DekorasiTips & Trick

5 Jenis Lantai Vinyl Paling Bagus

Berbicara tentang lantai vinyl, rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas jenis lantai vinyl itu sendiri. mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternyata, vinyl dibedakan menjadi beberapa jenis lagi, yang masing – masing jenisnya memiliki keunggulan maupun kelebihannya sendiri – sendiri. Masing – masing vinyl punya perbedaan dari segi bahan, kenyamanan hingga segi desain. Berikut ini penjelasan tentang 5 jenis lantau vinyl untuk anda.

Vinyl Plank

vinyl plank lantai
photo: citytile.ca

Dari segi tampilan, vinyl plank motif kayu memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan lantai kayu asli. umumnya, jenis lantai vinyl plank memiliki bentuk fisik berupa persegi panjang. namun, dari sisi ketebalan jenis lantai vinyl plank masih kalah dengan lantai kayu sedari asli, perbedaan ketebalan dapat mencapai 3 milimeter.

vinyl plank disebut sebagai keajaiban modern yang memberikan pemilik rumah tampilan mewah serta umur yang panjnag dari lantai itu sendiri. dilansir dari HGTV, terdapat setidaknya 3 jenis vinyl plank yang dapat dipilih

  • luxury vinyl plank: favorit para homeowners dengan penampilannya yang mirip lantai kayu, konstruksi berkualitas tinggi juga sisi kenyamanan pada kaki. umunya, tipe ini dibuat dengan 4 lapisan termasuk inti vinyl PVC yang tahan air serta lapisan tahan gores.
  • Rigid core vinyl plank: jenis ini dilengkapi dengan inti komposit pada yang memang dirancang untuk pemakaian jangka waktu lama juga daya tahan terhadap lalu lintas tinggi (tingkat pemakaiannya).
  • Waterproof vinyl plank: jenis mirip dengan rigid core vinyl plank, hanya saja berbeda dalam segi ketahanan air yang lebih baik. dibuat dengan empat lapisan dengan inti bahan yang tahan terhadap air, seperti tumpahan maupun percikan. tidak heran, jenis waterproof sering kali dipakai untuk area dapur, kamar mandi hingga beberapa area lain.
Baca Juga  5 Ide Model Plafon Untuk Penyegaran Interior Rumah!

Vinyl Tile

Jenis lantai vinyl tile dirancang dengan meniru sebaik mungkin apa yang dimiliki oleh lantai lain, seperti lantai kayu dan keramik. Vinyl tile tercipta berkat kemuajuan teknologi juga berkembangnya kemampuan design, sehingga dapat terlihat menyerupai dan terasa seperti apa yang ditiru.

jenis ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 30cm hingga 50, pun dengan ketebalan yang berbeda – beda pula, ketebalannnya bahkan hingga 3 mm. disisi lain, jenis lantai vinyl tile hadir dalam berbagai macam desain yang trendi dan tak lekang oleh waktu, apakah itu dalam format meniru tampilan ubin keramik ataupun persegi panjang seperti lantai kayu.

Dari segi pemasangan juga tergolong mudah dan cepat, yakni hanya dengan menggunakan lem khusus saja. tentu saja hal ini memberikan sedikit kemudahan bagi para pemilik rumah ketika ingin mengaplikasikannya sendiri, apalagi ketika merenovasi rumah atau ruangan. Renovasi Vinyl tile tidak akan menggangu rutinitas harian dengan menutup satu atau beberapa ruangan.

Vinyl Click

jenis lantai vinyl
photo: tilemountain.co.uk

Jenis lantai Vinyl click merujuk pada sistem penguncian kilk yang terintegrasi ke dalam produk lantai. jenis ini dapat menjadi opsi pemasangan lantai yang serbaguna.

Vinyl click jadi terobosan inovatif serta memberikan tampilan interior yang otentik dari lantai kayu, ubin keramik. selain kemampunannya meniru, vinyl click dibangun dengan beberapa lapisan yang membuatnya sangat kuat, tahan lama juga sangat cocok untuk anda aplikasikan di manapun ruangannya.

Baca Juga  8 Jenis Olahraga di Rumah, Menyehatkan Tubuh!

Lalu, bagaimana dengan ketahanannya?

Vinyl click sendiri sangat baik untuk bertahan terhadap segala potensi yang membuat lantai umumnya rusak, seperti kethaanan terhadap noda air, keausan, juga kemampuan untuk mempertahankan tampilannya yang berkilau dan bebas bercak selama tahun tahun yang akan datang.

Vinyl Roll

vinyl roll lantai
photo: trade india

Nama jenis lantai vinyl roll merujuk pada bentuknya yang menggulung. Hadir dalam lembaran besar, kontinu, fleksibel sehingga membuatnya tidak rusak ketika digulung.

Vinyl roll tersedia dalam jumlah tema yang banyak, mulai dari desain yang tak lekang oleh waktu serta corak – corak yang super. Jenis ini juga salah satu solusi lantai paling terjangkau bagi si pemilik rumah, setidaknya akan menghemat pengeluaran jika anda berencana merenovasi.

Di sisi lain, vinyl roll juga bebas dari zat flatat, sejenis bahan kimia yang biasa dipakai pada plastik. juga, jenis lantai vinyl roll memilii emisi VOC lebih rendah, tentu saja hal ini memberi kontribusi terhadap lingkungan yang lebih sehat.

Vinyl Laminasi

Jenis vinyl lantai laminiasi mrip dengan model vinyl plank. perbedaan paling siginifikan dapat dilihat dari bagian inti terbuat dari kayu dengan diikat resin.

permukaan bagian atas ialah lapisan keausan plastik dan berbentuk transparan, menutupi seluruh lapisan desain yang tercetak. ketebalannya sendiri berkisar dari 6 mm hingga 12mm

cek juga jenis lantai vinyl beserta harganya DISINI

Baca Juga  8 Ciri Wajan Enamel Palsu , Wajib Tahu Sebelum Beli!

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini