Tips & Trick

8 Jenis Triplek Terbaik Untuk Kebutuhan Rumah

Beberapa jenis triplek mungkin sudah kerap kali anda temui, tapi apakah tahu perbedaan masing – masing diantaranya? lain triplek lain pula spesifikasi, juga beda cara pemakaian dan perlunya untuk anda tahu mana triplek paling tepat yang sesuai dengan kebutuhan. salah dalam memilih triplek mungkin akan menambah pekerjaan rumah baru, juga biaya double yang dikeluarkan. simak perbedaan jenis triplek dibawah ini.

Partikel Board

particle board

proses pembuatan jenis triplek particle board menggunakan serpihan kayu, yang kemudian dicetak membentuk sebuah papan. itu sebabnya, anda bisa melihat serpihan – serpihan kayu dari bagian samping papan.

jenis triplek ini memang lebih ekonomis daripada jenis lain, namun particle board tidak terlalu tangguh untuk pemakaian kebutuhan bertekanan tinggi, seperti untuk meja yang dipakai menaruh barang – barang berat. itu karena, particle board memang kurang kokoh dari segi kekuatan juga sifatnya yang rentan terhadap air.

jadi, pemakaian particle board di luar ruangan kurang direkomendasikan. baik seperti meja di taman, pagar luar rumah serta beberapa pemakaian sejenis.

Blockboard (Triplek Meranti)

blockboard kitchen set

Blockboard (sering juga disebut meranti) merupakan jenis triplek yang terdiri dari kumpulan kayu yang disatukan dalam potongan – potongan kecil, yang juga telah melewati proses pemadatan memakai mesin pada hasil akhirnya.

Baca Juga  Cara Stek Daun dengan Mudah, Yuk Cobain!

lapisan luar dari blockboard memang cukup tipis dan cenderung berpermukaan halus, namun didalamnya memiliki lapisan yang cukup tebal.

pemakaiannya sering diaplikasikan untuk beberapa barang furniture, yang paling sering ialah lemari. beberapa juga menggunakannya diluar untuk furniture, seperti tambahan kerajinan dari laut hingga rumah prefabrikasi

Fiberboard

fiberboard diproduksi dengan berbagai jenis resin dan bahan pengikat. Semua papan diikat memakai resin formaldehida, baik jenis urea ataupun fenol formaldehida.

dalam beberapa kasus, seseorang perlu berhati – hati karena bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada hidung, mata serta beberapa bagian lain.

Hardboard

hardboard sendiri berupa potongan-potongan tipis dari dari triplek fiberboard, memiliki kepadatan juga kekuatan yang tinggi. hardboard dapat dijadikan pengganti kayu dan juga merupakan panel yang umum dipakai dalam dekorasi bangunan maupun pembuatan furniture

hardboard dikenal punya ketahanan pemakaian yang lama (dalam pemakaian normal), meskipun bingkainya terbilang tipis. beberapa orang memanfaatkan kualitas dari hardboard untuk pemakaain pada laminasi di dasar lain, mengingat kekuatan dan ketahanannya terhadap keausan yang konstan

Teakblock

teablock sendiri masih memiliki kesamaan dengan Jenis triplek blockboard, hanya saja permukaannya dilapisi dengan material kayu jati. didalamnya berupa lapisan kayu jati dipress menjadi satu ataupun dipakai kayu lunak, sehingga menghasilkan jenis teacblock ini. tidak heran, efek kayu jati membuat tampilan takblock tergolong menarik.

Baca Juga  Daftar Tipe Gerinda Makita Untuk Pekerjaan Rumah/Proyek

teakblock sudah umum dipakai pada industri mebel di indonesia, itu sebabnya banyak pengrajin kerap memanfaatkan teakblock pada produknya.

pemakainya sendiri kerap digunakan pada berbagai bidang, baik dari meja makan, meja staff, plafon rumah, pintu rumah sampai daun jendela. jadinya, tidak terbatas untuk pemakaian pada furniture saja.

MDF (Medium Dentisy Fiberboard)

papan mdf

Jenis triplek MDF dibuat dari campuran serat kayu baik yang lunak dan keras yang pada proses akhirnya ditempel secara bersamaan memakai lem. MDF memiliki karakter pori – pori yang rapat, sehingga banyak dipakai untuk membuat material – material berukuran kecil. hasil yang halus membuatnya menjadi furniture yang menarik.

MDF kerap kali dijadikan alternatif dari kayu lapis dengan harganya terjangkau, tetapi lebih kuat diantara pilihan harga yang terjangkau tersebut, contohnya seperti partikel board.

walau begitu, MDF tidak tahan ketika berhadapan dengan banyak tekanana. jika dipaksakan, bukan tidak mungkin akan timbulnya retakan atau bahkan terbelah.

Melaminto

Jenis triplek melaminto memiliki permukaan yang dilapisi melanin serta polyester, ini membuatnya memiliki karakter tekstur yang rapi serta mulus pada bagian luarnya.

tidak jarang, melaminto kerap dipakai untuk menghias maupun mempercantik sebuah papan kayu. itu sebabnya, melaminto memiliki istilah lain yakni decorative plywood.

melaminto juga sering dipakai pada area dapur karena permukaannya yang halus dan rapi, biasanya dipakai sebagai tatakan pisau atau pun beberapa pemakaian lain.

Baca Juga  4 Alasan Mengapa Mempercantik Dapur Idaman Itu Perlu

Multipleks

jenis triplek
photo: chieinterior.com

Multipleks disusun dari lembaran kayu yang ditumpuk kemudian disatukan dengan mesin press. anda bisa melihat proses hasil press pada bagian pinggir, ini dapat anda pakai untuk membedakan antara multipleks dengan jenis triplek lain.

multipleks punya tingkat durabilitas yang tinggi pula, yang mana memiliki ketahanan yang baik terhadap area lembab, air, api juga cairan kimia. ini membuatnya sempurna untuk didalam rumah, dimana beberapa resiko tersebut mungkin saja terjadi. akan lebih baik jika melihat perbandingan multipleks vs blockboard

Multipleks dipecah menjadi beberapa jenis lagi, diantaranya:

  • Ply wood
  • Hard wood
  • Tropical wood

Cek harga jenis triplek lainnya DISINI , konsultasi dan transaksi lebih mudah lewat link whatsapp dibawah.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini