Tips & Trick

Pantry Dapur, Menilik Kelebihan dan Kekurangannya

Pantry sudah jadi salah satu elemen pelengkap untuk rumah modern masa kini. Keberadaannya kian diminati kalangan pemilik rumah, bukan hanya sebagai pelengkap dapur saja, namun lebih dari itu

Dapur sering kali tidak tertata rapi apalagi setelah selesai penggunaan (read : memasak). Bukan tanpa sebab, semua kegiatan memasak dan bahan makanan maupun peralatan masak, semuanya berada disini. Banyaknya volume barang dan bahan makanan mengkibatkan penghuni rumah (terkadang) lalai dalam memperhatikan sisi kerapian. Padahal, dapur yang rapi lebih memudahkan penghuni untuk memakai dapur dan tentu saja dapat menikmati nikmatnya proses memasak sebuah makanan.

Bagi para pemilik rumah, renovasi sering kali dilakukan guna mewujudkan dapur yang rapi dan nyaman. Baik membuat tampilan baru maupun tambahan beberapa aspek, jika sudah begini tentu saja budget di nominal tertentu perlu di anggarkan bukan? Nah, kabar baiknya, anda tidak perlu mengeluarkan renovasi total tersebut lho homeowner! Pantry tidak akan semahal itu, hal ini bisa jadi solusi dari permasalahan dapur tidak rapi tersebut.

Solusi Dapur Rapi

pantry dapur
via unsplash

Bagaimana kesan pertama melihat kondisi dapur yang berantakan? Tentu saja, mood untuk memasak bisa hilang. Peralatan yang berserakan bukan hanya sulit untuk dicari, namun dapat pula membahayakan penghuni rumah.

Baca Juga  8 Tips Merawat Lemari Kayu

Penggunaan penata ruang dapur satu ini bisa menjadi solusi yang cepat, anda tidak perlu mentata ulang dapur, namun tinggal meletakkan sebuah pantry yang kemudian menata bagian – bagian supaya lebih tertata. Pantry merupakan area penyimpanan yang memisahkan ruang – ruang baik untuk bahan makanan maupun peralatan dapur.

Bahan makanan seperti minyak, telur, tepung hingga sayur mayur tidak lah jauh – jauh dari sajian sehari – hari. Pun dengan peralatan masak seperti wajan penggorengan, spatula hingga beberapa alat lain. Kondisi dapur yang tertutup, hal ini membuat tempat penyimapan dapat bekerja dengan baik melindungi bahan makanan maupun peralatan masakan.

Kelebihan Penggunaan Pantry

pantry
via unsplash.com

Tatanan lebih rapi / Well Organized

Salah satu manfaat rapi ialah bagaimana semua dapat diatur lebih terorganisir. Dalam ruang lingkup dapur, anda tidak akan kebingungan atau memerlukan waktu lama lagi ketika mencari peralatan wajan penggorengan untuk memasak. Mencari alat untuk menanak nasi, aktivitas seperti ini tentu akan setiap hari ditemui bukan?

Tambahan ruang penyimpanan

Penyimpanan salah satu hal penting, yang wajib di miliki di area dapur. Itu sebabnya, pantry menolong anda menyimpan banyak macam bahan makanan ataupun peralatan lebih sempurna. Meminum kopi di pagi hari adalah cara yang tepat untuk memulai hari, membuatnya lebih mudah jika penyimpanan mudah dijangkau bukan? Dengan banyaknya ruang penyimpanan, tentu saja dapur dapat lebih disesuaikan dengan selera maupun gaya hidup seseorang.

Baca Juga  Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana di Rumah

Menyembunyikan kekacauan

Apa yang terjadi ketika seorang kerabat maupun saudara berkunjung ke rumah anda? alih – alih membantu, mungkin akan ada sedikit rasa risih atau canggung ketika seseorang yang bukan orang rumah mengetahui kondisi dapur dalam kondisi berantakan bukan? nah, adanya pantry tentu saja dapat membantu membuat kondisi dapur anda tetap rapi dan terjaga.

Daya tarik

Sebagian orang menganggap dapur sebagai “jantung” dari rumah. Hal tersebut karena, bagian rumah satu ini salah satu elemen yang wajib ada pada rumah, bahkan tak jarang juga ada pada gedung perkantoran. Sebagai salah satu ruang yang punya “traffic” tinggi, memiliki dapur yang rapi adalah salah satu keuntungan yang bermanfaat.

Hal ini juga jadi pada gedung perkantoran, lihat saja beberapa dari mereka memiliki fasilitas yang lengkap, yang juga bagian pendukung operasional kantor. Penting sekali bukan?

kelebihan dan kekurangan pantry
via unsplash.com

Kekurangan

Harga sedikit mahal

Walau mahal itu relatif, tentu saja anda perlu mengeluarkan dana khusus untuk mendapat tampilan dapur menggunakan tempat penyimpanan satu ini. Di sisi lain, anda mungkin memerlukan jasa professional untuk memasang tempat penyimpanan secara sempurna. Walau begitu, ini tidak lah semahal dibanding anda merenovasi total sebuah dapur dengan tampilan maupun tatanan yang baru.

Tidak banyak bentuk

Bentuk pantry dari waktu ke waktu tidak banyak berubah. Umumnya, desain kotak adalah desain paling sering ditemui maupun umum di temui. Bagaimana jika anda ingin mengaplikasikan tempat penyimpanan dalam ruang yang sempit? Umumnya, ukuran pantry sedikit lebih besar. Jika anda memerlukan pantry khusus sesuai bentuk yang di inginkan, hal yang anda perlu lakukan pertama kali ialah mendatangi jasa professional untuk desain yang sesuai permintaan.

Baca Juga  Jenis Tandon Air Umum Yang di Pakai Sehari-hari

Menarik ya ? itu tadi kelebihan dan kekurangan jika anda ingin mengaplikasikan pantry di rumah, semoga bermanfaat! cek juga harga perlengkapan dapur lainnya dengan klik  DISINIkonsultasikan gratis dengan klik link dibawah.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini