Kelebihan dan Kekurangan Blockboard VS Multipleks

mengetahui kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks tentu penting bagi anda yang bingung menentukan akan memakai yang mana, antara blockboard dan multipleks, mana yang lebih baik?

furnitur – furnitur yang berkualitas tentu tidak terlepas bahan baku utama yang digunakan tidak lain yakni material kayu yang dipakai. kedua komponen ini (blockboard dan multipleks) jadi “salah dua” jenis material kayu yang paling populer digunakan, terlebih untuk kebutuhan furnitur.

nah, terkadang, konsumen sering dibingungkan akan memiliih jenis material yang mana dari kedua pilihan ini, memilih blockboard atau multipleks? apalagi ketika memilih furnitur, tentu harapannya adalah furnitur dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama dengan mempertimbangkan bahan material yang digunakan.

sebenarnya, jenis material kayu antara multipleks dan blockboard sekilas terlihat sama, namun ada beberapa yang membedakan dari kedua jenis ini. tentu anda perlu mengetahui spesifik masing-masing material sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks.

seperti material dasar yang digunakan, blockboard disusun dari tumpukan jenis kayu-kayu lunak serta terkandung lapisan multipleks didalamnya. lain halnya yang terjadi pada multipleks, yang mana disusun oleh kayu solid pada proses pembentukannya.

Apa itu blockboard?

Kelebihan dan Kekurangan Blockboard VS Multipleks
via roberts-plywood.com

blockboard merupakan kumpulan kayu yang disatukan dalam bentuk potongan -potongan kecil (biasanya berbentuk kotak) yang sudah mengaami proses pemadatan.

blockboard juga memilki unsur yang melapisi pada permukaan sehingga punya permukaan yang cenderung halus. (lebih mirip seperti papan). proses pemadatan tersebut dihasilkan dengan menggunakan pemrosesan mesin.

blockboard sendiri sering diaplikasikan guna dijadikan barang furnitur jadi seperti salah satunya lemari. tak heran jika harga lemari bisa ditekan lebih terjangkau karena termasuk jenis bahan yang ekonomis.

bahkan, melansir dari iitk.ac.in, beberapa penggunaan lain yang menggunakan jenis blockboard juga bisa ditemui dalam bentuk badan bus, kerajinan laut, panel hingga rumah prefabrikasi. menarik ya?

Teakblock

nah, mungkin anda masih bingung karena sering menemui nama teablok? sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks., ketahui apa itu teakblock terlebih dahulu.

sebenarnya apa itu teablock? jenis teablok adalah sebuah blockboard yang dilapisi dengan kayu jati.

Apa itu multipleks?

Kelebihan dan Kekurangan Multipleks
via pinterest

sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan Blockboard vs Multipleks. ketahui juga yang tipe multipleks. jenis multipleks adalah jenis triplek yang digunakan terbuat dari susunan lembar kayu yang ditumpuk kemudian direkatkan dengan mesin press.

tak heran jika terlihat proses hasil press dapat terlihat pada sisi bagian pinggirnya. dari sini, anda menggunakan ciri ini untuk lebih mudah dalam membedakan jenis multipleks dengan yang lain.

Baca Juga  Desain Pilar Pagar Minimalis Bikin Rumah Lebih Berkelas

bagaimana multipleks dihasilkan?

sebelum beranjak ke kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks, ketahui dulu multipleks dihasilkan. proses dari diperolehnya kayu multipleks awalnya adalah dengan dilunakkan terlebih dahulu menggunakan sebuah mesin bermekanisme kerja dengan uap. setelahnya, tekstur kayu yang lunak kemudian dipotong menjadi lembaran – lembaran kecil.

barulah, setelah lembaran – lembaran kecil tercipta, semua ini di lem baru kemudian dipress menjadi satu buah balok kayu dengan tambahan partikel kayu supaya lebih kuat ketika digunakan.

Kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks

ada kalanya, pemilihan antara blockboard dengan multipleks kadang membingungkan ketika ingin dipilih. nah, untuk itu penting untuk anda mengetahui berbagai kkelebihan dan kekurangan Blockboard vs Multipleks antara 2 jenis kayu ini, apa saja?

Blockboard

berikut kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks dari segi blockboard

Kelebihan Blockboard

  • nilai yang lebih ekonomis dapat menghemat budget untuk dibelanjakan.
  • lebih halus karena dilapisi oleh veneer
  • tampilan yang lebih elegan

Kekurangan Blockboard

  • hanya mudah rekat dengan lem indor saha
  • karena dilapisi veneer kayu, pengunaan di area outdoor menyebabkan lebih mudah lapuk

Multipleks

berikut kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks dari segi multipleks

Kelebihan multipleks

  • batang fisik yang kuat serta stabil ketika diaplikasikan
  • memiliki tingkat durabilitas yang tinggi
  • jenis kayu yang kedap suara, cocok untuk digunakan meredam kebisingan
  • mudah dibentuk dan dipasang dengan kharakteristik yang fleksibel
Baca Juga  Tanam Bambu Hoki di Rumah, Rejeki Mengalir Lancar

Kekurangan bahan multipleks

  • ketahanannya akan berkurang jika terkena cuaca buruk secara terus-menerus
  • tidak cocok untuk penggunaan outdoor
  • ukuran yang tipis membutuhkan ekstra kehati-hatian yang tinggi supaya tidak patah

nah, itu tadi sekilas tentang penjelasan dari kelebihan dan kekurangan blockboard vs multipleks yang bisa anda jadikan sebagai referensi dalam pemilihan barang jadmi. tentu, pemilihan akan lebih baik didasarkan dengan apa yang menjadi kebutuhan, apakah jenis material tersebut cock untuk ditempatkan pada area indoor atau outdoor. jaddi, sudah tentukan akan memilih jenis material yang mana? semoga bermanfaat ya!

cek juga berbagai harga kebutuhan furnitur dan bahan bangunan lainnya DISINI.

“Qhomemart melayani pembelian online dan offline”


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini