Jangan Salah Pilih! Ini Jenis – Jenis Matrial Kayu Untuk Bahan Bangunan

Jenis matrial kayu – tentu kayu bukan lah komponen asing untuk pembangunan sebuah rumah. walau begitu, ada beberapa jenis – jenis matrial kayu yang perlu anda ketahui, apa saja?

mungkin anda salah satu orang yang sering bertanya – tanya, apa saja ya jenis – jenis kayu untuk bangunan rumah? well, hal ini biasanya sering menghinggapi ketika ingin mulai membangun sebuah rumah atau keperluan tertentu.

kayu sendiri punya ragam jenis yang berbeda – beda berdasarkan jenisnya, masing – masing dari kayu tersebut tentu punya kelebihan hingga kekurangannya sendiri. nah, disini penting untuk memilih jenis kayu yang tepat supaya pengaplikasinnya dapat lebih maksimal.

Jenis matrial kayu

banyaknya jenis-jenis kayu terkadang membingungkan ketika ingin membeli. berikut beberapa kayu yang umum digunakan untuk berbagai keperluan. yuk intip dibawah ini.

Kayu jati

Jenis matrial kayu
via indiamart.com

urutan pertama adalah kayu jati, tentu anda tidak asing bukan dengan jenis kayu satu ini. jenis matrial kayu jati terkenal akan tingkat kekokohannya hingga dari bentuk fisik yang indah. untuk masalah ketahanan, kayu jati punya tingkat kestabilan yang baik,

karena itu, bentuk dari jati sangat cocok untuk digunakan untuk jangka panjang. kelebihan lain, jenis kayu tahan terhadap rayap hingga jamur, yang mana kedua permasalahan ini sering jadi masalah klasik untuk komponen kayu.

Baca Juga  Cari Kipas Angin Jogja di Toko Terlengkap

karena berbagai kelebihannya, wajar jika jenis matrial kayu jati punya nilai jual yang cukup tinggi.

Kayu kamper

kayu kamper
via shutterstock.com

seperti kayu jati, jenis matrial kayu kamper boleh jadi salah satu jenis kayu yang anti rayap. hal ini disebabkan dari bau alami dari kayu kamper tercium seperti bau kapur barus, dengan begini, anda tidak perlu membeli sebuah cairan khusus hanya untuk mengusir serangga.

permukaan dari kamper punya tekstur yang cenderung kasar ketika diraba, namun walau begitu, jenis kayu ini punya tampilan yang cukup mengkilau ketika dilihat. tentu dapat dimanfaatkan untuk membuat furnitur yang mudah terlihat seperti meja kursi hingga beberapa jenis lain.

di sisi lain, kayu kamper juga punya tampilan permukaan yang indah. anda bisa memanfaatkan secara seperti ini untuk digunakan sebagai tindak la

Kayu kelapa

walau dari kelapa, jenis ini dapat juga dimanfaatkan sebagai jenis kayu untuk rangka atap. terlebih dengan pohon kelapa yang tidak terlalu sulit untuk dicari di negara tropis seperti indonesia.

dari segi fisik, tampilan dari kayu kelapa cukup futuristik untuk digunakan sebagai material atap rumah. anda tidak perlu menggunakan eternit jika budget lebih sedikit, alternatifnya, biarkan kayu kelapa menjadi unsur yang memperindah area dalam rumah.

Kayu Bengkirai

kayu bengkirai
wood manufacture

jenis matrial kayu bengkirai punya tingkat kekuatan yang cukup baik, tak heran jika jenis kayu ini sering dijadikan bahan bangunan dalam sebuah bangunan.

Baca Juga  6 Cara Membuat Tampilan Kamar Tidur Mewah di Rumahmu

faktor keawetannya sering kali jadi point utama untuk pemilihan jenis kayu ini, yang mana juga termasuk awet dalam berbagai kondisi cuaca (hujan hingga panas), tak heran jika bengkirai sering digunakan untuk material luar rumah (outdoor).

walau begitu, jenis kayu ini bukanlah pilihan yang cocok khusus untuk kebutuhan bangunan yang memerlukan presisi tinggi. ini karena bentuknya dapat berubah (menyusut) jika terlalu sering terkena perubahan cuaca yang cepat, ketika panas menyusut dan ketika hujan mengembang.

Kayu merbau

kayu merbau punya tekstur kekerasan yang baik, lebih mirip seperti jenis kayu jati walaupun punya tingkatan yang berada dibawahnya. meskipun begitu, merbau tidak kalah dengan kayu jati dalam hal tingkat keawetan serta ketahanan yang dimiliki.

banyak orang kemudian menggunakan kayu merbau sebagai alternatif pengganti kayu jati. dari segi harga pun, hal ini dapat ditaksir lebih murah. bagi anda yang yang menginginkan kayu jati namun terkendala dari segi biaya, mungkin jenis kayu ini bisa jadi pertimbangan.

Kayu merantai merah

kayu merantai punya tekstur yang cukup kuat, sehingga cocok untuk pengaplikasian pada beberapa bagian hunian rumah seperti parket lantai, jendela rumah bahkan hingga kayu yang digunakan untuk membuat kerangka bangunan rumah bagian atap.

hal lain, selain punya tekstur yang kuat, hal ini juga didukung dengan karakteristiknya yang tidak mudah memuai dalam tingkatan perubahan suhu tertentu.

Baca Juga  10+ Desain Rak Dinding Minimalis untuk Rumah Kekinian

Kesimpulan

kayu jadi salah satu jenis material yang tidak terpisahkan, apalagi untuk proses berdirinya sebuah bangunan, bukan lain tentu denan berbagai kelebihan yang dimiliki.

kayu sendiri punya banyak jenis, apalagi untuk penggunaanya untuk pembangunan sebuah rumah. maka, pastikan anda memilih jenis kayu yang tepat sesuai dengan kebutuhan pembangunan rumah. tentu hal ini supaya kayu yang digunakan dapat lebih optimal.

cek juga kebutuhan bahan bangunan lainnya disini.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini