Yuk Kenali 6 Jenis Monstera untuk Percantik Hunian Anda

Akhir-akhir ini makin banyak masyarakat yang menggemari tanaman hias, salah satunya adalah tanaman hias monstera. Merawat tanaman hias telah menjadi salah satu gaya hidup bagi orang-orang, terutama pada masa pandemi seperti ini.

Orang-orang mulai mencari kesibukan dan aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah. Aktivitas yang diminati oleh mereka salah satunya adalah dengan berkebun. Selain membuat aktivitas berkebun menjadi menyenangkan, ternyata melihat tanaman juga dapat menghadirkan ketenangan tersendiri lho.

Monstera adalah salah satu tanaman hias yang sedang banyak diminati oleh masyarakat. Ia juga dapat dikenal dengan sebutan Sweet cheese plant. Nama tanaman ini diambil dari bahasa latin monstrou yang artinya tidak normal. Hal ini dikarenakan bentuk daunnya yang terlihat tidak normal karena berlubang.

Namun, jenis daun berlubang inilah sumber keindahan dari tanaman hias monstera. Tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman indoor. Selain dapat membuat ruangan Anda terlihat cantik, Anda juga bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk dengan kehadiran tanaman ini.

Apakah Anda berminat untuk menanam tanaman indoor di rumah? Atau Anda tertarik untuk menanam monstera di halaman rumah? Yuk kenali terlebih dahulu jenis-jenis tanaman monstera yang cocok untuk menghiasi hunian Anda!

Monstera Deliciosa

monstera deliciosa
source: gumtree

Monstera Deliciosa adalah jenis yang paling umum ditemukan. Ciri-ciri dari jenis ini adalah memiliki daun yang lebar dengan lubang-lubang memanjang dan membentuk menyerupai jari di bagian pinggirnya. Ukuran daun pada jenis ini tampak besar dan hampir menyerupai bentuk hati.

Baca Juga  3 Trik Rahasia Cara Menata Ruang Tamu Jadi Lebih Indah

Warna daun ini adalah hijau. Semakin tua daun, maka warna daun pada tanaman ini akan terlihat semakin hijau pekat. Tanaman ini biasa dijadikan sebagai dekorasi interior pada rumah minimalis. Tanaman ini pun dapat hidup di suhu 20-30 derajat Celcius.

Ternyata jika ditanam di tanah, monstera dapat tumbuh merambat atau menjalar dan ukuran daun akan menjadi lebih besar. Jangan khawatir, meski begitu, tanaman ini juga dapat hidup dengan baik di dalam pot, kok.

Monstera Variegata

monstera variegata
source: monsteramania.com

Variegata adalah jenis monstera yang langka dan sangat jarang ditemui. Harga jual tanaman hias jenis variegata ini terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya yang lebih mudah untuk ditemukan.

Kelangkaan itu karena tampilan monstera jenis ini sangat unik. Daun pada jenis variegata memiliki perpaduan warna hijau dan putih kekuningan yang tidak beraturan dan tidak sama antara helai daun satu dengan helai daun lainnya. Ukuran daun pada jenis ini pun cenderung lebih kecil dibandingkan jenis deliciosa.

Apakah Anda berminat untuk mengoleksi jenis variegata ini? Tentunya tanaman hias jenis ini akan sangat cantik jika ditaruh di area ruang tamu Anda. Selain dapat membuat sejuk dan menyegarkan, tentunya tanaman tersebut dapat menambah keindahan ruang tamu minimalis Anda.

Monstera Borsigiana

monstera borsigiana
source: plantsworld.in

Jenis borsigiana adalah jenis monstera yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Bentuk permukaan daunnya sangat mirip dengan jenis deliciosa. Perbedaan yang terlihat pada kedua jenis monstera ini adalah ukuran daun yang berbeda. Jenis borsigiana memiliki ukuran daun yang lebih kecil dengan lubang-lubang pada daun yang lebih berjarak.

Baca Juga  Desain Kursi Kayu Minimalis Paling Keren

Ukurannya yang terbilang kecil dapat memudahkan Anda untuk meletakkannya di mana saja. Anda bisa menanamnya di halaman rumah, teras, balkon, sebagai tanaman gantung, atau pun di dalam rumah untuk dijadikan tanaman indoor.

Monstera Adansonii

monstera adansonii
source: herbballs.com

Adansonii adalah jenis monstera yang cukup mirip dengan deliciosa. Akan tetapi, daun pada adansonii hanya terdapat pada di permukaan bagian tengah daun. Ukuran daun jenis ini pun relatif lebih kecil dengan warna gradasi hijau tua dan hijau muda yang terlihat indah.

Batang tanaman adansonii tidak terlalu kaku sehingga dapat dijadikan sebagai tanaman hias gantung di rumah.

Monstera Obliqua

monstera obliqua
source: gardentags.com

Jenis monstera lain yang terbilang langka adalah Obliqua. Ciri-ciri pada jenis obliqua ini adalah memiliki ukuran daun yang cukup kecil dengan motif lubang besar-besar di permukaannya. Selain itu, daun pada obliqua pun cenderung lebih tipis jika dibandingkan dengan jenis yang lain.

Obliqua cenderung memiliki ukuran tanaman yang cukup kecil sehingga cocok untuk diletakkan di atas meja. Akan tetapi, sebaiknya hindari untuk meletakkan benda-benda lain di sekitar obliqua. Daunnya yang cenderung tipis akan relatif rawan sobek saat terkena benda lain.

Monstera Dubia

monstera dubia
source: davesgarden.com

Jenis ini adalah jenis monstera yang paling berbeda dengan jenis-jenis lainnya. Monstera dubia memiliki helai daun yang utuh dan tidak berlubang seperti pada jenis lain di keluarga tanaman hias monstera. Ukuran daun jenis dubia ini lebih kecil dengan bentuk yang cenderung bundar dan mengerucut pada bagian ujung daun.

Baca Juga  Tips Dekorasi Rumah Minimalis tapi Mewah

Keunikan pada daun dubia adalah tulang daun yang sangat terlihat di permukaannya sehingga terlihat motif alami yang indah. Perpaduan warna hijau dan putih pada permukaan daun dubia ini pun membuat tampilannya menjadi lebih cantik.

Monstera jenis ini tumbuh secara merambat. Biasanya dubia dibiarkan merambat di media tanam yang berbentuk papan. Akan tetapi Anda juga bisa menanamnya pada tembok luar rumah Anda sebagai penghijau tembok.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menanam aneka jenis monstera? Jenis manakah yang paling Anda sukai dan ingin segera membawa pulangnya untuk Anda rawat?

Jika Anda butuh pot hias, Anda bisa membelinya di Qhomemart. Selain itu, lengkapi pula kebutuhan rumah Anda mulai dari lantai, atap, bahan bangunan, furniture, dekorasi, perlengkapan kamar mandi, dan lain sebagainya dengan berbelanja di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini