Kenali Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Keberadaan plafon untuk rumah Anda sangatlah penting. Plafon memiliki berbagai jenis tergantung dari bahan pembuatannya. Salah satu plafon yang cukup populer untuk digunakan di rumah-rumah adalah plafon gypsum. Meski terdapat jenis plafon lain seperti plafon asbes, plafon kayu, plafon triplek, plafon PVC, maupun plafon metal, plafon gypsum tetap banyak diminati.

Plafon sangatlah penting dan berguna untuk rumah Anda. Plafon berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi ruangan dan menutupi lantai struktur atap di atas. Plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan, dan keindahan ruangan di rumah.

Plafon dapat membuat ruangan di bawah atap menjadi terlihat bersih dan tentunya rangka atap dapat tertutup. Kotoran dari bidang atap melalui celah-celah genteng pun dapat tertahan dengan adanya plafon. Selain itu, plafon juga dapat berguna untuk mengurangi panas dari teriknya sinar matahari yang dapat masuk melalui bidang atap.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum

Tentunya setiap jenis plafon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, salah satunya adalah plafon gypsum. Yuk kenali kelebihan dan kekurangan plafon gypsum.

Baca Juga  Jual Juragan Atap di Qhomemart

Kelebihan Plafon Gypsum

Harga Plafon Gypsum yang Terjangkau

Dibandingkan dengan bahan lain, bahan gypsum untuk pembuatan plafon relatif lebih murah dan terjangkau. Tentunya jika Anda ingin berhemat dalam membangun rumah namun tetapi menginginkan tampilan yang cantik, Anda bisa menggunakan plafon dengan bahan gypsum.

Tampilan Lebih Rapi dan Memiliki Variasi Desain

Plafon dengan bahan gypsum cukup digemari karena dapat menghasilkan tampilan plafon yang lebih rapi. Selain itu, dengan menggunakan gypsum, plafon Anda pun dapat terlihat lebih halus, rapi, dan cantik.  Pengerjaan plafon pun dapat dibuat dengan berbagai model sehingga tidak hanya plafon polos namun bisa memiliki desain yang cantik seperti ukiran dengan berbagai pilihan. Tentunya ukuran gypsum tersebut dapat memperindah ruangan Anda.

Bahan Gypsum Tidak Mudah Terbakar

Bahan gypsum memiliki ketahanan terhadap api. Bahan ini tidak mudah terbakar sehingga cenderung aman untuk digunakan pada hunian Anda.

Perawatan yang Mudah

Merawat plafon berbahan gypsum pun relatif lebih mudah dirawat. Jika plafon gypsum rusak, Anda tidak perlu repot-repot menggantinya dengan 1 lembar gypsum, namun dapat merapikan area yang rusak dengan compound. Jika Anda ingin mengganti plafon gypsum yang rusak, Anda bisa hanya mengganti bagian gypsum yang rusak dengan yang baru dan tidak perlu mengganti keseluruhan plafon.

Anti Rayap

Bahan material gypsum terbuat dari batuan sedimen. Material ini tak disukai oleh rayap sehingga plafon Anda akan aman dari serangan rayap.

Baca Juga  Gunakan 7 Barang Simpel Ini Untuk Ruang Tamu Cantik

Kekurangan Plafon Gypsum

plafon gypsum
source: photonshouse.com

Plafon gypsum memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih untuk menggunakannya.

Mudah Kusam

Meskipun memiliki tampilan yang bagus, ternyata plafon berbahan gypsum ini mudah terlihat kusam. Jika plafon ini berada di tempat lembap, plafon ini rawan untuk ditumbuhi jamur yang dapat membuat plafon Anda terlihat kusam dan kotor. Sebaiknya gunakan plafon ini di area yang kering.

Plafon Tidak Anti Air

Plafon gypsum yang tidak memiliki label water resistance adalah plafon yang tidak tahan air. Tentunya plafon yang tidak memiliki label tersebut tidak cocok untuk digunakan pada rumah yang berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu sebaiknya gunakanlah plafon di tempat yang kering.

Sensitif terhadap Benturan

Bahan gypsum cukup sensitif terhadap benturan. Jika terkena benturan yang keras, plafon gypsum rawan retak ataupun patah. Sebaiknya Anda perlu berhati-hati jika ingin menggunakan plafon gypsum.

Bagaimana, sudahkah Anda memutuskan ingin membeli plafon gypsum seperti apa? Tentunya gaya plafon di tiap ruangan pun berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan motif plafon gypsum dengan tema ruangan yang ingin Anda angkat di rumah. Jangan lupa lengkapi pula kebutuhan rumah Anda di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini