Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi untuk Hunian Minimalis

Memilih pagar untuk hunian Anda tentu memerlukan banyak pertimbangan. Jenis dan bahan material untuk membuat pagar pun beragam, ada pagar besi, pagar kayu, pagar tembok, maupun pagar bambu. Dewasa ini penggunaan pagar besi banyak diminati untuk rumah-rumah minimalis. Selain untuk keamanan di rumah, modelnya yang beragam dapat membuat rumah Anda terlihat lebih indah.

Meskipun terdapat berbagai material, Anda perlu memilih material yang paling tepat. Jika Anda tertarik untuk memilih pagar besi pun Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan pagar besi.

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi

Kelebihan Pagar Besi

Pagar sangatlah penting sebagai batas antara rumah Anda dengan jalan. Pagar dengan bahan material besi memiliki berbagai model yang cantik untuk hunian Anda. Namun tentu saja setiap material pagar memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut.

Kuat

Pagar dengan bahan material besi terbilang lebih kuat jika dibandingkan dengan pagar kayu maupun pagar bambu. Pagar besi tidak mudah hancur dan lebih kokoh jika dibandingkan dengan material lainnya.

source: ironcraft.co.uk

Tahan Lama

Pagar yang terbuat dari besi tentunya lebih awet dan tahan lama. Apalagi jika dibandingkan dengan bahan kayu yang dapat lapuk, melengkung, atau mengering jika perawatannya tidak baik. Pagar dengan bahan material besi sangat awet dan dapat tahan hingga bertahun-tahun. Jika Anda merawat besi dengan baik, Anda akan memiliki pagar besi yang lebih awet lagi. Selain itu, besi pun kebal terhadap serangan hama seperti rayap maupun hewan pengerat yang dapat merusak pagar berbahan kayu maupun bambu.

Baca Juga  Cantiknya Gaya Interior Scandinavian Untuk Rumah - Rumah di Indonesia

Memiliki Berbagai Desain Cantik

Pagar besi memiliki berbagai desain dan pola yang unik dan juga cantik. Anda bisa memesan ukuran maupun bentuk pagar yang Anda suka untuk dapat membuat pagar Anda memiliki kesan personal. Anda bisa memilih besi dengan model minimalis untuk hunian minimalis maupun besi dengan model meliuk-liuk untuk mengesankan desain klasik dan mewah. Menggunakan pagar besi pun dapat membuat hunian Anda terlihat lebih elegan dan kuat.

Kekurangan Pagar Besi

source: correctlydesign.com

Harga yang Relatif Tinggi

Pagar besi memang memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan pagar dengan bahan lainnya, akan tetap harga untuk pagar besi terbilang mahal. Jika Anda memiliki budget terbatas, Anda bisa memilih pagar besi dengan model minimalis dan simpel atau mungkin bisa memilih bahan material lain untuk membuat pagar.

Tidak Cocok Untuk Daerah Curam

Untuk daerah atau area yang memiliki lanskap cukup curam, penerapan pagar besi dinilai kurang cocok. Pagar besi kurang fleksibel saat dipasang di area yang memiliki tingkat kemiringan cukup tajam.

Perlu Perawatan Intensif

Bahan material besi mudah teroksidasi dan dapat menimbulkan karat. Untuk mencegah pagar besi Anda berkarat, Anda perlu melakukan perawatan intensif untuk membersihkan karat dan mengecatnya kembali. Jika Anda ingin menggunakan pagar besi, sebaiknya lapisi pagar Anda dengan cat anti karat sehingga besi Anda dapat menjadi lebih awet.

Baca Juga  7 Gambar Pagar Rumah Terbaik Untuk Hunian Anda

Bagaimana, sudah mantap kah Anda untuk menggunakan pagar besi di rumah?


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini