Dekorasi

Kenali Tabulampot, Cocok Untuk Halaman Rumah Anda

Memiliki hobi bercocok tanam adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat. Anda dapat mengisi waktu luang dengan berkebun dan merawat tanaman di halaman rumah. Anda bisa menanam berbagai macam tanaman di halaman rumah mulai dari tanaman hias, rumput bunga, bunga-bungaan, hingga tanaman buah.

Memiliki tanaman buah tentu sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda bisa memanen buah-buahan dari kebun sendiri. Pasti buah tersebut akan terasa lebih segar dan juga nikmat karena hasil dari jerih payah usaha untuk menanam tanaman tersebut.

Mungkin bagi Anda menanam tanaman buah perlu memiliki lahan besar karena tananaman buah umumnya memiliki batang pohon yang besar. Namun, ternyata pohon buah juga bisa ditanam di tempat yang tidak terlalu luas loh. Bahkan banyak yang menanam pohon buah di dalam pot. Teknik menanam ini disebut dengan istilah tabulampot atau tanaman buah dalam pot.

Tanaman Buah yang Cocok Untuk Tabulampot

Sebenarnya hampir seluruh tanaman buah dapat Anda tanam di dalam pot. Akan tetapi mungkin jika pohon berdahan besar akan cukup sulit untuk tumbuh dengan maksimal di dalam pot. Salah satu buah yang kurang cocok untuk ditanam di dalam pot adalah buah durian. Hal ini karena durian lebih cocok untuk ditanam di area lahan yang cukup luas untuk mendapatkan kualitas buah yang baik dan maksimal.

Baca Juga  5 Ide Ruang Keluarga Yang Cocok Untuk Hunian

Lalu buah apa saja yang cocok untuk ditanam di dalam pot? Yuk lihat sama-sama beberapa tanaman buah yang cocok.

Buah Belimbing

tabulampot belimbing
source: logees.com

Pohon belimbing adalah salah satu buah yang cocok untuk ditanam di media pot. Pohon belimbing memiliki dahan yang tidak terlalu besar dan dapat tumbuh dengan mudah. Dengan media tanam yang cocok serta pupuk yang baik, pohon ini akan tumbuh dengan baik di dalam pot. Anda cukup merawatnya dengan baik sehingga pohon tersebut dapat menghasilkan buah-buah yang berkualitas.

Buah Naga

tabulampot buah naga
source: naturebring.com

Buah naga juga merupakan salah satu buah yang cocok untuk ditanam di dalam pot. Akan tetapi untuk buah naga sebaiknya menggunakan pot dari bahan tanah liat. Hal ini karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu drastis dari siang ke malam untuk proses pembungaan. Agar tanaman buah naga tumbuh lebih baik, Anda bisa menggunakan pot berdiameter 40 cm atau lebih besar.

Buah Mangga

tabulampot mangga
source: naturebring.com

Meskipun pohon mangga memiliki batang yang besar, akan tetapi tidak menutup kemungkinan tanaman mangga bisa ditanam di dalam pot. Untuk tanaman mangga sebaiknya di tanam di area yang memiliki curah hujan sekitar 750-2.500 mm per tahun. Anda bisa mulai menanam tanaman mangga dari biji mangga, dari stek, dan juga cangkok.

Sebaiknya jika Anda ingin memiliki tanaman mangga yang waktu berbuahnya lebih cepat, Anda bisa memilih bibit yang berasal dari stek atau cangkok. Hal ini dikarenakan jika Anda menanam dari biji maka ada kemungkinan waktu berbuah pohon lebih lama dari cangkok.

Baca Juga  9 Desain Meja Belajar Minimalis Keren Untuk Kamar

Buah Apel

tabulampot apel qhomemart
kknews.cc

Salah satu jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam pot lainnya adalah buah apel. Menanam apel di dalam pot dapat lebih menguntungkan karena media tanam tersebut lebih fleksibel dan dapat ditanam di mana saja, termasuk di halaman pekarangan rumah Anda. Perawatan pohon apel yang ditanam di dalam pot pun lebih mudah dibandingkan jika ditanam langsung ke tanah tanpa di pot.

Tips Merawat Tabulampot

Untuk memiliki tabulampot yang sehat dan buah-buahan yang segar, Anda perlu merawat tanaman tersebut dengan baik. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam merawat tabulampot adalah sebagai berikut.

Menyiram Rutin

Anda perlu menyiram tabulampot secara rutin, yaitu pagi dan sore hari. Sebaiknya siram di saat hari belum terlalu siang agar air dapat menyerap ke dalam tanah dan tidak langsung menguap karena panas matahari.

Pemangkasan Rutin

Agar tabulampot cepat berbuah, Anda bisa melakukan pemangkasan secara rutin. Pentingnya melakukan pemangkasan adalah agar Anda bisa mengarahkan tumbuhnya tanaman. Tanaman yang dipangkas dengan teratur pun dapat memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan tanaman karena dapat memungkinkan matahari untuk menjangkau semua bagian tanaman.

Pemupukan

Basmi Hama Penyakit

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini