Mengenal Kayu Kaso , Kayu Kokoh Untuk Konstruksi Bangunan

Kayu kaso menjadi pilihan jenis kayu untuk pembangunan sebuah hunian maupun beberapa jenis bangunan lain. Seperti apa karakteristik dan bagaimana kelebihannya? Simak penjelasannya dibawah ini

Salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah bangunan, material kayu memegang peran yang vital ketika proses pembangunan dilakukan. Bicara soal kayu, tentu kita tahu bahwa terdapat banyak sekali jenis – jenisnya yang dalam kasus penggunaan untuk pembangunan , itu juga dibedakan berdasarkan jenis.

Misalnya, untuk kayu khusus furniture tentu saja tidak bisa dipakai pada kebutuhan konstruksi sebuah bangunan. Dalam kasus ini, hal tersebut sangatlah membahayakan bagi penghuninya karena kekuatan yang tidak seimbang. Mungkin lain jika kayu untuk konstruksi dipakai untuk furniture, kayu untuk konstruksi punya kekuatan yang memadai, sehingga untuk kebutuhan konstruksi ataupun furniture sama – sama baik, meskipun mungkin kayu konstruksi tidak akan sebagus kayu furniture dari segi tampilan.

Nah, setelah mengetahui pentingnya membedakan jenis kayu, kita semua setuju bahwa kayu punya banyak jenis pilihan yang dapat dipakai bukan? Salah satu jenis kayu yang kerap kali dipakai ialah kayu kaso.

Apa Itu Kayu Kaso?

Kayu kaso
ilustrasi kayu kaso untuk konstruksi via: packtpub

Bagi orang awam, mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa kayu jenis ini, baiknya digunakan untuk kebutuhan konstuksi , furniture ataupun kebutuhan lain? Nah, artikel kali ini akan membahas bagiamana penggunaan kayu kaso maupun beberapa penjelasan pendukung lainnya.

Dipakai untuk konstruksi bangunan

Kayu kaso merupakan tipe kayu yang digunakan untuk pembangunan rumah. Penggunaannya sering kali dipakai untuk pembangunan pada bagian rangka. Dalam pengaplikasianya, jenis kayu ini juga dapat dipakai untuk penopang bagian plafon. Kekuatan yang dimiliki sangat lah baik untuk menopang dan mempertahankan kekuatan rumah tetap kokoh.

Rumah yang kokoh tentu memberi kenyamanan bagi penghuninya. Kualitas prima dari konstruksi tentu saja memberi kepuasan tersendiri oleh si pemilik rumah, apalagi akan dipakai setiap harinya. Faktor kenyaman tentu saja sangat penting bukan?

Kombinasi dari beberapa jenis kayu

Jenis kayu ini dibuat dari beberapa gabungan tipe kayu lain, baik seperti tipe kayu meranti , kayu kamper , kayu borneo hingga kayu jati. Kombinasi dari jenis kayu tadi menghasilkan jenis kayu kaso yang cukup kuat ketika dipakai, terlebih untuk kebutuhan konstruksi. Di sisi lain, terdapat variasi ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, umumnya berukuran 5×7 cm dan 4x6cm.

Kelebihan Kayu Kaso

Kenapa harus pakai jenis kayu ini? berikut beberapa kelebihan yang bisa anda jadikan pertimbangan:

Baca Juga  Kenali Fungsi Cat Interior Jogja Yuk!

Bobot yang ringan

Bobot sangat mempengaruhi bagaimana proses pemasangan dilakukan, baik dari segi waktu maupun tingkat kesulitan. Kelebihan dari jenis kayu ini ialah bobotnya yang terbilang ringan, bahkan satu kayu dapat digotong untuk dengan 2 orang dalam sekali jalan. Tentu, bagi anda pemilik rumah yang mempekerjakan tukang bangunan profesional akan menghemat dari segi budget.

Kekuatan hampir sama dengan kayu jati

Sudah banyak orang tahu tentang bagiamana kekuatan dari kayu jati? Jenis kayu jati memang terkenal akan tingkat kekuatan dan kekerasannya, tak heran jika kayu jati menjadi favorit dan diburu banyak orang. Namun bagi anda yang kesulitan mencari kayu jati, jenis kayu kaso bisa jadi pilihan. Jika anda mencari aspek kekuatan, jenis kaso punya kekuatan yang hampir sama dengan kayu jati. Jadi , tidak diragukan lagi ya homeowners!

konstruksi kayu kaso
via: creative market

Mudah di Cari

Bagaimana anda membangun rumah jika mencari material kayu memerlukan proses yang lama? Bisa dipastikan, hal ini akan memakan proses pembangunan dan mungkin anda memerlukan waktu lebih untuk kasus ini. Jenis kayu ini sangatlah mudah dicari, bahkan jika anda tinggal di perkotaan atau pedesaan. Di sisi lain, sudah banyak penjual online yang menjual jenis kayu ini di internet. Apalagi dengan bobot yang ringan, ini akan meminimalisir biaya ongkirnya.

Kekurangan

Walau begitu, jenis kayu ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti :

  • Harga sedikit mahal , tidak heran dengan kekuatan kayu yang prima membuat harganya sedikit mahal
  • Dapat di serang rayap , tentu saja karena ini adalah kayu. Walau begitu, anda bisa memberi perawatan secara berkala baik dengan diberi cat ataupun treatment lain
  • Semakin langka: Penebangan yang terus dilakukan, tentu semakin langka untuk didapat, juga semakin berdampak dari harga yang kian naik.
Baca Juga  Kompor Rinnai VS Kompor Modena, Mending Mana?

Berapa Harganya?

Berbicara harga kayu kaso, hal ini dapat ditentukan oleh beberapa aspek seperti seberapa besar ukuran kayu maupun apa saja jenis/bahan kayu yang dipakai. Jadi, ini mungkin akan memiliki sedikit harga yang berbeda antara tipe kayu jenis kaso A dengan B , walaupun itu ditempat yang sama. Dibawah ini merupakan daftar harga perkiraan, mungkin akan berbeda di beberapa daerah atau kota lain (harga per batang)

Berikut beberapa kisaran harganya:

Ukuran kayu kasoHarga
4 x 6 cmRp 20.000 – Rp 35.000
5 x 7 cmRp 50.000

Itu tadi penjelasan tentang kayu berjenis kaso, semoga bermanfaat ya! Cek juga harga furniture lainnya DISINI


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialis bahan bangunan. Menyukai langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini