Dekorasi

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Papan MDF

Penggunaan kayu pada kebutuhan rumah tentu sudah tidak asing lagi. Kayu adalah salah satu bahan yang sangat dibutuhkan, baik untuk membangun rumah maupun sebagai bahan baku untuk pembuatan furniture. Tersedia kayu asli maupun kayu yang telah diproses untuk dijadikan papan, salah satunya adalah papan MDF.

Apa Itu MDF?

MDF atau medium density fiberboard adalah lembaran kayu yang terbuat dari serpihan kayu yang dipadatkan. Serat kayu tersebut adalah gabungan antara serat kayu lunak dan serat kayu keras yang disatukan dengan lem bertemperatur dan tekanan tinggi. Umumnya papan mdf ini dapat dibuat sebagai material bangunan maupun sebagai bahan pembuatan dari berbagai furniture.

Kayu MDF berasal dari

Proses Pembuatan Papan MDF

Proses pembuatan papan MDF perlu melalui berbagai macam tahapan. Jika kayu masih berbentuk bongkah besar, kayu akan dipotong menjadi ukuran kecil dan dipisahkan dari material lain yang mengandung bahan lain seperti kaca, kertas, maupun logam. Bahan lain yang umumnya ditambahkan pada potongan kayu tersebut adalah sebuk gergaji.

Setelah dipisahkan dan dimasukkan bahan tambahan, bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam mesin defibrating. Mesin ini kemudian mengubah bahan kayu tersebut menjadi bubur kertas. Setelah itu bubur kertas tersebut akan diproses melalui conveyor belt untuk ditambahkan bahan lain, yaitu bahan lem resin dan juga bahan wax. Hal ini agar bubur dapat lebih tahan air dan dapat merekat kuat saat dibentuk dan dipadatkan.

Baca Juga  Katalog Warna Warna Cat Nippon Paint Elastex Waterproof

Tahap berikutnya, adonan tersebut dibentuk menjadi lembaran tikar tebal yang memiliki ketebalan sama dan konsisten. Potongan tersebut kemudian akan dipotong kasar dan dimasukkan ke mesin dengan suhu dan proses penekanan yang tinggi. Setelah itu, potongan tersebut akan menjadi panel MDF yang dihasilkan akan sesuai dengan ketebalan yang diinginkan oleh produsen. Agar lebih halus, hasil akhir tersebut kemudian akan diamplas dan dipotong sesuai kebutuhan.

papan mdf 2
source: hometriangle.com

Kelebihan dan Kekurangan MDF

Material MDF cukup banyak diminati. Setiap material tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yuk kita lihat sebenarnya apa saja sih kelebihan dan kekurangan bahan MDF?

Kelebihan Papan MDF

Tentunya bahan material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya. Lalu apa saja sih kelebihan papan MDF?

Harga Relatif Murah

Harga papan MDF terbilang murah. Jika dibandingkan dengan kayu solid ataupun plywood, kayu MDF tentu lebih murah. Hal ini karena kayu MDF terbuat dari bahan-bahan sisa seperti potongan kayu dan juga serbuk gergaji. Meskipun terbuat dari potongan kayu, akan tetapi olahan kayu MDF tetap memiliki ketahanan yang baik.

Permukaan Papan Halus

Kayu MDF memiliki permukaan yang halus. Hal ini karena kayu MDF dibuat dengan melalui proses yang panjang, salah satunya adalah tahap pengamplasan pada kayu. Permukaan kayu MDF yang halus akan mempermudah Anda untuk mengecatnya dalam berbagai warna dibandingkan jika Anda mengecat pada kayu biasa.

Baca Juga  6 Tips Membuat Ruang Tamu Sederhana yang Oke dan Nyaman

Serbaguna

Kayu MDF adalah kayu yang cukup serbaguna. Hal ini karena kayu jenis ini dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam barang. Banyak perabot yang dibuat dengan menggunakan kayu MDF seperti meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. Selain itu, kayu MDF juga bisa dimanfaatkan sebagai material bangunan. Terkadang kayu ini juga digunakan untuk membuat kerajinan tangan.

Kayu MDF juga memiliki kelebihan yaitu dapat menyerap suara dengan baik. Hal ini membuat kayu tersebut cukup banyak dimanfaatkan untuk mendukung sound system atau untuk membuat ruangan kedap suara di rumah maupun di kantor.

Mudah Dipotong dan Dibentuk

Kayu MDF adalah kayu yang mudah dipotong dan juga dibentuk. Kayu ini merupakan kayu olahan sehingga lebih mudah jika Anda ingin membentuknya menjadi berbagai bentuk. Anda juga bisa memotong kayu ini dengan menggunakan gergaji biasa karena tekstur kayu ini tidak sekeras kayu pada umumnya. Namun, kayu ini tetap memiliki daya tahan yang cukup kuat.

papan mdf 1

Kekurangan Papan MDF

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun bahan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Yuk simak beberapa kekurangan kayu MDF di bawah ini.

Menyerap Air

Kayu MDF terbuat dari campuran lilin, namun kayu ini lebih mudah menyerap air dibanding jenis kayu lainnya. Hal ini karena bahan pembuatan dari kayu ini bukan dari kayu solid. Sebaiknya Anda perlu berhati-hati saat menyimpan kayu ini. Suhu ruangan yang terlalu lembap dapat membuat kayu ini menjadi berjamur. Untuk membersihkan kayu, sebaiknya jangan menggunakan air agar tidak mudah rusak. Bersihkan saja dengan menggunakan lap bersih yang kering.

Baca Juga  Asrinya 6 Rumah Minimalis Tampak Depan Terbaik di 2024

Tidak mengikat sekrup atau paku dengan baik

Berbeda dengan kayu solid, kayu MDF tidak dapat mengikat sekrup dengan baik. Hal ini karena kayu MDF terbuat dari kayu yang tidak solid. Jika Anda salah memasang paku pada kayu MDF dan hendak memperbaikinya dengan memaku untuk kedua kalinya di tempat yang sama, paku tersebut tidak dapat terpasang dengan baik dan berpotensi merusak kualitas kayu.

Bagaimana, apakah di rumah Anda terdapat perabot dengan bahan kayu MDF? Atau Anda berniat untuk membeli perabot dengan bahan MDF?

5/5 - (1 vote)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini