Anda menodai sofa dengan bahan chenille.

Kain Akrilik

Bahan lain yang cukup sering untuk dijadikan sebagai kain sofa adalah kain akrilik. Kain akrilik memiliki tekstur yang halus. Kain akrilik cukup mudah kering dan kuat terhadap berbagai cuaca sehingga dapat digunakan sebagai pelapis sofa di teras.

Kain Velvet

source: theenglishhome.co.uk

Kain velvet adalah salah satu kain yang cukup banyak diminati. Pasalnya kain velvet adalah jenis kain yang dapat membuat sofa Anda terlihat lebih mewah. Velvet memiliki tekstur yang lebih halus dan mengilap.

Akan tetapi, kain velvet relatif sulit untuk dibersihkan. Ia juga dibandrol cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kain sofa lainnya.

Bagaimana, sudahkah Anda menemukan kain yang cocok untuk sofa Anda? Jika Anda membutuhkan sofa yang berkualitas, Anda bisa membelinya di Qhomemart. Tersedia pula berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, furniture, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan dapur, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini