Intermezo

Kelebihan dan Kekurangan Desain Dapur Terbuka

Desain dapur terbuka mulai banyak dilihat oleh masyarakat untuk diterapkan di rumah minimalis mereka. Dapur terbuka mulai diminati banyak orang karena desain dapur ini memberikan suasana dapur yang lebih lega.

desain dapur terbuka
source: baanlaesuan.com

Apa itu Desain Dapur Terbuka

Desain dapur terbuka adalah desain dapur yang terbuka. Dapur terbuka biasanya diletakkan menyatu tanpa sekat masif dengan ruangan yang lain. Dapur terbuka memiliki dua konsep, yaitu berdampingan langsung dengan ruang makan atau ruang keluarga serta konsep dapur terbuka yang berdampingan dengan taman belakang.

Bagi Anda yang suka dengan ruangan yang lega, konsep dapur terbuka ini sangatlah cocok untuk Anda. Meskipun terdapat beberapa kelebihan, tentunya dapur yang mengusung konsep terbuka pun memiliki beberapa kekurangan. Yuk lihat apa saja sih kelebihan dan kekurangan dapur terbuka?

desain dapur terbuka
source: noopaul

Kelebihan Desain Dapur Terbuka

Sirkulasi Udara yang baik

Konsep dapur terbuka akan membuat dapur di rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Tentunya dapur terbuka memiliki udara yang relatif lebih segar dibandingkan dengan konsep dapur indoor atau dapur di dalam ruangan.

Sirkulasi udara yang baik juga dapat membuat dapur Anda menjadi tidak lembap. Udara yang segar dan tidak lembap akan membuat dapur Anda terhindar dari bakteri dan pertumbuhan jamur. Meski begitu, Anda juga tetap harus membersihkan area dapur terbuka Anda dengan rutin ya.

Baca Juga  5 Tips Menggunakan Dekorasi Dapur Minimalis Kecil Untuk Ruangan Dapurmu

Ruang Gerak yang Lebih Luas

desain dapur terbuka 5
source: homebunch.com

Dapur terbuka memiliki ruang yang relatif lebih luas dibandingkan dengan dapur di ruangan tertutup. Tentunya karena dapur terasa lebih luas, Anda akan lebih mudah dan leluasa saat berkegiatan di dapur yang mengusung konsep terbuka.

Jika konsep dapur terbuka yang Anda miliki menyatu dengan ruang makan, Anda tentunya akan lebih leluasa untuk menaruh masakan yang telah matang ke meja makan tanpa perlu melewati sekat pembatas ruang. Anda juga akan lebih mudah menaruh piring kotor dan peralatan makan lain yang telah selesai digunakan ke bak cuci piring di dapur, bukan?

Selain itu, konsep dapur terbuka pun dapat menghemat biaya Anda. Anda tidak perlu membangun atau membeli penyekat ruangan dan dapat menggunakan satu furniture untuk dua ruangan. Lebih hemat bukan, tidak perlu membuat sekat pada dapur Anda?

Pemandangan yang Segar

Selain menyatu dengan ruangan lain, konsep dapur terbuka juga dapat dibuat menyatu dengan halaman belakang Anda. Jika konsep dapur terbuka yang Anda miliki menyatu dengan halaman belakang, Anda bisa memasak dan berkegiatan di dapur sambil menikmati pemandangan yang segar lho.

Selain itu, jika dapur Anda dekat dengan halaman belakang, Anda pun bisa mengadakan pesta kebun dan tidak perlu jauh-jauh ke dalam rumah ke area dapur. Anda juga bisa mengadakan pesta barbeque bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Baca Juga  88+ Desain Dapur Minimalis nan Cantik
desain dapur terbuka
source: ihome108.com

Kelemahan Desain Dapur Terbuka

Berisiko Terkena Hama

Memiliki dapur dengan konsep terbuka tentunya akan membuat dapur Anda rawan untuk dimasuki oleh hama. Hama seperti tikus dan kecoak dapat dengan mudah masuk ke dapur terbuka Anda. Tentunya Anda perlu mengusirnya karena akan membuat dapur Anda menjadi tidak sehat.

Jangan lupa baca perangkap tikus yang ampuh untuk membasmi tikus di sini.

Jika hari sedang hujan, pada konsep dapur terbuka yang dekat dengan halaman luar, Anda bisa mendapati cacing tanah yang ada di halaman naik ke dapur. Untuk itu, Anda sebaiknya membatasi area dapur terbuka Anda dengan halaman agar cacing tanah tidak mudah masuk saat hari hujan. Anda juga bisa memberi jarak yang cukup antara dapur dengan taman agar hama dari taman tidak mudah masuk ke dalam rumah.

Dapur Relatif Cepat Kotor

desain dapur terbuka
source: sulia.com

Dapur dengan konsep terbuka terutama menyatu dengan halaman akan relatif lebih cepat kotor. Dapur yang terbuka akan memudahkan debu dari luar masuk ke dalamnya. Area dapur terbuka juga berisiko terkena tampias air hujan saat musim hujan. Untuk itu sebaiknya gunakan atap atau kanopi yang cukup untuk menutupi area perbatasan antara dapur dan taman belakang rumah Anda, ya.

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan desain dapur terbuka. Apakah Anda tertarik untuk membuat dapur terbuka? Anda juga bisa lho membuat dapur terbuka di halaman. Jika bingung ingin desain dapur terbuka seperti apa, jangan lupa simak beberapa inspirasi dapur outdoor minimalis di blog Qhomemart.

Baca Juga  3 Langkah Mudah Cara Mengecat Tembok Motif Polkadot

Yuk belanja berbagai kebutuhan rumah Anda hanya di Qhomemart, pusat belanja terlengkap.

5/5 - (1 vote)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini