Kenali Perbedaan Sereh Wangi dan Manfaatnya

Pernahkah Anda mengenal tentang sereh wangi? Apakah sereh ini sama dengan sereh biasa yang digunakan untuk bumbu dapur? Meskipun namanya sama-sama sereh atau serai, ternyata kedua tanaman ini adalah tanaman yang berbeda dan tentunya memiliki beberapa perbedaan lho. Selain itu kedua tanaman ini juga memiliki manfaat masing-masing. Apa saja sih perbedaannya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Biasa

Kedua jenis tanaman ini sangatlah mirip dan bahkan sulit untuk dibedakan. Akan tetapi jika diperhatikan secara seksama, ternyata tampilan kedua jenis tanaman ini memiliki sedikit perbedaan. Sereh wangi atau citronella grass memiliki warna yang agak kemerahan sedangkan sereh atau lemongrass memiliki warna hijau muda.

Sereh wangi memiliki helaian daun yang lebih lebar dan berwarna lebih tua. Batang sereh wangi memiliki bentuk yang lebih ramping dan memiliki wangi yang sangat kuat. Berbeda dengan sereh biasa yang memiliki daun lebih kecil berwarna hijau muda dengan aroma yang tidak terlalu kuat . Batang sereh biasa memiliki bentuk pangkal batang yang lebih besar dan berisi. Sereh biasa atau lemongrass dapat dimakan. Umumnya sereh digunakan sebagai bumbu masakan maupun untuk campuran teh.

Kandungan dari sereh wangi dan sereh dapur pun berbeda. Sereh wangi memiliki kandungan citronella oil dengan konsentrasi oksidan dan fitokimia. Kandungan ini memiliki sifat antiseptik, antimikroba, dan antijamur. Sedangkan sereh dapur memiliki kandungan sitral yang dapat menambahkan aroma untuk masakan Anda. Tidak hanya untuk masakan, sereh dapur pun kerap dicampurkan ke dalam minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan.

source: brockmanfamilyfarming.com

Manfaat Sereh Wangi dan Sereh Biasa

Pemanfaatan sereh wangi dan sereh biasa tentunya berbeda. Sereh wangi yang memiliki aroma lebih tajam umumnya digunakan untuk membuat essential oil atau ditanam untuk mengusir nyamuk. Selain itu sereh wangi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak dan sabun. Biasanya sereh wangi digunakan sebagai campuran bahan pembersih, campuran deodoran, dan tidak untuk dikonsumsi secara langsung.

Baca Juga  Memilih Denah Rumah Modern Minimalis Yang Ramah Anggaran

Sebagai essential oil atau minyak atsiri, sereh wangi memiliki banyak manfaat yaitu untuk mencegah nyamuk menggigit tubuh, dapat meredakan nyeri dan luka, dapat mengurangi stress, melancarkan pencernaan, detoksifikasi atau membuang racun yang ada di dalam tubuh, sebagai pengharum ruangan, hingga sebagai aroma untuk relaksasi. Anda bisa menggunakan essential oil tersebut dengan difusser untuk membantu menyebarkan aroma minyak sereh wangi tersebut ke seluruh ruangan.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini