Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket Kayu

Kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu — Lantai parket kayu sedang banyak diminati untuk dipasang pada hunian minimalis. Modelnya yang cantik dapat membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih indah. Sebelum Anda memilih untuk menggunakan lantai parket kayu, sebaiknya ketahuilah terlebih dulu kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu. Yuk simak kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket Kayu

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan lantai parket kayu, sebaiknya kenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu. Simak penjabarannya di bawah ini, ya!

Kelebihan Lantai Parket

Model Lantai yang Natural

Lantai parket dapat memberikan kesan yang natural pada hunian Anda. Menggunakan lantai parket juga dapat menghadirkan suasana kehangatan sehingga hunian Anda terasa lebih tenang dan damai. Lantai parket cocok digunakan oleh Anda yang suka dengan nuansa alam.

Motif Lantai Parket Variatif

Lantai parket kayu memiliki motif kayu yang beragam. Variasinya yang banyak membuat Anda lebih mudah dalam memilih model motif yang Anda suka sesuai dengan kebutuhan dan selera untuk rumah minimalis Anda.

Baca Juga  5 Ide Ruang Keluarga Yang Cocok Untuk Hunian

Lantai Kayu menawarkan Kenyamanan

Lantai parket kayu relatif lebih empuk jika dibandingkan dengan lantai keramik, lantai granit, atau lantai jenis lainnya. Banyak sekali ruang olahraga atau ruang bermain anak yang menggunakan lantai kayu. Hal ini karena lantai kayu yang relatif lebih empuk sehingga jika terpeleset tidak akan terlalu terasa sakit.

Lantai kayu juga dapat membuat ruangan menjadi tidak terlalu dingin meskipun saat musim hujan. Sifat kayu yang dapat menyimpan panas di siang hari dapat menghangatkan Anda di malam hari. Tentunya hal ini juga dapat berpengaruh pada kenyamanan di rumah Anda.

Lantai parket pun ramah terhadap kesehatan. Lantai parket yang tidak dingin ini relatif aman dan nyaman sehingga tidak berpotensi menimbulkan penyakit rematik.

Hunian terlihat Mewah dengan Lantai Parket Kayu

Selain memberikan nuansa alami dan natural, lantai parket pun dapat menghadirkan kesan elegan dan mewah. Jika Anda memolesnya dan memadukannya dengan furniture yang tepat, Anda akan memiliki hunian mewah dengan lantai parket kayu.

Kekurangan Lantai Parket Kayu

Menggunakan lantai parket kayu memang banyak memiliki kelebihan. Akan tetapi, ada pula lho kekurangan pada lantai karpet kayu. Inilah beberapa kekurangan dalam menggunakan lantai parket kayu.

Perawatan Ekstra

Jika Anda menggunakan lantai kayu, Anda perlu melakukan perawatan ekstra. Anda harus memolesnya dan juga rutin membersihkan lantai kayu. Tentunya perawatan lantai kayu berbeda dengan jenis lantai lain seperti keramik, granit, atau batuan lainnya.

Baca Juga  Jangan Salah Pilih! Ini Jenis - Jenis Matrial Kayu Untuk Bahan Bangunan

Dapat Berubah Bentuk

Perawatan ekstra pada penggunaan lantai kayu sangatlah penting. Jika Anda tidak merawat lantai kayu, maka lantai kayu Anda bisa berubah bentuk, baik mengecil atau pun melengkung sehingga terlihat kurang bagus dan dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Harganya cukup Mahal

Untuk mendapatkan kemewahan dan juga tampilan yang bagus, tentunya Anda perlu merogoh kocek lebih dalam. Lantai parket kayu yang memiliki kualitas tinggi terbilang cukup mahal. Pasalnya, untuk membuat lantai parket kayu berkualitas tinggi diperlukan kayu-kayu yang memiliki tingkat kekerasan dan keawetan yang bagus pula.

Penggunaan Lantai Parket Kayu

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu, apakah Anda sudah mantap untuk memilih menggunakan lantai kayu? Apakah Anda masih bingung pada area mana sajakah lantai parket kayu cocok untuk digunakan? Yuk simak ide-ide penggunaan lantai parket kayu di bawah ini!

Lantai Kayu untuk Kamar Mandi

source: ytc-files.com

Lantai parket kayu cocok pula untuk digunakan pada lantai kamar mandi. Akan tetapi mengingat kamar mandi adalah area yang lembab, Anda perlu sering-sering membersihkan dan mengeringkannya. Tentunya jika Anda ingin menggunakan lantai kayu pada kamar mandi, maka Anda sebaiknya memilih untuk membuat kamar mandi Anda menjadi jenis kamar mandi kering dan area basah pada kamar mandi Anda hanya terletak pada area shower untuk mandi atau area bathtub.

Baca Juga  6 Inspirasi Interior Rumah Mewah Modern di 2022, Bergaya Ala Sultan!

Anda bisa menggunakan lantai kayu pada area kering di kamar mandi Anda dan gunakan keramik kamar mandi pada area kamar mandi yang basah.

Pastikan Anda memiliki keset untuk menyerap air di kamar mandi agar lantai parket kayu tidak mudah rusak, ya!

Lantai Kayu untuk Ruang Tamu

source: flooringsupplies.co.uk

Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang perlu Anda perhatikan tampilannya. Menggunakan lantai kayu tentunya dapat mempercantik area ruang tamu Anda. Selain itu Anda juga dapat menerima tamu dengan lebih nyaman menggunakan lantai parket kayu. Padukan pula lantai parket kayu Anda dengan furniture berbahan dasar kayu untuk memberikan nuansa alami lebih maksimal.

Kamar Tidur dengan Lantai Kayu

source: rilane.com

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu, tentunya Anda juga menyadari bahwa lantai parket kayu cocok untuk digunakan pada kamar tidur Anda. Lantai parket kayu dapat menambahkan kenyamanan pada area kamar tidur Anda. Anda juga dapat menambahkan karpet pada kamar Anda untuk memberikan kenyamanan yang lebih lagi.

Bagaimana? Apakah Anda mulai tertarik menggunakan lantai kayu setelah melihat kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu di atas? Yuk lengkapi kebutuhan lantai kayu dan perlengkapan rumah tangga lainnya dengan berbelanja di Qhomemart. Koleksi lantai parket kayu yang Qhomemart miliki lengkap dan cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini