Kelebihan dan Kekurangan Genteng Tanah Liat untuk Atap Rumah

Penggunaan genteng tanah liat telah banyak digunakan di rumah-rumah di Indonesia. Meski telah banyak bermunculan jenis genteng maupun atap lainnya, ternyata masih banyak orang yang berminat menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat. Pasalnya, genteng dari tanah liat terbilang murah dan juga sangat cocok untuk digunakan pada iklim tropis seperti Indonesia.

Genteng tanah liat memiliki warna khas, yaitu cokelat kemerah-merahan. Sekilas, tampilan dari genteng ini mirip dengan genteng keramik, namun genteng tanah liat memiliki ketebalan yang berbeda dengan genteng keramik. Genteng yang dibuat dari tanah liat umumnya berukuran lebih tipis dan warnanya pun tidak mengkilap seperti keramik.

Genteng tanah liat tersedia dengan berbagai bentuk dan ukuran. Terdapat dua jenis finishing untuk genteng jenis ini, yaitu natural dan glazur transparan.

Kelebihan Genteng Tanah Liat

Genteng dari tanah liat banyak diminati karena ia memiliki berbagai kelebihan untuk hunian Anda. Penasaran apa saja sih kelebihan dari genteng jenis ini? Yuk simak kelebihannya di bawah ini.

Tahan Terhadap Berbagai Cuaca

Genteng yang terbuat dari tanah liat dikenal sebagai genteng yang tahan terhadap berbagai cuaca baik saat sedang terik matahari maupun diterpa derasnya hujan. Genteng ini tentunya sangat cocok untuk digunakan sebagai atap rumah. Selain itu, genteng ini juga dikenal tahan terhadap air hujan.

Baca Juga  Berbagai Kerajinan Keramik untuk Hunian yang Cantik

Menggunakan atap dari tanah liat pun cocok di hari terik karena tidak akan membuat bagian dalam rumah menjadi panas. Tanah liat mampu menahan panas matahari dan membuat area rumah tetap sejuk.

genteng tanah liat
source: pakclay.com

Ramah Lingkungan

Genteng yang terbuat dari tanah liat adalah genteng yang ramah lingkungan. Genteng ini menggunakan bahan baku alami, yaitu tanah liat. Pada genteng ini pun tidak terkandung bahan kimia berbahaya. Proses pembuatan dari genteng ini pun dilakukan secara tradisional sehingga tidak memerlukan bahan bakar fosil. Selain itu, genteng dari tanah liat yang telah rusak dapat dimanfaatkan kembali untuk keperluan lainnya.

Dapat Meredam Suara Bising

Genteng yang terbuat dari tanah liat pun memiliki kelebihan berupa mampu meredam suara bising. Bahan tanah liat ini memungkinkan genteng dapat meredam suara-suara di sekitarnya. Jika Anda menggunakan genteng tanah liat, suasana di dalam rumah dapat menjadi tidak terlalu bising. Saat hujan turun pun genteng ini dapat meredam suara tetesan air hujan sehingga tidak terlalu berisik.

Harga yang Terjangkau

Jika dibandingkan dengan jenis genteng lainnya, genteng tanah liat tergolong genteng dengan harga yang terjangkau. Genteng jenis ini pun mudah didapatkan dan mudah untuk dipasang. Selain itu jika Anda inggin mendapatkan genteng dari tanah liat dengan harga yang lebih murah, Anda bisa langsung membelinya ke tempat pengrajin genteng tersebut.

Baca Juga  Pilih kompor freestanding atau kompor tanam? Lihat kelebihan dan kekurangannya di sini
source: coastaltrusses.co.za

Kekurangan Genteng Tanah Liat

Dari sekian banyak kelebihan genteng dari tanah liat, tentu genteng ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kekurangan genteng yang terbuat dari tanah liat.

Proses Pemasangan yang Lama

Genteng yang terbuat dari tanah liat umumnya memiliki ukuran yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan genteng biasa. Oleh karena itu, proses pemasangan genteng tanah liat membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan jenis genteng lain. Apalagi Anda perlu memasangnya secara satu per satu dan memastikannya sudah terpasang dengan benar untuk menghindari terjadinya kebocoran.

Rentan Tertiup Angin saat Badai

Genteng dari tanah liat cenderung lebih gampang tertiup angin dibandingkan dengan jenis genteng yang lainnya. Hal ini terjadi karena genteng dari tanah liat memiliki bobot yang tidak terlalu berat. Saat angin yang cukup kencang meniup genteng, maka genteng pun dapat terbang dan jatuh terutama jika angin datang dari arah bawah. Selain itu, genteng dari tanah luat tidak direkatkan dengan menggunakan paku atau sekrup sehingga genteng dapat melorot.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya buatlah atap yang cukup landai agar genteng tidak mudah merosot maupun terbang tertiup angin.

Mudah Ditumbuhi Lumut

Genteng Anda setiap hari tentunya terpapar sinar matahari dan juga terguyur air hujan. Hal ini dapat membuat warna genteng lama-lama menjadi pudar. Selain itu genteng dari tanah liat pun mudah ditumbuhi lumut. Permukaan tanah liat yang lembap membuatnya lebih mudah berlumut. Untuk menghindari atap yang berlumut dan warna yang cepat pudar, Anda bisa melapisi permukaan genteng dengan menggunakan cat genteng yang berkualitas.

Baca Juga  Model Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru

Jika Anda mencari cat genteng yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Qhomemart. Tersedia pula berbagai kebutuhan rumah lainnya mulai dari lantai, atap, bahan bangunan, perlengkapan dapur, furniture, perlengkapan kamar mandi, dan lain sebagainya.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini