Intermezo

Kelebihan dan Kekurangan Granit yang Wajib Anda Ketahui

Kelebihan dan kekurangan granit – Penggunaan granit banyak ditemukan di rumah-rumah. Granit umumnya ditemukan sebagai material untuk lantai atau pun dinding dan meja dapur. Granit adalah jenis batuan yang berasal dari magma yang membeku. Sebagian besar material granit memiliki tekstur yang keras dan kuat. Oleh karena itu, granit banyak digunakan sebagai batuan untuk konstruksi.

Kelebihan dan Kekurangan Granit

Granit banyak diminati oleh masyarakat karena tampilannya yang terlihat mewah dan berkelas. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada juga loh kelebihan dan kekurangan granit. Yuk simak beberapa kelebihan dan kekurangan granit berikut ini!

Kelebihan Granit

Granit adalah material yang banyak diminati. Meskipun terlihat sempurna, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan granit yang wajib Anda ketahui. Apa saja sih kelebihan dan kekurangan granit? Mari kita bahas satu persatu kelebihan dan kekurangan granit mulai dari membahas kelebihan granit terlebih dahulu.

Kuat dan Tahan Lama

Bahan granit sangat kuat dan tahan lama. Granit tahan terhadap beban berat, gesekan, benturan, serta memiliki daya serap yang sangat kecil terhadap cairan. Dengan daya serap yang sangat kecil, kilau alami pada granit dapat bertahan lebih lama jika dibanding bahan lain dan memberikan kesan mewah.

Baca Juga  Apa Itu Rumah Adat Aceh Krong Bade Dan 5 Fakta Menariknya

Kekuatan batu granit dapat bertahan hingga 10 tahun dengan perawatan yang tepat. Tentunya hal ini akan membuat Anda berhemat karena Anda tidak perlu sering merenovasi dan mengganti granit Anda dengan yang baru.

Tahan terhadap berbagai cuaca

Selain dapat ditaruh di area indoor, granit juga dapat ditaruh pada area outdoor rumah minimalis Anda. Hal ini dikarenakan granit tahan terhadap berbagai cuaca seperti panas maupun hujan.

Material granit yang kuat juga membuat granit tidak mudah retak sehingga dapat lebih awet untuk rumah Anda. Selain itu granit juga tidak mudah lapuk, pecah, dan berjamur ketika suhu udara di dalam ruangan lembab karena cuaca yang sedang hujan.

Granit memiliki sambungan nat yang lebih tipis dan bisa terlihat seperti menyatu sehingga memberikan kesan eksklusif dan mewah. Granit memiliki permukaan yang lebih halus dan dapat lebih mudah untuk dibersihkan saat terkena noda.

Perawatan yang Mudah

Perawatan material granit terbilang cukup mudah. Anda cukup membersihkan permukaan lantai granit dengan menyapu dan mengepelnya. Untuk membersihkan permukaan meja granit pun cukup dengan mengelapnya dengan lap basah dan kemudian mengeringkannya.

kelebihan dan kekurangan granit
source: houzz

Kekurangan Granit

Dalam membahas kelebihan dan kekurangan granit, tentunya akan lebih lengkap jika menjabarkan pula beberapa kekurangan dari material granit tersebut.

Warna yang Tidak Menentu

Granit memang memiliki tampilan yang indah. Warna alami yang khas terdapat pada permukaan granit. Akan tetapi, warna-warna ini tidak dapat dibuat serupa dan sama persis karena batuan granit terbentuk secara alami. Hal ini mengakibatkan Anda tidak bisa memastikan bahwa tiap potongan lembar granit yang Anda dapatkan memiliki warna yang persis sama.

Baca Juga  Plafon Ruang Tamu Berbahan Gypsum

Harga Granit yang Cukup Tinggi

Harga granit terbilang mahal. Namun, tentunya hal ini sepadan dengan kualitas yang diberikan oleh material granit. Akan tetapi, jika Anda ingin membangun rumah murah, Anda perlu mempertimbangkan kembali jika ingin menggunakan material granit pada rumah Anda.

Memiliki Bobot yang Berat

Material granit memiliki bobot yang berat. Hal ini tentunya karena material granit terbuat dari batuan alam yang asli. Memiliki bobot yang cukup berat membuat pemasangan granit membutuhkan tenaga ekstra. Jika Anda tidak ingin memasang granit sendiri di rumah, Anda bisa memanggil jasa pasang granit untuk memudahkan pemasangan granit di rumah Anda.

Kegunaan Granit

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan granit, tentunya Anda juga penasaran apa saja kegunaan granit untuk hunian Anda bukan?

Granit untuk Meja Dapur

kelebihan dan kekurangan granit
source: myedmondsnews.com

Dewasa ini banyak orang yang mulai melirik material granit sebagai bahan untuk meja dapur. Granit sangat cocok untuk dijadikan meja dapur Anda. Granit dapur yang kuat cocok sebagai alas untuk Anda memasak. Tentunya saat Anda sedang memasak, Anda menggunakan benda tajam seperti pisau maupun menaruh beban yang berat pada meja Anda. Dengan menggunakan granit, tentunya meja Anda akan lebih awet dan kuat tahan lama jika dibandingkan dengan bahan lain seperti kayu atau keramik.

Granit Lantai

Lantai granit sangat cocok untuk ditempatkan di mana saja. Lantai granit indoor maupun outdoor dapat memberikan kemewahan tersendiri bagi hunian yang Anda miliki. Umumnya banyak yang suka untuk menggunakan lantai granit di area dapur. Lantai dengan material granit terbilang mudah dibersihkan dari noda sehingga lantai jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lantai dapur.

Baca Juga  Toko Granit Jogja Terbesar & Terlengkap di Qhomemart

Lantai granit juga dapat digunakan untuk pemanis ruang tamu Anda. Berbagai motif dan warna alami yang elegan dan mewah dapat membuat kesan eksklusif pada ruang tamu Anda.

granit lantai teras
source: dwell.com

Selain itu, Anda juga dapat menempatkan granit di area outdoor rumah Anda, salah satunya di bagian teras. Lantai granit dapat memberikan kesan mewah pada teras rumahmu. Selain itu, lantai granit juga dapat memberikan sensasi sejuk pada teras rumah karena lantainya terasa dingin. Dengan begitu bersantai di teras dapat lebih nyaman dan rumah Anda pun terlihat elegan dan cantik.

Bagaimana, apakah Anda makin mantap menggunakan granit setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan granit?

Qhomemart adalah toko granit jogja terlengkap yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Dengan berbagai pilihan granit yang beragam, Anda dapat menyesuaikan pemilihan granit dengan tema yang Anda angkat di rumah. Qhomemart juga menyediakan jasa potong granit jogja dan jasa potong keramik jogja. Dengan begitu Anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan ukuran granit dengan kebutuhan Anda. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini