7 Jenis Pengkilap Kayu : Ada Yang Tanpa Biaya!

Pengkilap kayu dapat membuat furniture jadi lebih baru, tanpa perlu anda membeli lagi. Siapa sih yang tidak ingin furniturenya cantik didalam rumah? Nah, terdapat beberapa cara supaya furniture anda kembali baru setelah sekian lama. Bahkan, anda bisa mengkilapkan lagi kayu supaya dengan tanpa biaya alias gratis. Bagaimana caranya?

Ada kalanya, furniture berkurang tingkat tampilannya setelah sekian lama bahkan bertahun – tahun dipakai. Tanpa perawatan, tentu saja bukan hanya membuat tampilannya menjadi usang, juga berpengaruh dari ketahanan barang tersebut, apalagi jika dibuat dari bahan kayu.

Memakai pengkilap kayu bukan hanya memberi tampilan furniture lebih fresh, ia juga memberi unsur ketahanan yang sangat berguna untuk pemakaian jangka panjang.

Lapisan Memberi Ketahanan Lebih

Itu karena lapisan melindung bagian permukaan paling atas, apalagi jika furniture ditaruh di area luar, seperti kursi atau bangku taman juga lengkap dengan mejannya.

Area luar lebih rentan untuk furniture mengalami kerusakan. Ini karena, kondisi area luar yang beragam serta berubah dengan cepat.

Dari pagi hingga siang, apakah cuaca berangin , apakah itu hujan belum lagi ketika jamur tumbuh. Furniture (apalagi dari bahan kayu) tentu saja rentan untuk hal ini. Jika menilik perbandingan besi, tentu saja kayu lebih rentan karena serat – seratnya dapat ditembus dari kondisi cuaca ini.

Baca Juga  Apa Itu Bahan Polyester? Ini Penjelasan Lengkapnya

Setelah tertembus, hal tersebut akan membuat struktur kayu didalamnya rusak satu persatu. Ini sebabnya, lapisan atau unsur pengkilap kayu dapat mempertahankan furniture lebih baik dibanding dengan yang tidak, pun dengan tampilan lebih fresh bukan?

5 Cara Menggunakan Bahan Pengkilap

1. Pernis kayu

Pernis kayu adalah sebuah bahan pelapis untuk kayu yang berwujud transparan. Di dalamnya, terkandung rasio padatan yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan efek glossy juga sangat baik untuk memberikan perlindungan dari kayu untuk jangka waktu yang lama.

Pernis sendiri dibuat dari beberapa kombinasi bahan seperti thinner , drying oil serta resin. Dari sini, pemakaian pernis juga diketahui sangat baik untuk benda – benda yang sifatnya untuk area luar ruangan, seperti meja dan kursi taman maupun beberapa jenis lain.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk pernis kayu? Anda bisa cek selengkapnya pada artikel biaya pernis kayu disini

2. Plitur

Mirip seperti pernis, namun plitur kayu dibuat dari bahan resin yang masih alami, yaitu dari serangga-serangga. Plitur sendiri dapat pula dipakai sebagai bahan poles pengkilap kayu yang menghasilkan efek transparan.

Namun, dikarenakan terbuat dari resin serangga, efek transparan yang timbul cenderung memiliki warna agak menguning daripada yang dihasilkan dari pernis kayu.

3. Memakai Cat Kayu Khusus

pemakaian cat adalah juga salah satunya. Ini merupakan cara mudah untuk hal yang sekaligus dapat merubah warna asli dari kayu (jika anda memamkai warna lain), supaya memiliki tampilan lebih baru.

Baca Juga  Cari Shower Jogja Lengkap di Qhomemart

Saat ini, sudah banyak jenis – jenis cat kayu yang tersemat lapisan pengkilap kayu didalamnya. Terdapat 3 pilihan jenis cat untuk dipakai pengkilap kayu untuk furniture anda:

  • Cat kayu shellac dan lacquer
  • French polish
  • Cat kayu water based
pengkilap kayu
via: v3coloursolutions

4. Memakai bahan alami

Kalau anda mencari cara memakai pengkilap kayu yang tanpa biaya, pemakaian bahan alami bisa anda manfaatkan untuk hal ini. Bahan – bahannya dapat anda peroleh memanfaatkan bahan disekitar anda.

Kemiri (5)

Kemiri dikenal sebagai bahan olahan masakan untuk membuat makanan menjadi lebih enak, lewat bahan dasar putih khas masakan indonesia. Bijinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak alami.

Karenanya, kemiri kemudian dapat juga dibuat sebagai bahan pengkilap kayu yang alami. Untuk cara memanfaatkan biji kemiri untuk pengkilap, anda dapat membakarkemiri tersebut hingga minyak alaminya keluar.

Kemudian setelah itu, bungkus kemiri memakai kain lalu hancurkan hingga berbentuk bubuk. Baru setelahnya, anda tinggal lap kain tersebut ke permukaan furniture.

Minyak zaitun (6)

Pada dasarnya, minyak zaitun dihasilkan dari perasan buah zaitun namun sudah melewati proses mekanik suhu yang diatur sedemikian rupa, sehingga tidak banyak perubahan kandungan minyak.

Minyak zaitun sendiri terkenal dipakai untuk beberapa bagian tubuh, seperti pada wajah yang dipakai untuk campuran masker. Nah, disini minyak zaitun juga dapat pula dipakai sebagai bahan untuk pengkilap kayu.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

Ampas teh (7)

Daripada anda buang ampas teh yang habis dipakai, anda bisa memanfaatkannya untuk memoles furniture kayu supaya lebih mengkilap. Caranya adalah dengan digosok ampas tadi ke permukaan, hasilnya tidak kalah loh dengan pengkilap khusus. Mulai sekarang, jangan cepat – cepat dibuang ampas tehnya ya homeowners!

Itu tadi pembahasan tentang 7 Cara Pengkilap kayu, tentu anda bisa memilih salah satunya, Semoga bermanfaat!

Cek juga harga pengkilap kayu lainnya DISINI 


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini