Kenali Kayu Trembesi Untuk Furniture Indoor Outdoor Hingga Kelebihannya

kayu trembesi amat banyak digunakan di indonesia, terlebih lagi dihasilkan dalam bentuk furniture. nah, mungkin anda berencana membeli tipe furniture yang memakai bahan baku kayu ini? ayo simak lebih lanjut dibawah

material kayu tidak bisa terlepas dari segi penggunaan pada bangunan. ini dapat berbentuk apa saja dan juga digunakan di berbagai bagian struktur dari bangunan.

bicara kayu, satu jenis kayu yang mulai diminati banyak orang yakni kayu trembesi. sebenarnya, seperti apa jenis kayu ini? sebelum berpindah lebih jauh, anda perlu tahu dulu apa yang dimaksud dengan tipe ini

Mengenal kayu trembesi?

kayu trembesi
via pinterest

apakah anda pernah melihat bentuk furniture yang punya corak seperti gambar diatas ini? nah, kira – kira begitulah tampilan fisik dari kayu trembesi. barang kali anda pernah melihat tipe kayu ini, namun belum mengenal kayu trembesi lebih jauh.

apa itu kayu trembesi?

kayu trembesi ialah kayu yang dihasilkan dari pohon trembesi (atau sering juga disebut rain tree atau pohon hujan) karena punya kemampuan untuk menyerap air yang kuat di sekitar pohon ini tumbuh.

Baca Juga  10 Desain Tangga Baja Yang Menarik, Rumah Lebih Cozy!

di indonesia sendiri, beberapa daerah menyebut dengan nama lain kayu trembesi. sebut saja beberapa julukan lain dari tipe kayu ini adalah kayu ambon, kayu meh (biasanya jawa), kayu ki hujan (untuk daerah sunda), kayu meh hingga kayu mungkur .

kayu jenis ini punya nama ilmah yakni samanea saman, yang mana berasal dari dibeberapa daerah di venezuela, brazil, peru.

Karakteristik kayu trembesi

tipe kayu ini memberi beberapa karakteristik sehingga dilihat sekilas, dapat diketahui bahwa jenis ini ialah kayu tipe trembesi, apa saja?

  • punya corak khas berupa garis – garis tipis di bagian permukaan
  • terdapat list berwarna putih dibagian pinggirnya
  • punya ketebalan yang cukup
  • berat hingga mencapai 0.6 kg (dalam hitungan meter kubik)

Kegunaan dan manfaat kayu trembesi

anda dapat memanfaatkan tipe kayu ini sebagai pengganti dari jenis kayu jati, yang mana sudah diketahui secara umum bahwa jati tergolong jenis kayu yang sedikit mahal.

hal lain, permintaan yang tinggi tentu membuat stok kayu jati seringkali kosong, konsumen dapat memanfaatkan tipe kayu ini sebagai cara cepanya

tipe kayu ini juga dapat menyerap polusi udara

Model kayu trembesi untuk furniture

apapun gaya interior dari semua penghuni rumah, penggunaan kayu memang tidak bisa dipisahkan. nah, tipe kayu trembesi sendiri banyak diaplikasikan dalam berbagai macam bentuk furniture.

Baca Juga  Rumah Limasan Gaya Jawa untuk Hunian Tradisional

seperti apa saja tampilannya?

Dalam bentuk kursi kecil

kursi kayu trembesi
via fatheadandfox.ie

kursi cantik satu ini tentu amat cocok digunakan pada area interior rumah. anda bisa menggunakan tipe ini sebagai kursi tambahan atau penunjang selain dari kursi utama.

dari sisi ukuran, dengan bentuknya yang kecil tentu tidak lah terlalu memakan banyak ruang. corak dari kayu juga jadi salah satu pilihan untuk diaplikasikan pada hunian anda bukan?

Kayu untuk ruang makan

ruang makan kayu trembesi
via woodartdecor.com

ditandai dengan bentuknya yang memanjang, tipe kayu jenis ini tentu cocok digunakan sebagai area berkumpul ketika makan, disamping itu juga corak dari meja seperti ini memberi tampilan yang menarik.

bentuknya yang tidak terlalu rapi, dilihat dari bentuk yang tidak sepenuhnya lurus.

hal ini malah memberi kesan yang natural, dimana dari sini dapat jadi pilihan yang menarik untuk membentuk tampilan ruang makan yang menarik.

Meja bersantai

gambar kayu trembesi pinterest

tidak hanya dari segi meja makan, meja bersantai dapa juga digunakan tipe bentuk meja seperti ini.

masih mempertahankan bentuj batang yang besar di sisi bawah, hal ini dapat sekaligus berfungsi sebagai kaki – kaki meja.

tipe kaki – kaki yang seperti ini malah lebih kokoh, dengan tingkat ketebalan yang memadai. bandingkan jika kaki meja lain, yang mana mengelilingi di 4 sudutnya saja.

permukaan meja yang unik

bentuk permukaan yang tidak dapat anda temui di tipe meja lain, dengan bentuk seperti ini, amat memberikan kesan yang natural. mungkin, tambahan beberapa tanaman indoor dilengkapi pot bisa jadi pilihan menarik!

Baca Juga  Desain Meja Kantor yang Simple

cocok digunakan di teras belakang

meja santai seperti ini tentu cock digunakan ketika anda senggang sambil duduk di teras halaman belakang, menikmati sore hari yang cerah. bentuk fisiknya amat menunjang tampilan teras halaman lebih cantik.

itu tadi beberapa hal dan manfaat dari kayu trembesi yang perlu anda ketahui. tertarik menggunakan kayu jenis ini?

Cek juga harga furniture kayu trembesi lainnya DISINI


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini