7 Jenis Kawat Terbaik Untuk Bangunan

Kawat sendiri memiliki beberapa jenis kawat yang dijual di pasaran. masing – masing dari jenis ini tentu punya karakteristiknya sendiri. banyak orang membedakan masing – masing dari jenis tersebut hanya melalui tampilan “kasat mata” pada material ini saja. padahal lebih dari itu, anda perlu tahu bagaiaman karakteristik lain seperti daya tahan, kekuatan, hingga apakah itu jenis kawat yang cocok untuk anda pakai. mengingat pentingnya hal tersebut, perlunya untuk pengetahuan detail dari masing – masing jenisnya.

kawat jadi material yang “lumrah” untuk banyak kalangan, entah anda sebagai pemilik rumah atau memang bekerja dibidang konstruksi. kalau anda mengira kawat itu hanya ada satu jenis, hal tersebut bukanlah hal yang tepat.

nyatanya, ada beberapa jenis kawat yang banyak dipakai berbagai kebutuhan. masing – masing dari jenis kawat punya dan diperuntukkan untuk kebutuhan – kebutuhan yang berbeda. berikut dibawah ini penjelasannya

Bronjong

jenis kawat bronjong diperuntukkan untuk kebutuhan penguatan struktur tanah, tidak heran jika jenis kawat ini kerap kali ditemui pada area area seperti tebing bebatuan, area konstruksi maupun tepi sungai.

karakteristik bentuk kawat bronjong ialah berbentuk kotak – kotak (beberapa memiliki bentuk lain) yang telah dianyam sedemikian rupa. material yang dipakai pada brondong menggunakan kawat baja, kemudian dilapisi galvanis (cairan seng).

Baca Juga  5 Harga Mesin Amplas Ramah Budget Beserta Reviewnya

Harmonika

kawat harmonika
via: info-harga-bangunan.blogspot.com

jenis kawat harmonika diperuntukkan atau kerap kali ditemui untuk kawat pada area kompleks olahraga (sport complex) seperti pagar lapangan bola, lapangan tenis, kandang hewan ataupun partisi – partisi sejenis.

harmonika dilapisi dengan unsur galvanis serta PVC, ini sebabnya kawat harmonika dibedakan menjadi 2 jenis berdasar unsur pada materialnya. cara membedakan kedua jenis kawat galvanis dapat dilihat dari warna. jika metal itu berarti kawat hamonika galvanis, sedangkan untuk warna seperti hijau, merah hingga polosan berjenis harmonika PVC.

Duri

disebut duri karena terdapat kawat yang runcing (seperti duri), pemakaian kawat ini lebih diperuntukkan untuk pagar keamanan, terlebih untuk menghambat ancaman – ancaman seperti pencuri.

pemakaian kawat duri juga banyak dipakai untuk area – area pabrik dengan ukuran besar, karena efektif sebagai unsur perlindungan tambahan pada pagar. biasanya kawat dipakai untuk pada area paling atas dari pagar tembok.

kalau anda pernah mendengar berita tentang polisi yang menjaga area – area tertentu, seperti saat demo, itu juga menggunakan jenis kawat berduri.

Duri Silet (BTO)

jenis kawat
via: produksikawatsilet.blogspot.com

masih sama seperti jenis duri sebelumnya, yang membedakan jenis duri yang dipakai. duri yang ada persis seperti silet, dengan tepian yang tajam. ketika berada didekat kawat ini, anda perlu berhati – hati karena pisaunya rentan merobek kulit.

kawat duri silet punya beberapa jenis, yakni kawat duri silet BTO 22, BTO 30, BTO 60 dengan panjang sekitar 6-7 meter per rollnya.

Baca Juga  5 Tips Mengenai Dekorasi Dapur pada Dapurmu

duri silet dibuat dari bahan kawat strip logam galvanis, juga lapisan galvanisnya sangat lah berguna yang mana ini dapat mencegahnya dari serangan korosi (karat).

Loket

kawat loket
via: info-harga-bangunan.blogspot.com

jenis kawat loket sendiri kerap kali dipakai untuk pembuatan sangkar burung, keranjang ataupun barang – barang sejenis. untuk bentuknya sendiri kurang lebih sama seperti jenis lain, yakni kotak – kotak

kawat loket masih dibedakan menjadi 2 jenis kawat lagi diantaranya :

loket stainless steel

kawat stainless steel yang berkualitas, dengan dilapisi senyawa besi kromium, inilah yang membuatnya anti karat.

loket galvanis

terdapat tambahan lapisan galvanis. untuk jenis pembuat bahan masih sama dengan loket stainless steel

Bendrat

kawat bendrat
via: alibaba

mungkin anda tidak asing dengan jenis kawat yang satu ini. ya, kawat bendrat kerap kali dipergunakan sebagai pengikat antar 2 objek atau benda kerja lain yang membutuhkan tingkat kekuatan ikat yang mumpuni.

juga, pemakaiannya kerap kali dipergunakan untuk pengikat antar tulangan pada rangka elemen struktur pada bangunan yang siap untuk dicor. memilih kawat bendrat haruslah menilik kualitas yang bagus, karena menyangkut penyambungan antar 2 objek. tak luput pula anda perlu memperhatikan ukuran dari kawat bendrat yang tepat.

RAM

jika anda melihat kawat berwarna hijau, hal tersebut dapat menunjukkan bahwa itu jenis kawat RAM. juga memiliki nama lain seperti kawat ayam atau kawat hijau pula.

Baca Juga  Inspirasi Desain Interior Dapur Cantik Sederhana Untuk Apartment

kawat ram juga dianyam seperti pada kawat bronjong, namun perbedaan terlihat pada ukuran kotaknya. kawat RAM memiliki ukuran anyaman kotak yang lebih kecil, yakni sekitar 1/4 inch (bisa dikatakan seukuran jari manusia)

kawat juga dilapisi dengan cairan PVC (material untuk plastik).

cek harga kawat dan bahan material bangunan lainnya DISINI


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini