6 Jenis Rak Gantung Untuk Rumah

Rak gantung jadi salah satu elemen terkecil rumah namun memiliki peran penting. Bagaimana jika tidak terdapat rak, mungkin penyimpanan barang akan over capacity jika hanya mengandalkan lemari penyimpanan saja. Walau sering di remehkan, fungsinya sangatlah serba guna, baik sebagai penyimpan baju sementara, peralatan alat tulis hingga beberapa kebutuhan lain. Rak sendiri punya beberapa tipe berdasarkan mekanisme pengaplikasian, salah satunya tentu saja rak berjenis gantung.

Tau gak sih sobat qhomemart? ternyata, rak gantung sendiri memiliki beberapa jenis dan macam yang dibedakan juga berdasar fungsi penggunaannya. Apa saja ya?

Rak Gantung Piring

via pinterest

Area dapur tidak bisa jauh – jauh dari alat makan satu ini. Piring, menjadi alat makan yang wajib ada yang berpasangan dengan sendok sebagai satu kesatuan. Sebab itu, sangat penting menaruh piring di tempat khusus, yang mudah dijangkau dan tentu saja aman dari tersenggolnya ketika beraktivitas di dapur.

Nah, penggunaan rak gantung khusus piring menjadi pilihan tepat untuk dipakai. Anda bisa memilih beberapa jenis rak, agar tidak hanya berfungsi sebagai rak saja, namun juga mempercantik satu bagian sisi dapur. Siapa yang tidak mau memiiliki dapur yang cantik?

Baca Juga  Apa Itu Rumah Adat Aceh Krong Bade Dan 5 Fakta Menariknya

Rak Balok Terpisah

rak gantung balok kayu
via pinterest / fossil

Sebenarnya, tipe rak satu ini tidak terlalu menunjang jika anda memiliki kebutuhan untuk penyimpanan barang atau alat, apalagi jika dalam volume yang banyak. Rak balok lebih cocok sebagai unsur dekoratif untuk hiasan dinding, yang mana hanya menampung beberapa barang – barang kecil layaknya pajangan dinding ataupun hingga pot tanaman. Rak balok menjadi ide yang bagus jika anda punya area dinding yang kosong, membuatnya nampak terlihat ‘berisi’

Rak Baju Gaya Bohemian

via pinterest

Kalau anda memiliki kamar kosong bahkan jika anda seorang pengusaha yang memiliki toko baju atau butik, rak baju bergaya bohemian wajib anda aplikasikan. Sebagai gantungan untuk baju, tipe seperti ini sangatlah mudah diaplikasikan dan tentunya membuat kesan yang aesthetic dalam ruangan. Disisi lain, bahan – bahan yang mudah didapat lebih mendorong anda untuk bisa membuatnya secara DIY (do it yourself)

Sediakan 2 potong tali, akan lebih baik jika tali tambang maupun beberapa jenis tali lain dengan ukuran tebal. Lalu satu ranting kayu, tidak perlu terlalu besar. Kemudian, ikat tali tadi ke ranting kayu, dilanjutkan dengan membuat sambungan yang mengikat ke bagian atas.

Pegboard

via unsplash.com

Jenis ini merupakan rak tipe modern, yang penggunaanya terkadang tidak terlalu terlihat tetap punya beberapa manfaat sehingga layak di pertimbangkan. Kalau jaman sekarang, pegboard lebih sering dikombinasikan dengan desk komputer maupun ruang kerja lain, seperti contoh diatas. Nah, cara menggunakannya pun sangat mudah, anda hanya tinggal memasukkan paku dan kait untuk membuatnya dapat menempel dinding.

Baca Juga  Menghias Teras Rumah Minimalis

Beberapa jenis pegboard juga dapat di cat lho homeowners, sehingga mudah untuk menyesuaikan penampilan serta memastikan bahwa dekorasi ini cocok untuk gaya anda.

Rak Besi Minimalis

via pinterest

Rak besi minimalis memiliki beberapa kesamaan dibanding dengan tipe rak pegboard, salah satunya ialah bentuknya yang berwujud objek persegi. Di samping itu, bentuk fisik yang tembus pandang hanya disusun oleh rangka besi tipis membentuk persegi menjadi bagian bagian kecil.

Untuk mekanisme pemakaian, rak besi satu ini masih sama dengan pegboard, yakni paku untuk menempel serta kait sebagai bagian untuk menggantungkan barang – barang.

Rak Khusus Teh ala Jepang

rak gantung teh jepang
via pinterest

Jepang punya tradisi minum teh (hijau) yang kerap dilakukan untuk penyambutan tamu, yang mana ritual ini dulunya disebut dengan sado atau chanoyu. Hal tersebut membuat munculnya ragam alat – alat tambahan untuk minum teh, yang kemudian rak minum teh ala jepang muncul. Rak satu ini sering kali digunakan sebagai tempat koleksi dari cangkir – cangkir cantik yang digunakan minum teh. Dapat dilihat, bagian bagian yang memuat hanya muat untuk satu buah cangkir saja, walaupun terdapat banyak bagian dalam satu rak.

Rak Serbaguna

rak gantung dengan pengaman
via pinterest

Rak gantung satu ini memiliki bagian pengaman terletak di bagian depan. Hal tersebut meminimalisir jatuhnya barang – barang yang diletakkan pada jenis rak gantung satu ini. Mekanisme menempelkannya, anda perlu membuat tiang khusus untuk sebagai bagian penopang untuk rak. Hal tersebut membuat rak terlihat seperti melayang serta memiliki looks yang rapi.

Baca Juga  Cara Merawat Kamar Mandi Agar Tidak Berjamur

Nah, itu tadi beberapa jenis rak gantung yang wajib anda tahu. Jadi, sudah menentukan akan pilih jenis mana? semoga bermanfaat ya! Cek juga harga rak gantung DISINIkonsultasikan gratis dengan klik link dibawah.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini