Kelebihan Kamar Mandi Kering untuk Hunian Anda

Kamar mandi identik dengan area yang basah. Namun, ternyata ada dua konsep kamar mandi, yaitu kamar mandi kering dan kamar mandi basah. Kamar mandi basah biasanya digunakan oleh orang Indonesia. Meski begitu, dewasa ini mulai banyak orang di Indonesia yang beralih dari konsep kamar mandi basah menuju konsep kamar mandi kering.

Sebenarnya kenapa ya banyak orang yang mulai beralih untuk menggunakan konsep kamar mandi yang kering? Apa saja sih kelebihan kamar mandi kering untuk hunian Anda? Yuk simak sama-sama pembahasannya di bawah ini.

Mengenal Konsep Kamar Mandi Kering

Kamar mandi kering adalah konsep kamar mandi yang memiliki area kering dan biasanya saat sedang tidak digunakan pun kamar mandi akan tetap kering. Kamar mandi jenis ini biasanya digunakan di negara Barat. Namun, kini konsep kamar mandi yang kering juga mulai banyak digunakan di Indonesia.

Umumnya pada kamar mandi yang memiliki konsep kering terdapat pembagian area kering dan basah. Area basah adalah area di mana Anda akan mandi, baik di bilik shower maupun di area bathtub. Umumnya shower dan bathtub pada kamar mandi dengan konsep kering dibatasi dengan penyekat berupa tirai kamar mandi maupun sekat kaca pada bilik shower.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Closet Duduk

Tirai kamar mandi maupun penyekat kaca dapat mencegah cipratan air keluar dari area mandi pada kamar mandi yang kering. Tirai kamar mandi juga memiliki fungsi tambahan, yaitu sebagai pemanis dan dekorasi pada kamar mandi minimalis Anda.

Kamar Mandi Lebih Sehat

kamar mandi kering
source: homify.com

Biasanya kondisi kamar mandi basah sangatlah lembap dan dapat dengan mudah ditumbuhi oleh jamur dan menjadi sarang kuman dan bakteri. Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih untuk menggunakan kamar mandi dengan konsep kering. Kamar mandi yang kering dan tidak lembap dapat membuat kamar mandi Anda lebih sehat dan tidak mudah terdapat jamur di area kamar mandi.

Sirkulasi udara dan sistem drainase juga sangatlah penting. Usahakan untuk membuat jendela atau ventilasi udara yang cukup agar udara di dalam kamar mandi Anda tidak terlalu lembap. Jika tidak memungkinkan untuk membuat ventilasi yang cukup besar, Anda bisa menggunakan exhaust fan pada kamar mandi Anda.

Mudah Dibersihkan

kamar mandi kering
source: rikb.com

Konsep kamar mandi yang kering akan membuat proses membersihkan kamar mandi Anda lebih mudah. Anda akan lebih mudah menyapu, mengepel, dan mengelap kamar mandi yang kering seperti pada ruangan kering lainnya. Pada area basah di kamar mandi kering Anda, Anda juga bisa menyikat lantai di bilik shower ataupun area bathtub Anda untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Jangan lupa untuk menyiapkan sebuah area untuk menyimpan perlengkapan pembersih area kamar mandi di dalam kamar mandi Anda. Hal ini cukup penting karena dengan menyimpan alat pembersih di dalam kamar mandi akan lebih mempermudah pekerjaan Anda untuk membersihkan area kamar mandi minimalis Anda.

Baca Juga  Dekor Taman Minimalis untuk Rumah Modern

Desain Minimalis dan Cantik

kamar mandi kering
source: nextstagedesign.com

Untuk konsep kamar mandi kering, terdapat banyak sekali desain kamar mandi yang dapat Anda tiru. Selain desainnya yang sangat cantik dan elegan untuk kamar mandi Anda, kenyamanan juga bisa Anda dapatkan dengan mengusung konsep kamar mandi yang kering.

Anda bisa menggunakan lantai vinyl untuk konsep kamar mandi yang kering di rumah Anda. Pastikan untuk menggunakan lantai vinyl hanya di area kamar mandi yang kering ya. Tampilan kamar mandi Anda akan menjadi lebih cantik dan juga terlihat modern dan minimalis.

keset kamar mandi kering
source: simpletoilet.com

Jangan lupa untuk menaruh keset di antara area basah dan area kering pada kamar mandi Anda. Jangan lupa untuk memilih keset yang cukup tebal dan berkualitas tinggi yang dapat dengan cepat menyerap air di kamar mandi Anda. Jadi sesudah mandi di area basah, Anda bisa dengan cepat mengeringkan kaki dengan keset tersebut agar air tidak menetes-netes ke area yang kering dan membasahi area kering pada kamar mandi Anda.

Butuh perlengkapan kamar mandi yang berkualitas untuk kamar mandi Anda? Atau Anda tertarik untuk menggunakan lantai vinyl? Tenang saja… semua tersedia di Qhomemart. Anda bisa berbelanja berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, furniture, perlengkapan kamar mandi, perlengkapan dapur, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.

Rate this post

Baca Juga  8 Desain Kamar Mandi Minimalis Namun Terlihat Elegan

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini