Apa Itu Jalusi? Kenali Pengertian, Jenis, dan Manfaat Jalusi untuk Hunian Anda

Pernahkah Anda mendengar Jalusi? Meskipun jarang sekali terdengar, namun banyak yang sudah menggunakannya untuk rumah mereka. Jalusi adalah salah satu model jendela rumah yang terbuat dari kayu dan biasanya tidak menggunakan kaca. Jalusi biasanya umum digunakan untuk rumah berdesain klasik maupun vintage. Hal ini karena desain jalusi yang terbuat dari kayu terlihat klasik dan elegan cocok untuk desain rumah jaman dulu.

Apa itu Jalusi?

source: alibaba

Jalusi atau biasa disebut krepyak adalah ornamen pada jendela yang memungkinkan sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Jendela yang terdapat jalusi memiliki kisi-kisi yang dipasang secara horizontal atau vertikal. Jalusi atau krepyak ini umumnya digunakan pada jendela berlapis. Ini berfungsi untuk menutup jendela dengan lebih rapat dan sebagai penutup.

Jenis-jenis Jalusi

source: cdn.net

Jalusi tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ukuran jalusi tentu saja berbeda-beda, tergantung dengan ukuran kusen jendela hunian Anda. Sebelum memesan jalusi, sebaiknya ukur terlebih dahulu jendela dan kebutuhan Anda agar barang yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada jaman dulu, hanya bisa dibuat dari bahan kayu. Jenis-jenis yang terbuat dari kayu umumnya dapat Anda temukan di rumah-rumah dengan desain rumah jaman dulu. Akan tetapi kini jalusi dapat dibuat dari bahan lain seperti bahan plastik, kaca, maupun aluminium. Tentunya Anda bisa memilih bahan yang paling cocok untuk Anda gunakan di rumah Anda.

Baca Juga  10 Desain Meja Rapat Untuk Kantor/Startup Modern

Jalusi juga bisa dibuat buka tutup dengan pengait maupun biasa. Anda tentunya bisa menyesuaikan model yang Anda inginkan dengan kebutuhan untuk hunian di rumah Anda.

Manfaat Jalusi

jalusi
source: glassonweb.com

Jalusi sangatlah bermanfaat untuk hunian Anda. Jalusi berguna untuk menambah sirkulasi udara di dalam rumah.

Tentunya udara di dalam rumah sangatlah penting untuk kesehatan Anda. Jika sirkulasi udara di rumah Anda tidak baik dan tidak bisa membuat udara di dalam rumah berganti tentu akan mengganggu kesehatan Anda. Sirkulasi yang buruk pada rumah juga dapat menyebabkan rumah menjadi lembap dan tidak sehat.

Terkadang kita merasa kurang ventilasi di rumah sehingga rumah terasa pengap dan tidak nyaman. Dengan menggunakan jendela berjalusi, Anda bisa menambahkan sirkulasi udara yang membuat udara di rumah Anda menjadi lebih bersih dan segar.

Cara Membersihkan Jalusi

Tentunya membersihkan jalusi secara berkala perlu dilakukan. Debu yang menempel di material krepyak ini akan membawa kotoran masuk ke dalam rumah. Hal ini dapat membuat rumah menjadi lebih kotor. Oleh karena itu Anda perlu membersihkan jendela krepyak tersebut dengan seksama dan rutin. Lalu bagaimana sih cara membersihkan jalusi dengan maksimal agar bisa menjangkau celah kecil dari jendela tersebut? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Gunakan Lap Basah

Untuk membersihkan bagian jendela tersebut, Anda bisa menggunakan lap basah. Basuhlah permukaan jalusi dengan lap basah untuk menghilangkan debu yang terdapat di permukaannya. Bilas lap, kemudian ulangi lagi membasuhnya untuk menghilangkan debu dengan maksimal.

Baca Juga  Apa itu Rumah Lelang? Yuk Kenali Faktanya

Gunakan Sikat

Untuk menjangkau tepian sela kecil pada kisi-kisi jendela jalusi, Anda bisa menggunakan bantuan sikat. Gunakanlah sikat gigi bekas yang memiliki ukuran kecil dan dapat menjangkau ke sela-sela untuk membersihkan debu yang terdapat pada jalusi. Anda bisa melakukannya sehari sekali atau dua hari sekali agar debu tidak terlalu menumpuk dan jendela Anda senantiasa dalam keadaan bersih.

Periksa Cat Jalusi, Lapisi dengan Cat yang Tepat

Perawatan pada jalusi tidak hanya terbatas pada perawatan kebersihan. Kondisi dari jalusi pun perlu Anda perhatikan. Sebaiknya Anda memeriksa bagian daun jendela maupun jalusi tersebut apakah ada yang rusak atau tidak. Jika terdapat bagian yang rusak, segeralah perbaiki agar jalusi tetap dapat berfungsi dengan baik.

Anda juga perlu mPeriksa bagian daun atau kisi-kisinya, apakah ada yang rusak atau tidak. Jika ada yang rusak, sebaiknya segera diperbaiki. Selain itu, peremajaan cat juga penting dilakukan. Memilih warna cat yang tepat bukan hanya memberikan ciri khas menarik pada Jalusi, tetapi juga menjaganya agar lebih tahan lama.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini