7 Macam Jenis Paving Block dan Kualitasnya

Memilih Jenis paving block berarti perlu memperhatikan jenis berdasar bahan pembuatnya. beda bahan akan beda pula “rasa” dari pemakaian paving. dalam arti lain, bahan pembuat menyangkut pula dari sisi kenyamanan yang ditampilkan akan berbeda antara masing – masing jenisnya. apakah paving tanah liat akan lebih baik dari paving cor? anda perlu mengetahui bagaimana sifat dari bahan paving, apakah itu cocok untuk penghuni rumah atau malah sebaliknya? simak penjelasan berikutnya dibawah ini

Paving Bata

paving bata
via: savonpavers.com

bisa diketahui dari namanya, bahwa jenis paving block ini terbuat dari bahan tanah liat. bahan ini sangat cocok karena tidak licin, membuatnya lebih aman dan safety untuk penghuni rumah.

jenis paving bata datang dalam berbagai warna maupun tekstur, ini bisa dipakai sebagai alternatif pengganti paving beton. banyak kelebihan dimiliki dari bahan tanah liat untuk paving,, seperti warna yang ditembakkan ke dalam bata. ini membuat warna dari bata tidak memudar yang akan terjadi selama bertahun – tahun, tentu hanya sedikit memerlukan perawatan.

disisi lain, paving bata dibuat dari bahan bahan yang alami, sehingga cenderung lebih mudah didaur ulang.

Paving Marmer

marmer sendiri merupakan jenis batu metamor yang terbentuk ketika batu kapur mengalami kenaikan suhu panas serta tekanan ekstrim. bukan hanya lantai, jenis batu ini juga kerap dipakai untuk jenis paving block yang indah.

Baca Juga  8 Desain Rumah Kontainer Terbaik Yang Cozy

pemakainnya dapat untuk area jalan setapak, jalan masuk atau keluar halaman rumput hingga teras sekalikpun. marmer memberikan kesan yang anggun serta tampilan menarik. material ini juga punya ketahanan yang baik, namun harganya relatif mahal.

Paving Travertine

pemakaian utama dari paving travertine ialah di area lantai luar ruangan maupun lanskap. pemakaian pada sela – sela kolam renang dapat pula memakai jenis paving ini, seperti yang ada pada jenis porselen.

paving travertine juga memiliki ketahanan yang baik, sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang. disisi lain, juga memiliki sifat insulasi panas yang sangat baik.

tidak usah khawatir tentang warnanya yang memudar, karena ini dapat bertahan lama. namun tetap saja konsumen perlu berhati hati ketika membersihkan memakai metode asam kuat. hal tersebut dapat membuat noda tertinggal dari reaksi asam basa antar kalsium karbona pada batu kapur.

Paving Cor (Beton)

contoh jenis paving block tipe beton via: gilbert pavers

selain dipakai untuk konstruksi, beton dapat pula digunakan untuk membuat jenis paving block. mengingat lapisan yang sangat kokoh, juga tingkat harga yang lebih terjangkau, ini adalah pilihan paling ideal dari segi harga maupun pada ketahanan.

beton sangat keras, pemakaian jenis ini memungkinkan untuk bertahan untuk waktu yang lama.

walau begitu, warna dari paving beton cenderung mudah memudar, apalagi dengan teriknya sinar matahari secara terus menerus. disamping itu, ketika terkena suhu tinggi, paving beton dapat perlahan retak.

Baca Juga  Ingin Beli Meja Aquarium? Perhatikan 4 Jenis Meja Ini!

Paving Batu Alam

suka dengan kesan natural? ini saatnya anda mempertimbangkan pemakaian jenis paving block batu alam.

batu alam akhir – akhir ini memang menjadi bahan yang lebih mudah didapatkan daripada dulu – dulu. meningkatnya peluang distribusi, membuat batu alam siap pakai lebih mahal daripada jenis paving block lainnya.

disisi lain, batu alam secara alami memang memiliki warna dan corak yang indah (tergantung dari jenis batu alamnya). anda tidak perlu repot – repot merekondisi ke desain – desain tertentu.

pemakaian paving dapat memanfaatkan batu alam seperti granit, batu pasir, batu silika yang diekstraksi dari tambang. dari sisi tampilan, paving batu alam menciptakan lingkungan yang alami dan unik pada pengaplikasiannya.

Paving Rumput

via: itosoft.com

sebenarnya, paving rumput merujuk pada desain paving block yang didesain sedemikian rupa dengan tambahan ruang tumbuhnya rumput. jadi tidak heran jika bagian tengah berlubang, itulah ruang yang dipakai.

biasanya, rancangan bentuk tiap paving didesain untuk dapat mengunci satu sama lain. untuk materialnya, kebanyakan menggunakan bahan dasar beton pada pengaplikasiannya.

Paving Porcelain

dilansir dari mineral milling, porcelain (porselen) merujuk pada bahan yang dihasilkan dari tanah liat pada pemrosesan kondisi suhu tinggi.

pemakaiannya kerap diguankan untuk area dalam ruangan juga luar, apalagi untuk area – area yang rentan basah, contoh seperti paving untuk pinggiran pada kolam renang.

Baca Juga  Cara Mengatasi WC Mampet yang Mudah

jenis ini cocok untuk area basah, dikarenakan permeabilitasnya yang berkurang terhadap air.

seiring dengan berjalannya waktu, teknologi modern yagn dipakai memungkinkan produsen untuk memproduksi paving porcelain dengan tingkat ketebalan yang hampir sama dengan kayu ataupun batu. pada prosesnya, bahan ini membutuhkan kaolin untuk kegiatan produksi.

cek juga harga jenis paving block lainnya DISINI, belanja online maupun offline melalui whatsapp kami.


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini