5 Jenis Pompa Air Untuk Rumah Tangga

Pemilihan jenis pompa air dapat menentukan bagaimana kualitas air di dalam rumah. Untuk itu , mengetahui jenis paling tepat sangat penting untuk kelangsungan saluran airnya. Mana yang paling tepat untuk anda?

Ketika ingin memasang pompa air, anda perlu (atau bahkan wajib) mengetahui dulu apa saja jenis – jenis dari pompa air tersebut. Kenapa ? Hal ini karena perbedaan jenis pompa menghasilkan kinerja yang berbeda dari daya sedot maupun daya dorong dari air.

Indikator pemilihan pompa air yang tepat perlu menilik seberapa kedalaman sumur anda, setelah mengetahui kedalaman sumur ini anda baru bisa menentukan mana jenis pompa air yang paling tepat dipakai.

Kalau dipaksakan menggunakan jenis pompa air yang tidak sesuai (kedalaman sumur) , hal ini dapat mempengaruhi pada kualitas mesin pompa air itu sendiri.

Jenis Pompa Air

Pompa air sendiri dibagi beberapa menjadi 5 jenis, yang kerap kali ditemui untuk penggunaan pada rumah tangga. Pemilihan jenis pompa air akan mempengaruhi bagaimana kualitas air yang didapat. Kualitas dari air yang baik sangat lah penting mengingat ini akan dikonsumsi sehari – hari.

Setiap jenis pompa memiliki perbedaan kinerja baik dari daya sedot maupun daya dorongnya. Salah dalam memilih pompa air dapat mempengaruhi kinerja pompa , berpengaruh pada tidak maksimalnya performa pompa air dan yang paling riskan ialah komponen menjadi mudah rusak. Lalu , apa indikator supaya memilih pompa yang tepat?

Baca Juga  Psikologi Warna Biru Tosca dan 8 Contoh Penerapan Pada Hunian

Nah, ini lah pentingnya memlih jenis pompa air berdasar kedalaman sumur yang anda miliki. Kalau anda mengetahui berapa dalam perkiraan sumur , anda dapat menentukan mana yang paling tepat. Dari sini , performa pompa air yang anda pakai mencapai titik maksimal dan memiliki kinerja yang baik. Mesin pun dapat terjaga , membuatnya tidak mudah rusak dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama.

Penting sekali bukan? Jadi, ini lah pentingya memahami kedalaman sumur sebelum memasang sebuah pompa air di rumah. Kalau pompa air awet , anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk reparasi bukan?

1. Pompa sumur dangkal

Seperti namanya, jenis pompa air sumur dangkal dipakai untuk tipe – tipe sumur yang tergolong sumur yang tidak begitu dalam , dalam kata lain “dangkal”. Untuk tipe ini, kedalaman maksimalnya adalah 9 meter , jadi lebih dari itu anda perlu menggunakan tipe lain yang lebih dalam lagi. Untuk mengetahui anda bisa melihat pada bagian suction head untuk informasi lebih lengkap terkait daya dorongnya.

2. Pompa sumur dalam

Kebalikan dari jenis sumur dangkal sebelumya, sumur dalam lah yang dipakai ketika kedalaman sumur anda mencapai lebih dari 9 meter. Adanya jet injector membantu memperkuat daya pancar pada volume air yang dihisap. Jenis pompa ini terdiri dari semi jet pump serta jet pump. Kedua jenis ini dibedakan pada keberadaan tabung , yang berfungsi penguatan daya hisap serta daya pancarnya. Hanya jenis jet pump saja yang memiliki tabung

Baca Juga  Cara Menanam Bawang Putih di Rumah

3. Jenis pompa air celup

Pompa celup tidak cocok digunakan untuk kedalaman sumur yang dalam. Jenis pompa celup satu ini hanya dapat dipakai untuk kedalaman sumur maksimal 5 meter saja. Untuk mekanisme kerjanya sendiri adalah pompa di celupkan ke dalam air sumur yang diperuntukkan , persis seperti namanya. Walau begitu , beberapa pompa celup dapat dipakai untuk lebih dari 5 meter , yang terpenting ialah anda perlu memperhatikan inofrmasi dari tipe pompa celup yang anda pakai

4. Pompa booster

Jenis pompa ini dipasang pada posisi tengah pipa air. Pompa air booster lebih sering dipakai ketika daya pancar pompa utama tidak begitu kuat untuk mengangkat air. Jadi, jenis ini dipakai untuk penunjang saja supaya pompa sebelumnya dapat bekerja lebih maksimal, dengan kata lain pompa booster bukan sebagai pompa utama.

5. Pompa diesel

pompa air diesel

Jenis pompa air diesel bukan dipakai sebagai pompa permanen , melainkan lebih sebagai pompa cadangan pada rumah. Jenis ini juga kerap kali untuk kegiatan pertanian maupun persawahan. Memiliki bentuk lebih besar serta mudah ketika dipindah kemana – mana , namun bobot yang sedikit berat membuat pemiliki perlu mengeluarkan tenaga ekstra ketika ingin memindahkannya.

Walau begitu , jenis diesel malah lebih besar daya hisap airnya ketimbang pompa air biasa , sehingga pompa diesel sangat baik dipakai untuk berbagai keperluan seperti menghisap air banjir diruangan serta beberapa keperluan lain.

Baca Juga  Tips Memilih Kompor Gas Tanam

Itu tadi penjelasan singkat tentang jenis pompa air , semoga bermanfaat ya! Kalau anda sedang mencari pompa air di jogja cek juga toko jual pompa berbagai jenis DISINI


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini