Tips & Trick

10 Jenis Mata Bor Untuk Kayu, Besi dan Berbagai Jenis lain

Ada berbagai jenis mata bor untuk ragam kebutuhan, itu sebabnya anda perlu tahu jenis – jenisnya secara mendetail, digunakan untuk apa, apakah cocok untuk kayu atau logam, apakah bor itu cocok untuk pengerjaan project-project tertentu? artikel ini akan membantu anda dalam menentukan mana mata bor yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. apa saja?

sebelum itu, perlu diketahui bahwa bor digunakan untuk membuat lubang pada object tertentu secara rapi dan presisi. nah masalahnya, satu jenis mata bor tidak direkmondasikan hanya dipakai untuk berbagai material. contoh mudahnya, tidaklah bagus ketika mata bor untuk kayu dipakai juga pada bahan alumunium. selain tidak maksimal, itu juga dapat memperpendek umur mata bor itu sendiri, yang paling parah akan rusak seketika itu juga.

mata bor digunakan untuk beberapa material, seperti:

  • untuk Batu
  • untuk Keramik
  • untuk Logam
  • untuk Kayu

Masonry bit

masonry bit
via: ffx.co.uj

jenis mata bor masonry bit punya karakteristik bentuk mata bor memutar sampai ke bagian tengah. selain itu, tersedia pula berbagai macam ukuran dari bor tipe ini.

jenis ini digunakan untuk melubangi material batu, beton hingga batu. dikombinasi dengan mesin bor setelan martil juga adanya logam keras pada ujung bor. desain seperti ini memberikan pengeboran yang lebih efisien.

Baca Juga  Model Atap Rumah Terbaru Paling Populer 2024

Hole saw bits

Hole saw bits jogja
via: ali express

adanya tambahan lapisan mata bor bukan hanya sebagai “baju” saja, melainkan berguna menghasilkan lubang yang lebih besar. tambahan mata bor bagian samping sangat efektif memberikan efisien bir dengan lebih maksimal.

hasil potongan hole saw akan meninggalkan sisa bahan didalamnya. selain itu, hole saw dapat digunakan untuk material kayu.

Auger bits

Auger bit jogja
via: auger image

auger ditandai dengan jarak mata bor spiral yang lebar, bentuknya yang memanjang sampai di bagian tengah – tengah.

jenis mata bor ini digunakan melubangi material kayu, selain itu juga dapat dipakai membersihkan sisa – sisa ampas pada lubang hasil bor tadi. tersedia pula berbagai macam ukuran, untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Twist bit

Twist bit jogja
via: banggod.com

jenis mata bor ini menjadi jenis yang paling sering digunakan, sehingga tidak sulit menemuinya.

bor ini dapat digunakan untuk berbagai bahan seperti kayu, plastik, hingga PCB yang sering kali ditemui pada perangkat elektronik. tersedia juga dalam berbagai macam ukuran, pemakaainnya dapat digunakan untuk bor tangan ataupun bor duduk.

Hinge borring bit

Hinge borring jogja
via: itstools.co.uk

seperti jenis mata bor hole bit, hinge boring menghasilkan ukuran hasil bor yang lebih besar, mengingat ukuran mata bor yang besar pula.

jenis ini hanya digunakan untuk material akrilik, kayu hingga plastik. bentuk lubang yang dihasilkan dapat cembung maupun cekung. ini memberi pilihan lebih variatif untuk beberapa kebutuhan.

Baca Juga  5 Perbedaan Oven dan Microwave Yang Paling Utama

Forster bit

Forster bit
via: walmart

pemakaian forster bit diperuntukkan untuk melubangi material jenis kayu. diameter bor yang cukup lebar dapat menghasilkan ukuran lubang yang lebar pula.

pemakaian forster hanya untuk bir duduk saja, dikarenakan untuk bor tangan tidak begitu stabil, ini akan mempengaruhi hasil lubang yang kurang maksimal jika terlalu dipaksakan.

Metal standart

metal standar bit
via: its.co.uk

jenis mata bor metal standar dapat dilihat dari bentuk silinder, kemudian terdapat putaran mengelilingi sampai ke bagian tengah mata bor.

diperuntukkan hanya untuk beberapa objek material saja, seperti alumunium, plastik, akrilik serta beberapa bahan lain.

penggunaannya dapat dipakai pada bor tangan maupun bor duduk.

Flat bit

flat bit jogja
via: its.co.uk

jenis mata bor dengan bentuk yang sedikit berbeda. bentuk pipih dari flat bit dapat digunakan pada material kayu. bentuk ini memudahkan pengguna untuk melubangi kayu dengan lebih baik.

bentuk pilih juga dapat digunakan untuk finishing, mencongkel bebererapa bagian yang dirasa perlu. tidak seperti bor biasa yang berbentuk bulat, yang memerlukan alat khusus untuk pengcongkelan.

flat bit tidak digunakan untuk bor duduk, melainkan bor tangan, mengingat ini bekerja lebih baik pada frekuensi daya putar yang lebih rendah.

Chisel bit

chisel bit jogja
via: ffx.co.uk

bentuk ujung bor layaknya seeperti sendok, namun dengan model yang lebih tajam. chisel bit dipakai untuk kebutuhan pengguna yang ingin melubangi material berbentuk kotak.

jenis ini dipakai untuk material kayu saja. dalam perkembangannya, mungkin dapat dipakai untuk alumunium dan beberapa material lain.

Baca Juga  Posisi Kloset Jongkok Yang Baik di Kamar Mandi

Spur bit

jenis mata bor
via: toolstoday.co.uk

ujung mata bor terdapat satu bagian pengiris kecil yang runcing, ini berguna menjaga aspek lurus ketika menggunakan bor.

terdapat bentuk samping pisau mengelilingi mata bor sampai ke bagian tengah.

cek juga harga dan berbagai jenis mata bor lainnya DISINI, belanja offline maupun online dan dapatkan promo menariknya hanya di qhomemart

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini